Mohon tunggu...
Muhammad Hafizuddin F
Muhammad Hafizuddin F Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa UMY, Bantul, DIY, Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Peran Mahasiswa dalam Peningkatan Digitalisasi pada UMKM

20 Mei 2023   22:45 Diperbarui: 20 Mei 2023   22:59 157
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kemajuan teknologi begitu pesat, salah satunya ialah digitalisasi dari segi pemasaran hingga proses administrasi. Tekhnologi merupakan hal yang tidak bisa dihindari dan masyarakat serta internet merupakan dua hal yang tak terpisahkan, maka dari itu, anak muda memiliki peranan yang penting dalam menumbuhkan perekonomian melalui tekhnologi digital. Demografi Indonesia menjadikan salah satu momentum untuk mengembangkan usahanya dengan teknologi. Anak muda merupakan aspek yang diharapkan bersinergi dalam menciptakan ekonomi Indonesia yang lebih baik.

UMKM atau Usaha Mikro dan Menengah memiliki kedudukan penting dalam mendukung pergerakan pembangunan serta perekonomian Indonesia. Bagi pelaku usaha, UMKM adalah bisnis atau usaha yang dijalankan oleh perseorangan, rumah tangga, maupun badan usaha kecil. UMKM memberikan peluang bagi pelaku usaha untuk membuka lapangan kerja baru. Dari data UMKM yang dimiliki oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, angka pertumbuhan pelaku UMKM selalu naik dari tahun ke tahun. Perkembangan UMKM itu sendiri akan semakin baik apabila setiap belahan masyarakat ikut berpartisipasi termasuk perguruan tinggi dan mahasiswa.

Lalu apa peran mahasiswa dalam pengembangan umkm?

Wujud nyata dari dukungan dari perguruan tinggi adalah memberikan ilmu kewirausahaan. Bukan hanya berupa teori namun juga dalam pengaplikasiannya. Dengan demikian mahasiswa akan mendapat pengalaman yang nyata dan memahami seluk beluk dunia usaha. Pengalaman tersebut yang nantinya dapat dimanfaatkan untuk membantu pengusaha kecil dan menengah dalam mengelola dan mengembangkan usahanya. Sebagai contoh:

1. Memberikan pengetahuan pemasaran yang baik

Jika di zaman digital ini, bisa memberi pengetahuan mengenai market place dan promosi melalui media sosial, termasuk tentang pembayaran digital.

2. Mengadakan webinar pengembangan kreativitas di era pandemi

Harapannya agar pelu usaha dapat menjadi lebih termotivasi dan terbuka dengan ide-ide kreatif. Atau misal dengan membagikan kita-kiat berwirausaha si masa pandemi ini, bagaimana menjaga kualitas dan sebagainya.

3. Mengadakan forum yang mempertemukan pelaku usaha Umkm dan investor

4. Mencintai produk dalam negeri

5. Mahasiswa juga bisa membatu dengan tetap membeli produk-produk dalam negeri, agar pelaku umkm bisa terus survive dan berkembang.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun