Mohon tunggu...
Muhamad husniramadhan
Muhamad husniramadhan Mohon Tunggu... Mahasiswa - universitas pamulang

Allways Be positif

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Penerapan Analytical Hierachy Process dalam Sistem Penunjang Keputusan

2 Oktober 2022   12:28 Diperbarui: 2 Oktober 2022   12:36 139
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Nama Penulis Husni , Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Pamulang 

 

Pesatnya perkembangan kemajuan teknologi telah meningkatkan persaingan antar perusahaan di bidang informasi dan komunikasi dalam menghasilkan produk unggulan yang diminati oleh pelanggan, salah satunya adalah smartphone. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi tren minat pelanggan dalam memilih smartphone second, smartphone low-end, dan smartphone rekondisi. Pengumpulan data menggunakan kuesioner online (google form) dengan target responden mahasiswa dan kuesioner offline dengan target responden pekerja (keamanan, cleaning service, karyawan industri, dll). Metode Proses Hirarki Analitik digunakan untuk mengetahui preferensi alternatif smartphone yang diinginkan oleh responden. Smartphone kelas bawah menjadi pilihan utama responden mahasiswa dan pekerja.

 

Sumber : 

 

https://publication.petra.ac.id/index.php/teknik-industri/article/view/12705 referensi 

 

Clinten, B., Pasar Smartphone Bekas di 2019 Tembus 206 Juta Unit, 2020, retrieved from https://tekno.kompas.com/read/2020/01/23/08070077/pasar-smartphone-bekas-di-2019-tembus-206-juta-unit on 10 Juli 2020.

 

Pertiwi, W. K., IDC: Oppo Peringkat Pertama Pasar Smartphone Indonesia Kuartal III 2019, 2019, retrieved from https://tekno.kompas.com/ read/2019/11/14/12254257/idc-oppo-peringkat-pertama-pasar-smartphone-indonesia-kuartal-iii-2019 on 10 Juli 2020.

 

Pertiwi, W. K., Bisnis Ponsel Bekas Tumbuh Lebih Besar dari Ponsel Baru, 2018, retrieved from https://tekno.kompas.com/read/2018/03/09/10150037/bisnis-ponsel-bekas-tumbuh-lebih-besar-dari-ponsel-baru on 27 Desember 2020.

 

Mu, E., and Rojas, M. P., Practical Decision Making Using Super Decisions v3: An Introduction to the Analytical Hierarchy Process, Springer, Switzerland, 2018, pp. 7-21.

 

Saaty, T. L., Pengambilan Keputusan Bagi Para Pemimpin, Pustaka Binaman Pressindo, Jakarta, 1993, pp 5-12.

 

Oentoro, J. M., Analytical Hierarchy Process untuk Menentukan Faktor yang Mempengaruhi Minat Pelanggan Terhadap Telepon Cerdas Daur Ulang, Tugas Akhir, Jurusan Teknik Industri, Universitas Kristen Petra, Surabaya, 2020.

 

 

Note : Muhamad Husni Ramadhan

 

NO. Wa Penulis : 081299300735

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun