Mohon tunggu...
Mugiarni Arni
Mugiarni Arni Mohon Tunggu... Guru - guru kelas

menulis cerita

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Cerpen Kunci Jawaban

22 Januari 2024   11:30 Diperbarui: 22 Januari 2024   12:44 84
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Ayah Aji yang melihat anaknya menangis pun menghampirinya. Ayah Aji bertanya kepada Aji apa yang terjadi. Aji pun menceritakan semuanya kepada ayahnya.

Ayah Aji mendengarkan cerita Aji dengan sabar. Setelah Aji selesai bercerita, ayah Aji pun berkata, "Aji, jangan bersedih. Semua orang pasti pernah mengalami kesulitan dalam belajar. Yang penting adalah kita tidak menyerah dan terus berusaha."

Ayah Aji pun menjelaskan kepada Aji tentang cara menemukan kata-kata kunci dari masing-masing paragraf. Ayah Aji menjelaskan bahwa kata-kata kunci biasanya adalah kata-kata yang penting dan sering muncul dalam suatu paragraf.

Aji pun mendengarkan penjelasan ayahnya dengan seksama. Ia mulai mengerti cara menemukan kata-kata kunci dari masing-masing paragraf.

Keesokan harinya, Aji kembali mengikuti pelajaran bahasa Indonesia. Pada kesempatan ini, Aji berusaha lebih keras untuk memahami materi yang diajarkan oleh gurunya. Aji juga mencoba menerapkan cara yang diajarkan oleh ayahnya untuk menemukan kata-kata kunci dari masing-masing paragraf.

Aji pun mulai bisa menemukan kata-kata kunci dari masing-masing paragraf dengan lebih mudah. Ia pun mulai merasa lebih percaya diri dalam belajar bahasa Indonesia.

Pada ulangan bahasa Indonesia berikutnya, Aji berhasil mendapatkan nilai yang lebih baik. Nilai ulangan bahasa Indonesia Aji kali ini adalah 80. Aji pun sangat senang dengan hasil ulangan tersebut.

Aji menyadari bahwa ia tidak boleh menyerah dalam belajar. Ia harus terus berusaha dan tidak takut untuk meminta bantuan kepada orang lain jika ia mengalami kesulitan.

Presentasi

Judul: Kunci Jawaban

Pembahasan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun