Mohon tunggu...
MUBARAK TAWURUTUBUN
MUBARAK TAWURUTUBUN Mohon Tunggu... Mahasiswa - Penulis

Puisi adalah aku, Aku adalah puisi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Genre Sastra menurut Renne Wellek Warren dan Auistin

9 April 2022   21:07 Diperbarui: 9 April 2022   21:50 289
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Apa sastra merupakan suatu koleksi puisi atau drama dan novel seperti di lihat dari:

jawaban Croce, yang merupakan reaksi terhadap sikap otoriter aliran Klasik. Jenis sastra bukan sekadar nama, karena konvensi sastra yang berlaku pada suatu karya membentuk ciri karya tersebut.

Jenis sastra selalu dianggap sebagai suatu perintah kelembagaan yang memaksa pengarangnya sendiri Tetapi ia juga tahu bagaimana caranya mengulur, dan mengubah bentuk-bentuk klasik

Sedangkan Samson ia tahu bagaimana menceritakan hidup pribadinya melalui rakyat Ibrani yang perbuatnya sebagai sebuah kejadian di Yunani.

Penilaian terhadap sebuah puisi, tentu ditentukan oleh pengalaman dan kematangan kita yang deskriptif maupun normatif tenang puisi.

Sedangkan Ketika Milton menulis sebuah karya paradise Lost atau surga kehilangan, dia berpikir bahwa dia sedang menulis satu karya yang sejenis dengan Iliad dan Aenid. Milton pasti tidak beranggapan bahwa Faerie Queene adalah sebuah karya epik, meskipun pada waktu Spenser menulisnya. hebat dan romatis tidak di bedakan.

Spenser mengira dia sedang menulis karya yang sejenis dengan karya Homer atau Aristoteles dan Horace yamg memberikan dasar klasik untuk pengembangan teori genre.

istilah genre tidak dipakai untuk ketiga penyampaian di atas, dan juga tidak untuk pembagian jenis atau yang menjadi tragedi dan komedi. Memang sebaiknya untuk ketiga penyampaian di atas, kita tidak memberi atau memaknai istilah genre, karena perbuatannya sangat sulit dan tidak perlu.

istilah genre perlu diterapkan untuk pembagian jenis secara historis menjadi tragedi dan komedi.

beberapa penelitian yang pernah berusaha mencari sifat-sifat dasar ketiga jenis ini dengan cara membuat perbedaan dimensi waktu dan morfologi linguistik.

Dallas, kritis Inggris berbakat yang mengenal pemikiran Schlegel dan Coleridge, membuat tiga pengelompokan puisi yang lain seperti puisi drama, puisi cerita, dan puisi lagu.

Kemudian dia memgupas ketiga pemikiran dalam suatu skema yang lebih mengacu pada puisi Jerman daripada puisi Inggris.

Jenis-jenis sastra dari sikap puitis, mempunyai pendapat lain.

Menurut Erskine, lirik mengekspresikan atau memunjukan bentuk waktu sekarang sedangkan drama mengekspresikan bentuk waktu yang lampau, dan epik dan mengekspresikan bentuk waktu yang akan datang.

Eksplorasi terhadap jenis-jenis dasar seperti ini, yang menjadikannya ke morfologi linguistik atau ke sikap terhadap alam semesta, yang tidak menghasilkan kesimpulan objektif.

Kita dapat mempertanyakan apakah memang ketiga jenis ini mempunyai status yang sedemikian baku atau standar, meskipun juga dilihat sebagai komponen bagian yang dapat gabungkan.

Salah satu sikap teori semacam itu adalah kenyataan bahwa dalam zaman kita sekarang drama mempunyai dasar berbeda dari epik dan lirik.

Puisi dan novel sekarang adalah karya tulis yang umum sering dibaca oleh setiap pembaca. intinya drama bersifat sastra, tetapi terdiri juga dari tontonan yang wajib memanfaatkan keahlian aktor, sutradara, penanggung jawab kostum, dan ahli listrik.

Beberapa cerpen Amerika hampir mirip drama karena sifatnnya objektif cerpen yang sebagian besar terdiri dari dialog murni.

pokok. Seorang kritikus abad 18, Thomas Hankins, menulis mengenai drama Inggris yang terbagi dalam beberapa jenis yakni misteri, moral, tragedi, dan komedi. Pembagian atas sebagian macam inilah yang berada pada urutan kedua yang sebaiknya disebut sebagai genre. Abad 17 dan 18 adalah abad yang menganggap genre sebagai sesuatu yang serius bagi para kritikus abad itu.

genre benar nyata pada abad 17 Dalam doktrin Neo Klasik, genre memiliki perbedaan yang jelas dan harus selalu dibedakan. Tetapi jika kita mencari definisi tentang genre dan metode penentuan perbedaan genre pada kritik NeoKlasik itu sendiri, kita tidak akan menemukan suatu pembahasan yang tetap. Bahkan perlunya kesaran untuk membuat dasar rasional pembagian genre pun tidak kita jumpai.

sedangkan yang disusun oleh Boileau, terdiri dari pastoral, elegi, ode, epigram, satire, tragedi, komedi, dan epik. tapi kita juga bisa mengambil kesimpulan bahwa menurut pemikira -pemikiran Neo Klasik, pengertian genre sudah sangat jelas, hingga bagi mereka tidak ada permasalahan yang umum sama sekali.

Hugh Blair , ia membahas tentang beberapa genre pokok dalam beberapa bab bukunya, tetapi dia tidak memberikan pengantar tentang prinsip prinsipnya dalam membuat klasifikasi sastra. Bahkan genre-genre yang dipilihnya tidak mempunyai konsistensi metodologis atau penetapan lainya.

Kebanyakan genre di ambil dari bahasa yunani, tetapi tidak semuanya. Dengan panjang lebar mereka menguraikan pengambaran puisi yang katanya melalui jenis ini, kejeniusan pengarang dapat ditunjukkan, tapi jenis ini bukan spesies atau bentuk komposisi tertentu, bukan juga jenis yang termasuk dalam puisi yang berkaitan.

De Rerum Natura atau The Essay on Man. dari puisi deskriptif Blair beralih ke puisi Ibrani, yang katanya, menunjukkan selera dari suatu zaman dan negara yang asing yang barangkali seperti puisi timur yang berbeda dengan tradisi Yunani Romawi Prancis. Karna berdasarkan sejarah, aliran Neo Klasik adalah campuran antara rasionalisme dan sikap otoriter, cenderung bersifat konservatif, serta mempertahankan sejauh mungkin jenis yang berasal dari tradisi kuno, terutama jenis tradisi puitis.

Cooper's Hill menciptakan puisi daerah baru dia juga menilai puisi karya Thomson sebagai puisi berjenis baru dan asli. Kesetiaan pada jenis adalah sebuah doktrin yang dipelopori oleh pendukung tragedi klasik perancis yang tidak menyukai kebiasaan tragedi Elizabeth untuk memasukkan adegan lucu .

Sumber doktrin ini muncul dari teori Horace ang dogmatis dan Aristoteles yang menekankan pada Pengalaman dan pandangan yang berpendidikan.

Puisi minor ditulis dalam berjenis yang lebih rendah, seperti kita menerapkan tes pembagian pada dua jenis yang paling tinggi, seperti tragedi dan epik, epiknya yang akan menang.

Tetapi Aristoteles ragu dalam membahas beberapa kriteria yang bertentangan, ia memilih kejadian sebagai bentuk yang paling tinggi. Meskipun ada perbedaan pendapat di kalangan kritikus Neo Klasik untuk menentukan jenis apa yang paling tinggi.

Penulis-penulis Jerman dan Prancis sering menyebut ketiganya sebagai bentuk tetap atau kelas, untuk membedakan dari genre.

Barangkali kita ingin mengatakan bahwa bertentangan dengan norma umum puisi Inggris yang terdiri dari iambic tulisan puisi pada abad 18 terdiri dari delapan suku kata dan puisi pada awal abad 20 terdiri dari dua kaki matra. Puisi pula perbedaan bentuk itu memiliki nada dan ethos yang berbeda.

Disini kita tidak hanya di perlihat dengan klasifikasi perdasarkan matra , tetapi juga melihat dengan sesuatu yang lebih luas, yang memiliki bentuk dalam dan bentuk luar

karya sastra, yang secara bentuk didasarkan pada bentuk luar dan pada bentuk dalam . sangat dasar dan paling jelas salah satunya di antara kedua bentuk itu atau karya yang ditulis dalam kuatren heroik, bukan dalam couplets, demgan demikian merusak kesinambungan elegi Inggris sebagai puisi pribadi.

Kita mungkin cenderung untuk tidak melihat sejarah genre pada abad 18, karena pada 18 orang tidak mengharapkan lagi bahwa puisi dibuat dengan struktur pola yang berulang seperti yang terlihat pada tulisan-tulisan dalam bahasa prancis dan Jerman tentang genre, yang didukung oleh pandangan periode 1840-1940 adalah periode yang penuh anomali, dan mungkin di masa yang akan datang kita akan kembali ke sastra inggris setia pada pembagian genre.

Dalam sejarah novel, isinya sangat tidak terbatas, yakni semua novel yang menyangkut masa lalu. Tetapi lebih novel sejarah berkaitan dengan gerakan Romantisme dan nasionalisme, karena ada sesuatu perasaan baru, suatu sikap baru terhadap masa yang tersirat dari genre ini.

Novel ini dimulai pada abad 18 dengan novel The Castle of Otranto atau kastil otranto ini masih teruskan tradisinya sampai sekarang Ini adalah genre yang mencakup semua kriteria untuk membentuk suatu genre naratif prosa. Pada genre novel Gotik ada isi dan tema yang terbatas dan dipakai secara tetap.

Selain itu ada teknik teknik yang baku . Secara umum, konsepsi kita terhadap genre harus bertolak dari sisi formalistis atau peraturan. Kita sebaiknya kita membuat genre berdasarkan jumlah suku kata atau bentuk daripada berdasarkan isi . Kita harus berpikir tentang jenis-jenis sastr, bukan klasifikasi isi yang juga bisa diterapkan pada karya nonfiksi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun