Mohon tunggu...
Muhamad Rizky Sudrajat
Muhamad Rizky Sudrajat Mohon Tunggu... Pramugara - Laki laki

jangan lupa bahagia

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Etika yang Baik dalam Organisasi Bisa Buat Kamu Naik Jabatan

18 Agustus 2021   00:05 Diperbarui: 18 Agustus 2021   01:06 258
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Karier. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Etika adalah suatu sikap dan prilaku yang menunjukan kesanggupan seorang secara sadar dan mentaati norma yang berlaku didalam suatu kelompok atau organisasi.

Sedangkan organisasi ialah kumpulan individu yang memiliki tujuan yang sama.

Dalam etika berorganisasi sangat menekankan pada suatu prilaku seperti sikap jujur, rajin dan bertanggung jawab terhadap pekerjaanya bro jadi kalo kamu tidak jujur berarti kamu tidak memilik etika dalam suatu bisnis hehe.

Yuk seperti judul yang diatas dimana kita bisa naik jabatan apabila mempunyai beberapa etika bisnis yang bagus kita langsung simak aja ya.

1. Dahulukan yang utama/ penting

Mendahulukan yang utama adalah bagaimana menentukan prioritas dan mengatur waktu dengan baik, sehingga yang penting didahulukan dan sebaiknya tidak ditunda dalam melaksanakannya.

Karena dalam lingkungan organisasi, didalamnya terdapat banyak hal yang harus diselesaikan.Maka sudah seharusnya anggota organisasi tersebut dapat menentukan skala prioritas, yang mana yang utama dan perlu didahulukan.

Mendahulukan yang utama artinya mengorganisasikan dan melaksanakan, apa-apa yang telah diciptakan secara mental (tujuan Anda, visi Anda, nilai-nilai Anda, dan prioritas-prioritas Anda).Hal-hal sekunder tidak didahulukan.

Hal-hal utama tidak dikebelakangkan. Individu dan organisasi memfokuskan perhatiannya pada apa yang paling penting, entah mendesak entah tidak. Intinya adalah memastikan diutamakannya hal yang utama.

2. Memberikan solusi dalam setiap masalah dan tidak egois

Berpikir menang  adalah cara berpikir yang berusaha mencapai keuntungan bersama, dan didasarkan pada sikap saling menghormati dalam semua interaksi. Berpikir menang/menang artinya tidak berpikir egois (menang/kalah).Dalam kehidupan bekerja maupun keluarga, para anggotanya berpikir secara saling tergantung – dengan istilah “kita”, bukannya “aku”.

Berpikir menang/menang mendorong penyelesaian konflik dan membantu masing-masing individu untuk mencari solusi-solusi yang sama-sama menguntungkan. Berpikir menang/menang artinya berbagi informasi, kekuasaan, pengakuan, dan imbalan.

3. Bersikap jujur

Hal ini adalah landasan untuk bisa bergaul dengan baik dengan orang lain tanpa ada yang merasa dirugikan. Dimulai dengan keyakinan bahwa kita semua adalah sama, tidak ada yang lebih rendah atau lebih unggul dari lainnya.

Bersikap jujur dalam segala aspek termasuk penilaian yang penting karena disana kita akan mendapatkan keunggulan yang lebih di bandingkan orang yang tidak jujur dan diberi kepercayaan lebih sehingga kita akan naik jabatan dengan prestasi kita dan kejujuran kita.

Kesimpulan nya bro jadi kalo kamu ingin naik jabatan ga selalu harus cari muka ya broooo,, hehe

Jangan lupa etika lah yang harus kalian kepedankan nya bukan muka.

Salam buat kalian semua semangat sukses.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun