Media pembelajaran merupakan sarana dalam menyampaikan materi belajar, bisa melalui pesan atau informasi dalam kegiatan pembelajaran. Proses pembelajaran memerlukan media yang tepat dalam mencapai tujuan pembelajaran, hal ini dikarenakan dengan media yang tepat maka proses pembelajaran akan maksimal.Â
Dimana siswa akan mudah menerima pembelajaran yang sampaikan oleh guru, kepahaman materi akan memudahkan guru dalam melakukan evaluasi pembelajaran.Â
Proses pembelajaran menjadi salah satu fakor utama dalam mencapai tujuan pembelajaran. Sebagai guru media sangatlah penting dalam mengaplikasikan proses pembelajaran dimana antara guru dan siswa mampu untuk bersinergi mewujudkan pembelajaran yang kompetitif. Â
Lebih lanjut, Gagne dan Briggs (1975) dalam Arsyad (2013:4) secara eksplisit mengatakan bahwa media pembelajaran mencakup alat-alat yang secara fisik digunakan untuk menyampaikan isi bahan ajar. Dari kedua pengertian tersebut, media merupakan alat yang digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran.
Sudjana dan Rivai (2013: 2) menyatakan bahwa manfaat media pembelajaran :
1. Dapat menambah hasil belajar siswa, yaitu  pelajaran akan menarik perhatian dari siswa untuk belajar motivasi.
2. Pentingnya topik ini lebih dipahami oleh siswa mahasiswa dan akan lebih jelas untuk memungkinkan siswa untuk belajar lebih banyak. Metode pendidikan bukan hanya kisah kata-kata melalui Firman guru, tetapi lebih berbeda.
3. Siswa tidak membosankan tetapi guru tidak dilakukan dari energi, terutama jika guru mengajarkan setiap pelajaran. Siswa tidak hanya mendengarkan materi dari guru dan juga kegiatan yang lebih aktif, seperti observasi dan melakukan.
4. Â Media belajar dapat meningkatkan proses, dan hasil pelajaran adalah tentang konsep siswa. Ini juga menanggapi teori pengembangan spiritual Piaget, yang menghasilkan tahap perkembangan mental manusia.
Dengan media pembelajaran yang tepat maka proses dalam belajar siswa disekolah akan lebih baik. Pembelajaran bukan hanya pada segi teori saja tetapi juga harus mempertimbangkan proses pengembangan media pembelajarannya. Â Proses pembelajaran yang aktif maka akan memberikan dampak yang maksimal baik bakat maupun minat, sehingga pengembangkan kemampuan dirinya akan terbentuk secara mandiri dalam menumbuhkan sikap belajar mandiri. Â Â
Pembelajaran Bahasa Jawa di SMA Negeri 1 Gringsing menggunakan media quizizz. Didalamnya berbagai fitur yang disajikan begitu banyaknya. Baik mau menggunakan pola-soal yang berupa pilihan ganda, menjodohkan, susun ulang, essai, gambar dan betuk fitur lainnya.Â
Pemanfaatan aplikasi quizizz dalam pembelajaran materi Aksara Swara mampu memberikan respon yang sangat positif dalam pembelajaran. Proses quizizz diawali dari guru membuat content soal didalamnya, kemudian linknya diberikan kepada siswa lalu diberikan kode soalnya.Â
Siswa sangat berhati-hati dalam mengerjakan quizizz karena waktu yang terus berjalan dihitung mundur memberikan konsentrasi penuh siswa secara maksimal, mencurahkan pikirannya serta konsentrasi penuh didalam mengerjakan soal.Â
Dari proses ini siswa sangat tertantang didalanmnya karena siswa harus mandiri melakukan penilaian ini, fitur quizizz memberikan warna baru bagi siswa sehingga perhatian dalam proses pembelajaran betul-betul maksimal. Pembelajaran Aksara Swara yang sebelumnya siswa enggan menghafal menjadi tertantang untuk mengetahui lebih kongretnya dalam penulisannya.Â
Bukan hanya sebatas membaca saja tetapi siswa memiliki keinginan yang tinggi untuk bisa menulis Aksara Carakan yang lain. Media pembelajaran merupakan sarana untuk memberikan kemudahan siswa dalam belajar, dengan media yang tepat maka tujuan pembelajaran akan dicapai secara maksimal.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI