Mohon tunggu...
Mugiarni Arni
Mugiarni Arni Mohon Tunggu... Guru - guru kelas

menulis cerita

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Cerpen: Pembelajaran Berharga dari Bu Arni

1 September 2023   15:01 Diperbarui: 1 September 2023   15:06 145
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Proyek ini tidak hanya mengajarkan Nara tentang masalah lingkungan, tetapi juga mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kemampuan berkolaborasi, dan kreativitasnya. Nara dan teman-temannya merasa bangga dengan apa yang telah mereka capai, dan mereka tahu bahwa ini adalah hasil dari pendekatan pembelajaran berbasis masalah yang diajarkan oleh Bu Arni.

Selama masa-masa belajar di bawah bimbingan Bu Arni, Nara tidak hanya menguasai mata pelajaran, tetapi juga memperoleh keterampilan yang sangat berharga untuk menghadapi dunia nyata. Dia telah belajar bagaimana menghubungkan pelajaran dengan kehidupan sehari-hari, mengintegrasikan berbagai mata pelajaran, dan mengajarkan nilai-nilai karakter dalam tindakan nyata.

Ketika Nara lulus dari SD swasta terkemuka di kota itu, dia membawa banyak pelajaran berharga yang diajarkan oleh Bu Arni. Dia tahu bahwa pendidikan bukanlah sekadar memasukkan informasi ke dalam otak, tetapi juga tentang menjadi individu yang bertanggung jawab, peduli terhadap lingkungan, dan selalu berpikir kritis untuk mencari solusi atas masalah yang dihadapi. Semua ini berkat pendekatan holistik dan mendalam yang diajarkan oleh Bu Arni, seorang guru yang benar-benar inspiratif.

***

Berselang beberapa tahun, Nara tumbuh menjadi seorang remaja yang cerdas dan penuh semangat. Pelajaran dan nilai-nilai yang diperolehnya dari Bu Arni selalu menjadi pedoman dalam hidupnya. Dia terus mengembangkan minatnya dalam bidang lingkungan dan keberlanjutan.

Sekarang, Nara adalah anggota aktif dalam klub lingkungan di sekolah menengahnya. Dia memimpin berbagai proyek yang bertujuan untuk mengurangi jejak lingkungan dan meningkatkan kesadaran di antara teman-temannya. Terinspirasi oleh pembelajaran berbasis masalah yang diajarkan oleh Bu Arni, Nara selalu mencari solusi inovatif untuk permasalahan lingkungan.

Suatu hari, ketika Nara menghadiri konferensi lingkungan internasional, dia bertemu dengan seorang ahli lingkungan yang mengundangnya untuk bergabung dalam proyek global untuk mengatasi perubahan iklim. Nara menerima tawaran tersebut dengan senang hati.

Proyek tersebut adalah tantangan besar, dan Nara merasa cemas, tetapi dia juga merasa percaya diri karena fondasi pendidikan yang kuat yang dia terima dari Bu Arni. Proyek ini membutuhkan kerja sama tim internasional, berpikir kritis untuk mengidentifikasi solusi yang efektif, dan kemampuan berkomunikasi yang baik untuk mempengaruhi kebijakan.

Dia berbicara di berbagai forum internasional, menggugah kesadaran masyarakat tentang urgensi perubahan iklim, dan berperan aktif dalam menyusun kebijakan lingkungan yang lebih berkelanjutan.

Semua pencapaian ini tidak hanya menggambarkan kecerdasan dan kegigihan Nara, tetapi juga mencerminkan pendekatan pendidikan holistik dan mendalam yang dia pelajari dari Bu Arni. Pendekatan ini membantu Nara tidak hanya memahami materi pelajaran, tetapi juga mengembangkan keterampilan dan nilai-nilai yang diperlukan untuk menjadi pemimpin masa depan yang berpikiran terbuka, peduli, dan bertanggung jawab.

Nara tahu bahwa kesuksesannya dan peran aktifnya dalam menjaga lingkungan adalah hasil dari inspirasi dan pendidikan yang dia terima dari guru hebatnya, Bu Arni. Dan seperti Bu Arni telah melakukannya untuknya, Nara berharap dapat menginspirasi generasi berikutnya untuk berjuang demi perubahan positif dan membuat dunia ini menjadi tempat yang lebih baik bagi semua.

Mugiarni

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun