Mohon tunggu...
Muhammad RamadhanWidjanarko
Muhammad RamadhanWidjanarko Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Padjadjaran

Lahir di Jakarta, 02 Januari 2000 Jenis Kelamin Laki-laki Domisili di Pondok Gede, Kota Bekasi

Selanjutnya

Tutup

Money

Analisis Pemasaran Produk Makanan Kucing Basah dari Ikan Tuna di Kecamatan Pondok Gede, Kota Bekasi

3 November 2021   09:00 Diperbarui: 3 November 2021   09:03 789
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

ANALISIS PEMASARAN PRODUK MAKANAN KUCING

 BASAH DARI IKAN TUNA DI KECAMATAN PONDOK GEDE, KOTA BEKASI



JUNIANTO1 DAN MUHAMMAD RAMADHAN WIDJANARKO2

Dosen Departemen Perikanan_UNPAD

Mahasiswa Program Studi Perikanan _ UNPAD

 

 

Makanan kucing basah atau yang biasa disebut cat’s wet food adalah makanan yang diperuntukan untuk memenuhi kebutuhan gizi kucing.  Makanan ini dibuat dari daging ikan tuna. Kebutuhan akan produk ini sangat besar, terutama pada para pemilik/pecinta kucing yang menginginkan gizi yang terbaik bagi kucingnya.

Gambar 1. Makanan Kucing Basah

Sumber: Petparlor.com

  • Analisis Konsumen

Analisis konsumen adalah salah satu kegiatan penting dalam melakukan analisis pemasaran suatu produk.  Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menganalisis konsumen yaitu mencermati kebutuhannya akan suatu produk, segmentasi pasar dan proses pemebelian yang dilakukannya. 

Konsumen disini adalah pemilik atau pencinta kucing.  Kebutuhan akan cat’s wet food bagi pemilik kuncing termasuk pada kebutuhun fisilogis dan psikologis.  Menurut Maslow (1943) Kebutuhan fisiologis adalah kebutuhan yang berkaitan dengan kebutuhan primer seperti makan dan minum untuk memenuhi kebutuhan akan gizi. Sedangkan menurut Yuni Dkk. (2015) kebutuhan psikologis adalah kebutuhan yang berkaitan dengan rohani, atau kondisi batin dari seseorang. Dalam segi fisiologis produk ini dapat memenuhi kebutuhan gizi kucing, sedangkan dalam segi psikologis produk ini dapat memberi rasa kepuasan pada pemilik kucing dan mempererat hubungan antara kucing dengan majikannya.

Segmentasi pasar menurut Yuli (2003) merupakan pembeli atau pembeli potensial yang beraneka ragam atau yang berbeda-beda ke dalam kelompok-kelompok yang lebih kecil yang pola-pola kebutuhan pembelinya sama.  Segmentasi pasar didasarkan pada dynamic attribute segmentation yang difokuskan pada segementasi psikografis yang melihat perilaku dan selera konsumen. Dalam konteks ini melihat selera konsumen di kecamatan Pondok Gede yang menginginkan produk makanan kucing yang bergizi, murah, dan praktis.

Proses Pembelian, Konsumen dari cat’s wet food adalah perorangan yaitu pemelihara  dan pecinta kucing yang berperan sebagai pembeli dan pengguna dari produk makanan kucing basah ini.  Cat’s wet food dibutuhkan dan dibeli dengan frekuensi yang sering, dikarenakan kucing memerlukan makan paling tidak 2 kali sehari.  Untuk daerah pemasaran Pondok Gede, produk ini dapat dibeli baik di supermarket ataupun pasar tradisional, tetapi melihat kondisi psikografis yang sudah disebutkan sebelumnya produk difokuskan dijual di supermarket seperti plaza Pondok Gede.

  • Analisis Persaingan

Persaingan yang terjadi pada produk Cat’s wet food  di Pondok Gede, Bekasi sangat ketat dan padat.  Hal ini dapat terlihat dari berbagai merk produk Cat’s wet food baik itu rival dan subsitusinya.  Berikut adalah produk-produk Cat’s wet food yang beredar dipasaran Pondok Gede, Bekasi.

Dasar persaingan yang terjadi pada produk Cat’s wet food  di pasar Pondok Gede, Bekasi ada pada tataran cost adventage, dimana menyediakan produk dengan harga yang lebih murah. Dasar ini digunakan dikarenakan dilihat dari segmentasi pasar, dimana konsumen menginginkan produk yang murah dan praktis.

Strategi penentuan harga yang dilakukan oleh produsen produk Cat’s wet food di Pondok Gede, Bekasi  nampaknya menggunakan Penetration Pricing dan Multiple-Unit Pricing.  Dimana Penetration Pricing bertujuan memudahkan produk memasuki pasar, sedangkan Multiple-Unit Pricing memberikan potongan harga jika produk dibeli dalam jumlah yang banyak. Diharapkan dengan begitu produk dapat bersaing dengan para produk rival. 

DAFTAR PUSTAKA

 

Abraham Maslow S. 1943. Theory of Human Motivation. Psychological review.

Andi Taufik. 2019. Perancangan Sistem Informasi Penjualan Makanan Kucing Dan Anjing Berbasis Web. JUMIKA

Ni Ketut Yulia Agustini. 2003. Segmentasi Pasar, Penentuan Target Dan Penentuan Posisi. Equilibrium, Jurnal Ekonomi-Manajemen-Akuntansi, Vol. I No.2 A~usfu2s0 03: 91-1 06

Yeni, P. Dedik, A. dan Joko Pramono. 2018. Smk/Mak Kl.Xii Kebutuhan Dasar Manusia K/13 Rev. Andi Offset

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun