Mohon tunggu...
Muhamad Taufiq Qurrahman
Muhamad Taufiq Qurrahman Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa dan Creator digital

content creator

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pentingnya Mengatur Waktu dalam Kehidupan Sehari-hari

14 Oktober 2023   22:04 Diperbarui: 12 November 2024   23:17 603
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Manajemen waktu adalah proses perencanaan dan pengendalian berapa banyak waktu yang dihabiskan untuk kegiatan tertentu. Manajemen waktu yang baik memungkinkan seseorang untuk menyelesaikan lebih banyak dalam periode waktu yang lebih singkat, menurunkan stres, dan mengarah pada kesuksesan karier.

Salah satu kemampuan penting dalam menjalankan sebuah bisnis adalah manajemen waktu yang baik. Jika Anda tidak dapat mengatur waktu dengan baik, tidak mungkin Anda akan mencapai sesuatu yang telah direncanakan sebelumnya. Manajemen waktu akan sulit diterapkan jika Anda tidak menghargai waktu sama sekali. Ketika Anda menyia-nyiakan waktu yang dimiliki, maka akan terasa sangat berat saat berusaha mencapai kesuksesan bisnis.

Jika ingin berhasil dalam berbisnis, manajemen waktu harus diperhatikan dengan baik. Mereka yang telah sukses juga memiliki waktu yang sama dengan Anda, sehingga Anda tetap memiliki kesempatan untuk berhasil. Jadi, ini bukan tentang berapa banyak waktu yang Anda miliki. Ini tentang seberapa efektif Anda mengatur waktu.

Manfaat Manajemen Waktu
Kemampuan untuk mengatur waktu Anda secara efektif adalah penting. Manajemen waktu yang baik mengarah pada peningkatan efisiensi dan produktivitas, lebih sedikit stres, makan akan ebih banyak kesuksesan dalam hidup begitupun dengan bisnis Anda. Berikut adalah beberapa manfaat mengatur waktu secara efektif:

Setelah mempertimbangkan manfaat dari manajemen waktu, mari kita lihat beberapa cara untuk mengatur waktu secara efektif:

1. Tetapkan tujuan dengan benar
Tetapkan tujuan yang dapat dicapai dan diukur. Gunakan metode SMART saat menetapkan tujuan. Intinya, pastikan tujuan yang Anda tetapkan adalah Spesifik (Specific), Terukur (Measurable), Dapat Dicapai (Attainable), Relevan (Relevant), dan Tepat Waktu (Timely).

Misalnya, setiap malam sebelum tidur, buat daftar kegiatan untuk hari berikutnya. Hal ini memang sedikit menganggu waktu tidur Anda. Tetapi dengan membuat daftar kegiatan, Anda secara efektif menetapkan kegiatan apa yang akan dilakukan pada hari berikutnya. Dengan begitu, Anda memiliki acuan untuk bisa bekerja secara maksimal. Secara tidak langsung hal itu akan menghindarkan Anda dari waktu yang tidak efisien.

2. Prioritaskan dengan bijak
Prioritaskan tugas berdasarkan kepentingan dan urgensi. Misalnya, lihat tugas harian Anda dan tentukan yang mana:

3. Tetapkan batas waktu untuk menyelesaikan tugas
Menetapkan batasan waktu untuk menyelesaikan tugas membantu Anda menjadi lebih fokus dan efisien. Melakukan upaya ekstra untuk memutuskan berapa banyak waktu yang Anda butuhkan untuk dibagikan untuk setiap tugas juga dapat membantu Anda mengenali masalah potensial sebelum timbul. Dengan begitu Anda dapat membuat rencana untuk berurusan dengan mereka.

Bukan hanya keuangan yang harus di audit, waktu yang telah dihabiskan juga harus audit. Luangkan waktu beberapa saat untuk menilai bagaimana Anda menghabiskan waktu. Anda bisa menggunakan buku kegiatan harian atau ponsel Anda untuk mencatat segala kegiatan yang dilakukan.

Apakah waktu yang dihabiskan digunakan dengan baik ? Apakah ada waktu yang terbuang percuma ? Anda bisa menilai kapan waktu yang sering Anda habiskan dan memastikan tidak ada waktu yang terbuang percuma.

4. Istirahat di antara tugas-tugas
Ketika melakukan banyak tugas tanpa istirahat, lebih sulit untuk tetap fokus dan termotivasi. Biarkan beberapa waktu jeda antar tugas untuk menjernihkan pikiran Anda dan menyegarkan diri Anda. Pertimbangkan untuk tidur sebentar, pergi berjalan-jalan pendek, atau bermeditasi.

Anda mungkin tidak berpikir bahwa ini akan membantu mengatur waktu Anda dengan lebih baik, tetapi bermeditasi dan berolahraga setiap pagi akan membuat tubuh Anda lebih bugar. Dengan begitu, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas rutin yang biasa dilakukan. Sehingga waktu yang dimiliki bisa digunakan dengan baik. Setelah berolahraga, pikiran Anda juga akan lebih segar dan dapat berfikir jernih untuk mengerjakan tugas yang ada.

TERIMAKASIH

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun