strategi pengembangan keterampilan literasi yang ingin Anda terapkan di ruang kelas Anda kelak? Mengapa?
Ada beberapa strategi pengembangan keterampilan literasi yang ingin saya terapkan di ruang kelas yaitu:
Literasi pra pembelajaran
Kegiatan literasi ini dilakukan sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai selama 15 menit setiap hari, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca dan kegiatan membaca peserta didik. Literasi sebelum pembelajaran ini menjadi program dari pemerintah sebagai upaya menanamkan minat baca pada peserta didik sekolah dasar. Hal ini sesuai dengan penelitian R. Anisya Dwi Septiani, dkk menjelaskan bahwa kegiatan literasi membaca 15 menit sebelum belajar ini sudah mendapatkan hasil yang baik dan positif karena peserta didik sudah memiliki minat membaca dan gemarmembaca serta Kendala yang dihadapi bisa teratasi dengan cara membuat sudut baca danmembangun lingkungan yang literat (Septiani et al., 2022).
Pojok Baca
Strategi ini merupakan suatu tempat kecil dipojok ruangan kelas yang digunakan sebagai perpustakaan kecil dengan berisi buku-buku bacaan untuk dibaca oleh peserta didik di dalam kelas. Pojok baca ini dimaksudkan untuk mendekatkan peserta didik terhadap buku sehingga dapat merangsang peserta didik untuk lebih gemar membaca. Sejalan dengan penelitiannya Nurul Febrita, dkk menjelaskan bahwa pojok baca memiliki peranan yang sangat penting dalam meningkatkan budaya gemar membaca pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pojok baca sangat berpengaruh dalam upaya meingkatka budaya gemar membaca pada siswa SD. Penyusunan pojok baca yang unik dan menarik akan makin merangsang minat baca siswa, karena lingkungan yang mendukungpun akan membuat siswa betah untuk membaca (Febrita et al., 2023).
One Day One Dongeng
Dongeng merupakan kegiatan yang masih banyak disukai oleh anak-anak karena cerita didalamnya sesuai dengn dunia anak seperti menceritakan manusia, hewan, tumbuhan dan lainnya yang bersifat menghibur. Kegiatan One Day One Dongeng merupakan salah satu strategi yang dapat diterapkan semua pendongeng, baik orang tua maupun guru kepada anak-anak untuk menumbuhkan karakter gemar membaca. Sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh Zakaria dan Utami Maulida menjelaskan bahwa pemilihan konsep one day one dongeng dimaksudkan bahwa dongeng mengandung nilai-nilai pendidikan, sosial, budaya dan mampu menumbuhkan imajinasi peserta didik. Dua dari empat jenis dongeng yang familiar digunakan pada anak adalah dongeng binatang (animals tales) dan dongeng biasa (ordinary folktales). Teknik menyimak dalam mengembangkan strategi one day onedongeng yang tepat digunakan adalah menyimak estetik dan menyimak kreatif, sementara membaca adalah membaca gambar, story telling, dan membaca nyaring. Kegiatan one day one dongeng sebagai gambaran tentang penanaman karakter gemar membaca dan dapat dijadikan sebagai konsep pembelajaran literasi bagi peserta didik sekolah dasar (Zakaria & Maulida, 2021).
Mengajak Diskusi
Pada proses pembelajaran saya akan selalu memberikan kesempatan untuk peserta didik untuk aktif dalam pembelajaran. Keaktifan peserta didik tersebut dapat dilakukan dengan mengajak diskusi disetiap proses pembelajaran. Dalam kegiatan diskusi peserta didik dapat saling bertanya dan memberikan pendapat, sehingga hal ini dapat membantu membantu mengembangkan keterampilan berbicara, mendengarkan, dan menambah kosakata.
Menyediakan media pembelajaran
Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan literasi peserta didik adalah media big book. Media ini merupakan buku cerita yang berkarakteristik khusus yang dibesarkan, baik teks maupun gambarnya, sehingga memungkinkan terjadinya kegiatan membaca bersama antara guru dan murid. Hal ini sesuai dengan penelitian dari Fajar Nur Yasin menjelaskan bahwa penggunaan media big book dengan model diskusi berpengaruh terhadap kemampuan literasi informasi. Hal tersebut terbukti dengan adanya data yang membuktikan hasil rata-rata (mean) nilai kemampuan literasi informasi siswa pada kelas eksperimen lebih besar jika dibandingkan dengan nilai kemampuan literasi informasi di kelas kontrol. Selain itu juga dilakukan uji-t dengan hasil bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat adanya pengaruh yang signifikan pada penggunaan media pembelajaran big book (Yasin, 2022).