Mohon tunggu...
Muhamad Nur Hasani
Muhamad Nur Hasani Mohon Tunggu... Guru - Guru Bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Andong

Menjelalah ide-ide kreatif dan menuangkan pengalaman penjelahan dalam karya yang baru.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pembelajaran Berdiferensiasi, Pembelaan Nyata terhadap Kepentingan Murid

4 September 2024   20:02 Diperbarui: 4 September 2024   20:13 21
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

/1/

Sudah lazim, jika ruang kelas memiliki beragam karakter dan pribadi yang unik, berbeda satu sama lain. Perbedaan ini, tentu menjadi pisau bermata dua. Di satu sisi akan menjadi tantangan yang menarik. Sementara, di sisi lain, akan menjadi permasalahan jika kurang terampil dalam mengelola beragam keunikan itu.

Dengan tema besar pembelajaran berdiferensiasi dalam modul 2.1, menurut hemat penulis akan membawa manfaat yang sangat besar pada cairnya kebekuan pembelajaran yang selama ini terjadi: keseragaman konten, proses pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Pembelajaran berdiferensiasi memungkinkan, terwujudnya pembelajaran berkeadilan yang dapat melayalani beragam keunikan peserta didik, yang pada gilirannya dapat menemukan momen perubahan menuju kesuksesan sebagai individu.  

Instrumen utama dalam pembelajaran berdiferensiasi tentu saja adalah seorang guru. Keterampilannya dalam merancang, melaksanakan, mengevaluasi, dan merefleksi pembelajaran berdiferensiasi adalah pertaruhan keberhasilan penerapannya di dalam kelas.

Tulisan ini, mencoba mengupas mengenai pembelajaran berdiferensiasi, peran penting guru, dan dampak perubahan yang mungkin didapat dari pembelajaran berdiferensiasi. Tulisani ini dibuat sebagai penyelesaian tugas CGP sesi Koneksi Antarmateri.

/2/

Pembelajaran Berdiferensiasi

Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pembelajaran yang memberi keleluasaan pada siswa untuk meningkatkan potensi dirinya sesuai dengan kesiapan belajar, minat, dan proses belajar peserta didik. Pembelajaran berdiferensiasi diyakini tidak hanya berfokus pada produk pembelajaran, tetapi juga fokus pada proses dan konten materi.

Sebagai seorang guru, sebelum merancang pembelajaran, tentu saja penting memperhatikan aspek peserta didik. Peserta didik perlu dicermati, bagaimana kesiapannya, minat mereka, dan profil peserta didik. Kesiapan peserta didik, berbicara tentang apakah mereka siap belajar materi yang konkret atau asbtrak. Sementara itu, minat terkait dengan hal tertentu yang menarik minat mereka. Dan, profil peserta didik tidak lain membahas tentan gaya belajar peserta didik, apakah nyaman dengan audio, visual, ataupun kedua-duanya.  

Ketiga aspek tersebut, jika berhasil guru tangkap tentu saja akan memudahkan guru dalam merencanakan pembelajaran berdiferensiasi.

Strategi Pembelajaran Diferensiasi

Untuk menerapkan pembelajaran diferensiasi di dalam kelas, terdapat tiga strategi yang dapat dilakukan guru, (1) diferensiasi konten, (2) diferensiasi proses, dan (3) diferensiasi produk. Diferensiasi konten membahas tentang beragam materi yang disiapkan guru sebagai bahan yang akan digunakan dalam pembelajaran. Bahan-bahan ajar, bisa tertulis, dapat berupa video, atau gabungan keduanya, bisa pula berupa gambar grafik. Pada prinsipnya konten yang dibuat dan direncanakan guru ini dapat memfasilitasi kesiapan, minat, maupun profil belajar peserta didik.

Sementara itu, diferensiasi proses ini banyak berbicara mengenai ragam cara pengelolaan saat proses pembelajaran berlangsung hingga dapat mencapai tujuan pembelajaran. Adakalanya, guru mendamingi untuk pembuatan agenda individu, memvariasikan waktu pengerjaan tugas, mengembangkan kegiatan pembelajaran dengan media audio, visual, maupun gabungan di antara keduanya. Adakalanya peserta didik diajak diskusi terbimbing, diskusi kelompok, membaca mendalam, bermain peran, presentasi, dan hal lain yang mungkin dilakukan.

Strategi diferensiasi produk berbicara tentang berbagai produk belajar yang bisa diwujudkan peserta didik. Produk belajar, dapat berupa teks, video, infografis, vlog, atau apapun yang menjadi minat peserta didik, dan tentunya produk belajar itu masih sesuai dengan konteks pembelajaran.

Keberhasilan Pembelajaran Berdiferensiasi dan Peran Penting Guru

Paradigma guru yang diposisikan sebagai fasilitator dalam kegiatan belajar mengajar, menjadi sangat penting pengarunya terhadap keberhasilan pembelajaran berdiferensiasi. Kemampuan guru dalam membaca kesiapan, minat, dan profil belajar peserta didik akan membawa kepadanya pada keberhasilan merancangan Modul Ajar/RPP yang tepat guna. Hal ini paling tidak menjadi titip mula keberhasilan pada pelaksanaannya.

Selanjutnya, pada tahap pelaksanaan, proses pembelajaran, seorang guru menjadi 'eksekutor' atas apa yang sudah ia rencanakan. Tentu ia harus piawai dalam memulai pembelajaran, merangkai fase-fase pembelajaran yang bermakna, dan mengakhiri dengan menancapkan kerinduan pada diri peserta didik pada pembelajaran sesi berikutnya. Pembelajaran yang penuh kebahagiaan, kuatnya motivasi belajar, kehangatan, perubahan-perubahan positif pada diri peserta didik, dan tentu saja jauh dari bentuk-bentuk penindasan dan teror yang dapat meruntuhkan potensi-potensi peserta didik.

Dan, pada tahap akhir pembelajaran, guru dapat secara tepat 'menerjemahkan' perubahan-perubahan positif peserta didik dalam bentuk penilaian yang valid dan akuntabel.

Harapan Perubahan dalam Diri Peserta Didik

Stimulus peserta didik dapat berasal dari luar, dapat pula berasal dari dalam dirinya. Dalam konteks pembelajaran, stimulus dari luar bisa dari guru, konten-konten pembelajaran, teman-teman, dan lingkungan belajar. Sementara, stimulus dari dalam diri peserta lebih pada keinginan untuk tumbuh dan berkembang, menanggalkan hal-hal buruk. Seringkali tindakan dan perubahan dalam diri peserta didik, mungkin juga kombinasi dari dua stimulus itu.

/3/

Apapun itu, pembelajaran berdiferensiasi menjadi pembelajaran yang benar-benar berpihak pada kepentingan peserta didik. Bahkan, guru yang dapat menerapkan pembelajaran berdiferensiasi, merupakan pembelaan nyata terhadap kepentingan murid. Karena inilah, pembelajaran berdieferensiasi akan terasa selalu hangat dan selalu dinantikan kehadirannya karena kepiawaian guru dalam melaksanakannya.

Guru di negeri ini, diharapkan dapat memahami, selanjutnya dapat merencanakan pembelajaran dan melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi. Bangkitnya pendidikan berkualitas akan menjadi garansi kebangkitan bangsa ini di masa-masa yang akan datang. Dengan sumber daya berkualitas dan terawatnya budaya dan peradaban luhur warisan leluhur, kejayaan bangsa ini begitu nampak jelas. Semoga!

Penulis Artikel: Muhamad Nur Hasani, S.Pd., Guru di SMA Negeri 1 Andong,  merupakan peserta pendidikan CGP Angkatan 11.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun