Mohon tunggu...
Muhammad Huda
Muhammad Huda Mohon Tunggu... Ilustrator - Concept artist!

19 y'o ISI Yogyakarta Doing on Animation and Illustration

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Mau Jadi Animator?

31 Mei 2021   14:36 Diperbarui: 31 Mei 2021   19:47 1095
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Zukhruf Athariq Mustofa (2000324033)
Zukhruf Athariq Mustofa (2000324033)

Muhammad Huda (2000308033)
Muhammad Huda (2000308033)

Nurmalita Melati Aryaputri (2000309033)
Nurmalita Melati Aryaputri (2000309033)

https://fsmr.isi.ac.id
https://fsmr.isi.ac.id

Written by :

Muhammad Huda (2000308033)

Nurmalita Melati Aryaputri (2000309033)

Zukhruf Athariq Mustofa (2000324033)

Hola! gimana kabarnya di tahun 2021 ini? stay safe ya buat masa ini. walaupun aktivitas banyak di dalam ruangan, kita harus selalu menjaga kesehatan dan juga mental. jangan sampe kesehatan jasmaninya dijaga tapi mentalnya dilupain, hehe. oiya juga tetap jaga produktivitas ya! 

btw siapa disini yang mau jadi artist? atau pernah gak sih kalian kepikiran tentang sekolah seni, terutama di jurusan animasi? nah, disini kami mau sharing beberapa pengalaman asik suka dan dukanya sekolah animasi nih.

dulu, sebelum masuk sekolah animasi, kami tuh bener-bener awam tentang dunia per animasian. yang kami tau ya animasi tuh bikin kartun lucu lucu gitu. dan ternyata setelah masuk jurusan animasi… wow ternyata animasi itu nggak cuma sekedar nggambar doang. ada banyak hal lain yang kami pelajari di jurusan ini. 

jadi, di awal semester itu kami tuh udah disuguhi sama kuliah onlen yang bekepanjangan ini. ada nih matkul yang menurut kami bener-bener berperan dalam pencapaian fundamental kami menjadi seorang animator. salah satunya yaitu matkul dasar animasi, di matkul ini kami dituntut membuat dan mempelajari dasar-dasar animasilah hahaha. salah satu tugasnya adalah membuat flip book manual. dalam pembuatan flip book ini kami cukup kesulitan karena kami harus memperhatikan 12 prinsip animasi. selain itu juga kami cukup kesulitan dalam memflip kertasnya. yaa tapi itu adalah salah satu pengalaman menarik kami yang tak akan terlupakan.


nah, ada lagi nih matkul yang menurut kami asik banget, melatih olah karsa, melatih ketelatenan dan ketekunan, yaitu menggambar dan ilustrasi, di matkul ini kami tuh di tuntut untuk menggambar secara manual di atas kertas dengan langsung menggunakan pulpen atau tinta dan juga melihat object yang di gambar secara langsung. tau ngga yang bikin asik dimana ?.. dikarenakan kami harus melihat object secara langsung jadi kami harus keluar ruangan untuk menggambar, seperti pergi kepasar, ke tempat - tempat yang ramai dan lain - lain, menurut kami disitu sih asiknya, karena bisa ngerjain tugas sambil jalan-jalan, trus gambar bareng rame - rame sama temen, masih banyak deh keseruan lainnya. oh iya, seperti yang kami bilang tadi di awal, bahwa matkul menggambar ilustrasi itu selain asik juga melatih olah karsa, melatih ketelatenan dan ketekunan, karena kami harus benar - benar telaten dalam mengarsir dan tidak boleh tergesa - gesa supaya arsiran yang dibuat dapat memberikan volume pada gambarnya. tanpa adanya arsiran gambar yang di  buat hanya akan terlihat seperti datar dan tidak memiliki volume. di matkul ini kami juga di tuntut untuk peka terhadap object yang kami gambar, agar gambar dengan object sebenarnya bener - benar mirip. oke cukup dulu asiknya, sekararang ada hal yang membuat kami terkejud pas denger tugas ini sebelumnya, yaitu kita di suruh membuat 100 lembar sketsa. bagaimana ngga kaget coba, kami yang saat itu masih awan soal teknik menggambar di haruskan membuat 100 sketsa, dan harus ada progresnya setiap minggu dan di kumpulkan di akhir semester 1, tapi setelah itu kami agak tenang sih soalnya kami juga di beri materi materi tentang dasar - dasar menggambar dan ilustrasi.

oh iya 100 sketsa itu kami menggambar dari benda kecil hingga besar, suasana pasar, kendaraan, suasana luar ruangan, suasana pinggir jalan, suasana di depan rumah, suasana di dalam rumah dan manusia. sebenarnya ga berat klo kita setiap minggu mengumpulkan 10 sketsa, tapi ya kalo di garap h - 1  sebelum uas, ya bakalan tekanan batin beneran deh wkwkwk, intinya kita harus tepat waktu aja biar ga numpuk - numpuk di akhir, gitu aja sih.

