1. Pengertian filsafat pendidikan rekonstruksionisme
Filsafat pendidikan rekonstruksionisme merupakan aliran filsafat pendidikan yang di pengaruhi oleh ide-ide pragmatisme dan marxisme, aliran ini mempercayai bahwa realitas sosial itu selalu berubah-ubah sebagai konsekuensinya. Mereka memandang sekolah itu sebagai lembaga sosial.Â
2. Pemikiran tokoh filsafat pendidikan rekonstruksionisme
1. Caroline partÂ
Caroline mengemukakan ide-ide tentang sesuatu yang dapat memberikan anak-anak kesempatan untuk mewakili dunia mereka sendiri.Â
2. George counts
George berpandangan bahwa pendidikan secara historis digunakan sebagai alat untuk memperkenalkan masyarakat terhadap budaya tradisi dan kondisi sosial yang telah diubah oleh sains teknologi dan industri sebagai kekuatan positif bagi penyusunan pola budaya yang baru, menurut ia pendidikan harus memandang kemungkinan bagi perubahan sosial yang Radikal.Â
3. Paulo freire
Menurut Paulo pendidikan harus menyadarkan kaum yang tertindas agar mereka mempunyai kesadaran yang kritis. Metode yang ia gunakan adalah dialog.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H