Evaluasi kegiatan belajar mengajar sudah ada yang selesai beberapa sekolah belum melaksanakan kegiatan evaluasi tersebut Hasil evaluasi dari kegiatan penilaian tengah semester atau ulangan harian bersama dilaksanakan oleh sekolah banyak peserta didik masih dapat membuka aplikasi lainnya sehingga dimungkinkan soal  bocor atau kecurangan. Sebagai seorang pendidik kita tidak ingin peserta didik kita menjawab soal kita berikan dengan mengambil jawaban orang lain.
Salah satu aplikasi dapat dipergunakan untuk meminimalisir kecurangan adalah Examora. Examora adakah sebuah aplikasi yang dapat digunakan membantu menonaktifkan fitur sistem seperti layar split, tangkapan layar dan perekam layar. Aplikasi Examora dapat memberi peringatan secara otomatis jika ada aplikasi yang memungkinkan tindakan curang di-install pada perangkat. Alamat URL ujian disimpan aman dengan sistem verifikasi token sehingga peserta didik yang tidak mengetahui token tidak bisa masuk ke dalam soal ujian yang kita buat
Aplikasi Examora memblokir panggilan masuk dan pemberitahuan pada waktu peserta didik mengerjakan soal maka panggilan masuk tidak dapat masuk demikian juga pemberitahuan media sosial lain seperti WhatsApp dan telegram. Tombol konfirmasi dalam dialog keluar tertunda peserta didik tidak dapat melakukan hubungan dengan orang lain selama mengerjakan soal. Toolbar sistem diganti dengan toolbar aplikasi yang menunjukkan tanggal dan waktu saat ini dan presentase baterai.
Dari uraian diatas maka muncul pertanyaan bagaimana cara menggunakan aplikasi Examora agar pelaksanaan ujian kita lakukan tidak terjadi kecurangan yang dilakukan oleh peserta didik. Tujuan penulisan agar rekan rekan pendidik dapat menggunakan aplikasi Examora sehingga tujuan evaluasi tercapai. Manfaat dari penulisan ini adalah pertama agar pendidik mampu meminimalisir kecurangan dilakukan oleh peserta didik. Kedua agar pendidik mampu mengembangkan potensi diri dalam kegiatan belajar mengajar. Ketiga agar peserta didik mendapatkan nilai sesuai dengan kemampuannya
Pembahasan
Sebelum kita membahas mengenai aplikasi Examora maka terlebih dahulu kita harus menyiapkan kan perangkat lainnya atau perangkat pendukung lainnya sehingga pekerjaan kita berjalan dengan baik. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan soal-soal yang akan kita berikan kepada peserta didik berupa file word.
Langkah kedua membuka Google Drive setelah terbuka kita pilih tanda + baru  tarik ke bawah pilih lainnya. Disini banyak pilihan aplikasi yang ditawarkan oleh google pilih google formulir. Formulir tanpa judul kita beri nama fail yang akan kita buat misal soal persamaan linear. Diskripsi formulir berisikan gambaran soal yang akan dikerjakan peserta didik misal kerjakan soal-soal persamaan linier berikut dengan benar atau berupa petunjuk lainnya.
Dalam membuat google formulir agar mudah kita mengevaluasi maka perlu memperhatikan langkah berikutnya ini
A. Lembar identitas
Lembar identitas terdiri dari :
1. Isi judul
2. Mencantumkan kelas
3. Nama peserta didik
4. Nomor absen
B. Lembar soal
Lembar soal terdiri dari
1. Petunjuk soal
2. Lembar soal
Tujuan membuat lembar identitas adalah agar kita sebagai pendidik selesai peserta didik mengerjakan kita sudah mengetahui kelas, nama dan nomor mereka. Sedangkan tujuan membuat petunjuk soal agar memudahkan peserta didik mengerjakan soal kita buat.
Setelah selesai membuat soal maka kita mengatur setelan umum terdiri dari kumpulan email jika kita menghendaki email dari peserta didik. Tanggapan masuk bila kita centang maka peserta didik hanya sekali mengerjakan atau memberi tanggapan. Responden dapat ada dua pilihan bila kita centang maka dapat mengedit dan melihat ringkasan jika kita biarkan maka sebaliknya.
Setelah kita selesai membuat google formulir adalah membuka Examora. Langkah langkahnya sebagai berikut :
1. Membuka browser, kita dapat menggunakan aplikasi google chroom, Mozilla Firefox atau lainnya.
2. Ketik di address Examora, akan banyak tampilan berhubungan dengan Examora.
Presentasi terdiri dari pertama tampilan status progres dicapai oleh peserta didik bila kita centang. Kedua acak urutan pertanyaan bila kita menghendaki pertanyaan diacak dan ketiga menampilkan link untuk menyerahkan tanggapan lainnya.
Masih di setelan atau pengaturan ada kuis kita geser menjadi warna ungu. Disini ada beberapa pilihan rilis nilai dan responden dapat melihat. Rilis nilai ada dua segera setelah setiap pengiriman dan nanti setelah peninjauan manual bila kita centang. Responden dapat melihat pertanyaan tak terjawab, jawaban benar dan nilai poin jika di centang.
Selesai kita mengatur google formulir maka kita copy alamat diatas. Tujuan mengcopy alamat diatas adalah untuk di pastekan di Examora. Langkah langkahnya  Examora sebagai berikut :
1. Membuka browser, kita dapat menggunakan aplikasi google chroom, Mozilla Firefox atau lainnya.
2. Ketik di address Examora, akan banyak tampilan berhubungan dengan Examora.
3. Kita pilih Examora keluar sebuah kotak disebelah kanan tertulis Generete, pastekan hasil dari copy disini kemudian klik generate.
4. Keluar gambar dipilih gambar sesuai petunjuk, kalau sudah dipilih klik verify
5. Klik generate maka keluar tanggal berlaku token dan Token yang nantinya kita berikan kepada peserta didik
Dengan memberikan Token dari Examora maka setelah peserta didik memasukkan token semua aplikasi terkunci. Hubungan kelauar masuk dengan orang lain tidak dapat digunakan demikian aplikasi berada di HP peserta didik.
Kesimpulan
Dari paparan diatas maka penulis dapat menyimpulkan
1. Aplikasi Examora cocok digunakan oleh pendidik dalam melakukan evaluasi baik offline maupun online
2. Aplikasi Examora dapat meminimalisir kecurangan dilakukan oleh peserta dalam menempuh evaluasi
Demikian paparan mengenai aplikasi Examora dapat kami berikan semoga menambah literasi dalam dunia pendidikan. Kritik dan saran bersifat membangun sangat diharapkan dalam kesempurnaan tulisan ini.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H