Foto: Dokumentasi Pribadi
Foto: Dokumentasi Pribadi
ilustrasi pribadi
ilustrasi pribadi
ilustrasi pribadi
ilustrasi pribadi
 

Selain itu ada tuh matkul basic banget, ada di jurusan dkv, seni murni, film ,sampe foto. NIRMANA, matkul seram yang paling pengen kita hindari kalau bisa, well ngga disebut nirmana si, disini disebutnya Desain Elementer tapi kebanyakan membahas masalah Nirmana. Aduh nginget nginget matkul ini aja udah bikin sakit kepala, ada eksplorasi garis lah, eksplorasi titik, warna, bentuk, gempal, tekstur, sama kombinasi semua itu, di tugas UAS kita, kita di suruh bikin semacam poster pameran. Tapi di balik itu semua, materi ini tuh bener bener ngasah sense art kita, kayak gimana kita nentuin harmoni warna yang bagus, komposisi yang bikin mata gak bosen, ngatur ukuran proporsional yang ajeg, dan itu ujungnya juga ngaruh ke sense nggambar kita apalagi buat kita yang pengen jadi konsep artist, teori dasar kek gitu tuh harusnya udah masuk ke insting kita tanpa harus ngulangin teori berkali kali hahah,  tanpa itu kayaknya karya animasi kita bakal boring dan gaada nilai seninya deh hahaha.

ilustrasi pribadi
ilustrasi pribadi
ilustrasi pribadi
ilustrasi pribadi
ilustrasi pribadi
ilustrasi pribadi
ilustrasi pribadi
ilustrasi pribadi
ini baru semester satu aja udah lumayan banget ya pengalamannya. tapi serius deh asik dan ngelatih basic skill drawing kami sebelum terjun ke dunia animasi. setelah kenyang dengan semester satu dan kami lumayan dapet impruv skill yang meningkat, kami lanjut ke level selanjutnya. yes! semester dua. semester dimana kita bener-bener mulai masuk dalam produksi film animasi! 

nih ya matkul yang menarik yaitu desain character. disini kami ditantang untuk membuat sebuah ip development dari sebuah animasi! keren kan. isinya banyak banget! dari mulai

bikin logo/visual judul dari sebuah film animasi, bikin konsep karakter, bikin cerita, nentuin target audience, eksplorasi sketsa karakter, sketsa karakter, digital karakter, ekspresi karakter, gesture/pose, stiker WA! (lucu banget kan), komik, poster film, sampai ke merch nya! woaa banyak banget ga tuh. semua itu disusun jadi satu dengan visual yang menarik yang nantinya menjadi pedoman dalam sebuah film animasi. habis selesai ngerjain tugas ini rasanya tuh puas banget! kaya ada rasa bangga nya gitu hehe. 

ilustrasi pribadi
ilustrasi pribadi
ilustrasi pribadi
ilustrasi pribadi
ilustrasi pribadi
ilustrasi pribadi
Lalu ada yang jadi tulang punggung sebuah animasi, matkul Penyutradaraan. Jadi di matkul ini tuh semacam gimana kita ngebuat story atau cerita di dalam sebuah animasi biar ga boring dan tetep bikin audien fokus nya ga kemana mana. Di matkul ini bisa dibilang matkul yang susah susah gampang, cuman susahnya 2 kali jadi effortnya lebih banyak hahaha. Dari brainstorming cerita, terus nentuin skenario, timing treatment, lalu nyusun konsep angle gambarnya dalam storyboard. Ininih yang bener bener bikin kepala keperes idenya sampe butuh cooldown 1 minggu buat istirahat biar otak bisa tetep jalan hahaha. Apalagi buat kita yang pengen jadi Animator ini tuh ibarat tulang punggung mereka, bisa bikin pergerakan animasi aja itu gampang, tapi bikin pergerakan yang punya pesan tersembunyi yang bakal disampaikan ke audien itu yang susah, makanya matkul ini tuh buat ngelatih itu, yah semacam storytelling, kalian tahu sendi storytelling itu banyak bentuknya bisa secara lisan, ato komposisi angle, gerakan tubuh karakter, warna suasana, semua itu harus punya cerita agar tidak terlihat terpencar kemana mana. Ada nih beberapa karya kita kayak, storyboard-animatic kita.


next ada matkul yang ga kalah pentingnya dari animasi. matkul rekam suara! wowowow kami disini juga mempelajari soal sound! ga cuma nggambar menggambar dan cerita doang, suara juga berperan besar dalam sebuah animasi! bisa bayangkan nonton film the conjuring tanpa dinyalain suaranya? atau nonton frozen tanpa suara juga? hmm pasti sangat membosankan dan pesannya susah tersampaikan ya. walaupun banyak film animasi yang tidak menggunakan suara, seperti mr.bean. namun peran audio menjadi penting seiring perkembangan jaman. di matkul ini kami mempelajari macam-macam suara dalam animasi. seperti ambience, voley, sound effect, dan masih banyak lagi. selain cara pengambilan suara yang baik. kami juga mempelajari cara mengolah audio tersebut agar bisa sesuai dengan kebutuhan. seperti langkah kaki yang berjalan kenanan kekiri atau suara yang jauh dan dekat. ada nih tugas dari matkul ini salahsatunya mengisi suara animasi yang silent/tidak ada suaranya. inget banget dalam proses ngerjainnya ada banyak suara yang perlu diambil. selain suara dubbing character, suara hujan (dariluar dan didalam ruangan), suara pintu, kunci, sisiran, dan suara kucing persia! wow menarik sekali hahaha. selain itu masih banyak lagi sound effect yang diperlukan. yaa bener-bener pengalaman baru yang sangat berguna dalam produksi animasi.


terakhir nih, terakhiirr.. kalian pasti suka banget main game kan, jujur aja deh, kami juga suka kok hehehe.nah kami mau beri tau kalian nih ada matkul yang kalian sukai, berkaitan juga sama game nih.. yaap, matkul ini adalah matkul dasar game, dimatkul ini nanti bakalan di ajarin gimana buat game tanpa script, eitts sebelum di ajarin buat game nanti akan diajarin dulu bagaimana membuat rancangan atau konsep game seperti membuat flowchart contohnya dan kita juga harus mengetahui jenis - jenis genre game, supaya ketika kita ingin merancang suatu game kita tau genre seperti apa yang cocok untuk game kita.

nah di semester 2 kami dituntut untuk membuat game dari hasil rancangan yang kami buat sebelumnya GDD (Game Desain Document). lalu setelah itu di realisasikan menjadi sebuah game yang bisa di mainkan, asik banget ga tuh, main game dari hasil karya kita sendiri. 

yaap, semuanya kita yang buat dari mulai aset - aset dalam game dan memprogram gamenya supaya gamenya bisa di mainkan. oh iya, untuk softwarenya kami menggunakan construck 3 untuk membuat game, di construck 3 ini kalian bisa membuat game - game sederhana yang keren, cocok banget buat pemula yang mau buat game. pokoknya asik banget deh nih matkul. 



Jadi itu tuh animasi di ISI yang kita alami selama 2 semester ini, buat teori sih cukup menjanjikan, denger denger semester selanjutnya bakal banyak praktek nya. Jadi buat kita yang pengen jadi Animator ato konsep artist entah darimana nggak harus dari kuliah, tapi kalian bakal ngelewatin materi yang mungkin sama kek kita.

Kalau dari jangkau masa kuliah sehat sih kita masih ada sekitar 2 tahun, nah disitu tuh kita pengen tiap tahunnya ke depan yaa nggak harus tiap tahun tapi seenggaknya dalam 2 tahun itu ada portofolio portofolio baru dimana kita bisa ngebedah karya itu sehabis nanti masa studi berakhir, gimana kita berkembang dalam 3 tahun kuliah animasi. Kebanyakan dari kami juga berharap setelah masa studi ini bisa ngelanjutin kerja sebagai animator maupun konsep artist di studio studio lokal, ya nggak harus yang terkenal yang penting tahu gimana cara kerja studio, lalu beberapa dari kita ada yang pengen setelah kerja nyoba buat ngeluasin industri animasi dengan bikin studio dan ngeproduksi animasi yang bener bener karya orisinil studio itu, karna yah kebanyakan studio indo tuh lebih ke “service” instead of bikin karya sendiri.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun