Mohon tunggu...
Mugiarni Arni
Mugiarni Arni Mohon Tunggu... Guru - guru kelas

menulis cerita

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Cerpen: Pembelajaran Berharga dari Bu Arni

1 September 2023   15:01 Diperbarui: 1 September 2023   15:06 145
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Cerpen: Pelajaran Berharga dari Bu Arni

Suatu pagi di sekolah SD swasta terkemuka di sudut kota itu, di ruang kelas 4 yang cerah, ada seorang murid bernama Nara. Nara adalah anak yang pintar dan selalu semangat dalam belajar. Namun, yang membuatnya benar-benar istimewa adalah guru kelasnya, Bu Arni.

Bu Arni itu, seorang guru yang luar biasa. Dia selalu menerapkan pendekatan pembelajaran P5 yang dia yakini dapat mengembangkan siswa secara holistik. Setiap hari, dia menekankan pentingnya lima kompetensi utama dalam pendidikan: sikap, pengetahuan, keterampilan, nilai, dan budaya.

Pada suatu hari, Bu Arni membawa materi pelajaran tentang hak dan kewajiban sebagai warga negara dalam mata pelajaran PKN. Namun, dia tidak hanya sekadar mengajar teori. Bu Arni ingin membuat pelajaran ini lebih bermakna bagi Nara dan teman-temannya. Dia memulai pembelajaran dengan sebuah pertanyaan, "Apa arti menjadi warga negara yang baik?"

Nara dan teman-temannya mulai berdiskusi dalam kelompok-kelompok kecil. Mereka aktif berpartisipasi, berbagi pandangan mereka, dan mencoba menghubungkan materi dengan situasi sehari-hari mereka. Bu Arni dengan sabar membimbing mereka, mendengarkan ide-ide mereka, dan merangsang refleksi mereka tentang nilai-nilai kewarganegaraan.

Ketika pembelajaran berlangsung, Bu Arni mengintegrasikan konsep ini dengan mata pelajaran lain, seperti Bahasa Indonesia dan Matematika. Dia menunjukkan bagaimana hak dan kewajiban sebagai warga negara dapat memengaruhi kehidupan sehari-hari dan bagaimana semua mata pelajaran memiliki keterkaitan dalam kehidupan nyata.

Selama satu semester, Nara dan teman-temannya tidak hanya belajar tentang teori-teori, tetapi juga mengembangkan keterampilan seperti berpikir kritis, berkolaborasi, dan berkreasi. Mereka juga belajar nilai-nilai karakter seperti jujur, tanggung jawab, dan kewarganegaraan.

Tidak hanya itu, Bu Arni juga memberikan inspirasi kepada siswanya. Dengan dedikasinya untuk pendidikan yang holistik, dia membantu Nara dan teman-temannya menjadi individu yang kompeten, berdaya saing, dan memiliki karakter yang baik.

Ketika semester berakhir, Nara tidak hanya memiliki pengetahuan baru tentang hak dan kewajiban sebagai warga negara, tetapi juga memiliki sikap yang lebih baik, keterampilan yang lebih berkembang, dan nilai-nilai yang kuat dalam dirinya. Semua itu berkat peran inspiratif Bu Arni yang menjadikan pembelajaran lebih dari sekadar pelajaran, melainkan pengalaman yang berharga dalam menjalani kehidupan.

***

Setahun berlalu, Nara terus tumbuh dan berkembang di bawah bimbingan Bu Arni. Tidak hanya dalam hal akademis, tetapi juga dalam hal sikap dan karakter. Nara menjadi sosok yang peka terhadap kebutuhan masyarakat sekitarnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun