Perkembangan zaman membawa banyak perubahan bagi masyarakat Indonesia, berbagai macam bidang terkena dampak dari perkembangan zaman. Media sosial adalah sebuah platform digital yang hadir akibat adanya perkembangan zaman, salah satu pemanfaatan media sosial adalah di bidang Digital Marketing. Penggunaan Influencer merupakan dalang dari pesat nya pergeseran bisnis di era digital (Handayani, 2023). Pemasaran adalah hal utama dalam melakukan sebuah bisnis, bagaimana produk diperkenalkan secara luas dan melakukan distribusi sehingga sampai kepada tangan konsumen adalah konsep dari pemasaran (Zaki, 2018).Â
Berbelanja kini sangat mudah untuk dilakukan, terutama secara online. Masyarakat semakin melek teknologi dan mulai terjun di dunia digital. Tidak jarang kita temukan masyarakat yang berbisnis lewat e -- commerce. Pemasaran yang dilakukan juga kian beragam supaya menarik banyak minat pembeli, salah satunya dengan bekerja sama dengan para Influencer. Pemasaran dengan memanfaatkan pihak lain salah satunya adalah Influencer untuk mempromosikan suatu barang atau jasa disebut dengan endorse (Afandi et al., 2021). Â
Berkaitan dengan generasi yang dimana banyak sekali cara atau model dalam melakukan endorsement, seperti membuat story Instagram dan live pada media sosial Tiktok. Dalam hal pemasaran digital, Influencer tentu memiliki peran besar dalam meningkatkan minat konsumen. Inovasi produk dan konten menjadi tuntutan besar para Influencer supaya apa yang di pasarkan dapat terus terjual sesuai target nya masing -- masing. Perusahaan yang berorientasi pada e -- commerce harus mempertimbangkan dan terus mengawasi untuk terus meningkatkan minat pembeli, dengan menghadirkan perencaan supaya konten yang diberikan itu menyenangkan (Wirapraja et al., 2023).
Jenis -- jenis media sosial juga memainkan peran dalam pemasaran digital, tidak hanya Instagram dan Tiktok. Media sosial menjadi platform paling berhasil dalam bidang bisnis di era digital, kreativitas para Influencer sangat diuji untuk menghasilkan konten yang matang (Raharjo et al., 2023). Sudah banyak Influencer yang memberikan dampak positif bagi para Perusahaan atau pihak jual beli, salah satu contohnya adalah Bittersweet by Najla. Najla Bisyir selaku Owner menjelaskan bahwa sejak adanya Tiktok, penjualan mereka meningkat pesat saat terjun di dunia bisnis digital (Agustina & Sari, 2021).Â
Tidak hanya dibidang makanan yang meningkat pesat, namun produk seperti kosmetik juga sangat terkena dampak positifnya. Brand lokal kosmetik Indonesia yang terkenal yaitu Wardah juga menguasai pemasaran digital, hal ini adalah suatu kemajuan yang baik supaya Indonesia bisa bersaing dengan produk luar negeri (Indrawati et al., 2023). Dalam konsep pemasaran digital, masyarakat bisa secara luas memanfaatkan teknologi yang ada. Para konsumen juga dapat melihat apakah produk yang ingin dibeli dipastikan bagus atau tidak. Influencer melakukan review untuk memberikan pandangan kepada konsumem terkait produk tersebut (Widodasih et al., 2023).Â
Persaingan bisnis digital semakin luas. Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) juga ikut serta dalam persaingan tersebut. Tidak jarang kita temukan UMKM mengalihkan konsep penjualannya untuk segera ikut serta dalam bisnis digital (Cristina Efrinauli Sinaga et al., 2023). Saat ini pengembangan bisnis digital dipengaruhi besar oleh anak muda yang dimana mereka memiliki kreativitas tinggi untuk bisa survive di era digital (Sunarta, 2023). Gen Z tumbuh dengan teknologi, internet dan media sosial, maka dari itu Gen Z punya banyak cara untuk tumbuh lewat bisnis digital (Saebah & Zaenal Asikin, 2022).Â
Fenomena yang terjadi sampai saat ini memang sudah seharusnya terjadi, dan betapa pentingnya pengaruh Influencer terhadap peningkatan konsumen. Hasil penjualan Perusahaan dan UMKM meningkat karena adanya langkah pasti untuk mengajak kerja sama (Fitri & Dwiyanti, 2021). Semakin berkembangnya zaman maka semakin maraknya juga pemasaran digital, hal ini tidak akan pernah ada habisnya. Pemasaran digital yang sangat efektif memacu pandangan yang lebih luas tentang teknologi, banyak manfaat yang diambil dari pemahaman ini (Ardiansyah & Fernando, 2023).
Pemasaran digital menuju pada perbandingan bisnis secara langsung dan juga digital, masyarakat harus pandai dalam memanfaatkan kemajuan teknologi. Bisnis digital membuka laman pekerjaan bagi khalayak ramai dari berbagai kalangan usia (Adrian & Mulyandi, 2020). Partisipasi UMKM membawa pengetahuan baru dan juga edukasi supaya dapat terus berkembang serta menyebarluaskan pemasaran digital di era globalisasi (Mavilinda et al., 2021).Â
Â
DAFTAR PUSTAKA
Â
Adrian, D., & Mulyandi, M. R. (2020). Manfaat Pemasaran Media Sosial Instagram Pada Pembentukan Brand Awareness Toko Online. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 2(2), 215--222. https://doi.org/10.36418/jiss.v2i2.195
Afandi, A., Samudra, J. P., Sherley, S., Veren, V., & Liang, W. (2021).
Pengaruh Endorsement Influencer Instagram Terhadap Keputusan Pembelian pada Generasi Z. Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 5(1), 15.
https://doi.org/10.30829/komunikologi.v5i1.9272
Agustina, W., & Sari, W. P. (2021). Pengaruh Influencer Marketing Tiktok terhadap Brand Image Bittersweet by Najla. Prologia, 5(2), 356. https://doi.org/10.24912/pr.v5i2.10211
Ardiansyah, M., & Fernando, W. (2023). Studi Eksplorasi Dan Analisis
Pengaruh Digital Influencer Dalam Pemasaran: Studi Kasus Rokok
Elektronik. INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science, 6(1), 80--92.
https://doi.org/10.31539/intecoms.v6i1.5626
Cristina Efrinauli Sinaga, Febrianti Situmorang, Emmi Juliati Sinaga,
Resnewi Sitanggang, Juwika Kristina Purba, Ferian Farouk Damanik,
& Pawer Darasa Panjaitan. (2023). Strategi Pengembangan Umkm
Dengan Memanfaatkan Peluang Ekonomi Digital Untuk Mendukung
Pemulihan Ekonomi. CEMERLANG: Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Bisnis, 3(3), 20--25. https://doi.org/10.55606/cemerlang.v3i3.1343
Fitri, A. I., & Dwiyanti, S. A. I. (2021). Efektivitas Media Tiktok Dan
Influencermendongkrak Penjualan Lippie Serum Raeccadipandemi Covid19. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis (EK&BI), 4(1), 345--353. https://doi.org/10.37600/ekbi.v4i1.210
Handayani, H. (2023). Implementasi Sosial Media Influencer terhadap Minat Beli Konsumen: Pendekatan Digital Marketing. Jesya, 6(1),
918--930. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i1.1023
Indrawati, F., Julianto, D. E., & Handini, Y. D. (2023). Pengaruh sosial media marketing dan influencer marketing terhadap keputusan pembelian konsumen (studi pada konsumen produk kosmetik wardah di Kabupaten Jember). Jurnal Strategi Dan Bisnis, 11(1), 75.
https://doi.org/10.19184/jsb.v11i1.39562
Mavilinda, H. F., Nazaruddin, A., Nofiawaty, N., Siregar, L. D., Andriana,
I., & Thamrin, K. M. H. (2021). Menjadi "UMKM Unggul" Melalui
Optimalisasi Strategi Pemasaran Digital dalam Menghadapi Tantangan
Bisnis di Era New Normal. Sricommerce: Journal of SriwijayaÂ
Community Services, 2(1), 17--28. https://doi.org/10.29259/jscs.v2i1.29
Raharjo, V. S., Sukoco, I., Safa'atul Barkah, C., Jamil, N., & Novel, A.
(2023). Penerapan Strategi Influencer Marketing melalui Media Sosial
The Implementation of Influencer Marketing Strategy Through Social Media. Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen), 10(1), 86--99.
https://doi.org/10.31289/jkbm.v10i1.9979
Saebah, N., & Zaenal Asikin, M. (2022). Efektivitas Pengembangan Digital Bisnis pada Gen-Z dengan Model Bisnis Canvas. Jurnal Syntax Transformation, 3(11), 1534--1540. https://doi.org/10.46799/jst.v3i11.649
Sunarta, D. A. (2023). Kaum milenial di perkembangan ekonomi digital.
Economic and Business Management International ..., 5(1), 9--16. https://doi.org/10.556442/eabmij.v5i01
Widodasih, R. W. K., Wirastomo, J. T., & BR, K. S. (2023). Pengaruh
Testimoni, Social Media, Dan Celebrity Endorsement Terhadap
Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah. Jurnal Ilmiah GlobalÂ
Education, 4(2), 1160--1166. https://doi.org/10.55681/jige.v4i2.757
Wirapraja, A., Hariyanti, N. T., & Aribowo, H. (2023). Kajian Literatur
Dampak dan Pengaruh Digital Influencer Marketing terhadap Perkembangan Strategi Bisnis. KONSTELASI: Konvergensi Teknologi Dan Sistem Informasi, 3(1), 37--47.
https://doi.org/10.24002/konstelasi.v3i1.7098
Zaki, M. (2018). Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi
Pemasaran Digital Era Moderen. Jurnal Manajemen Dan InovasiÂ
(MANOVA), 1(2), 14--23. https://doi.org/10.15642/manova.v1i2.350
Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H