"Songing", sepintas kata ini selalu terbayang-bayang di benak saya. Barangkali karena rindu akan kampung halaman yang menjadi penyebabnya. Duduk dipojok aula lantai dua di asmara kami (Bumikarsa 4.0), menurut penghuni sebelumnya konon nama itu singkatan dari BUMI Bugis dan Minang. Dua identitas kesukuan ini telah menjadi identitas baru bagi kami di pondok ini. Tentu kita bertanya-tanya, kenapa namanya Bumikarsa? Ya, benar karena penghuni ini dari dua suku tersebut, meski sekarang ini dominan dari Sulawesi entah apapun itu sukunya. Kenapa saya malah membahas itu, wkwkwk.Â
Saya teringat pepatah bahwa sejauh apapun kamu melangkah, jangan sekali-kali kamu melupakan kampung halamanmu.Â
Pesan itu menurut saya mengisyaratkan bahwa jangan menjadi hilang jati diri, meskipun kita hidup dimanapun.
Kekhawatiran akan tersebut, membuat saya berani untuk menulis ini. Ya, sedikit cerita tentang kampung halamanku. Songing. Pergolakan batin tentang asal usul kampung saya ini sebenarnya sudah ada dipikiran sejak lama. Seingatku ketika masih dibangku sekolah. Pencarian akan data dan informasi belum aku dapatkan dengan jelas dan tuntas.Â
Sebuah catatan rangkaian sejarah menurut Buya Syafii dalam bukunya Pergolakan Pemikiran Islam tidak dapat kehilangan dari nilai subjektivitas. Oleh sebabnya itu, saya tidak menyatakan apa yang saya tulis ini sebagai "satu-satunya kebenaran" yang dapat diterima tanpa adanya kritik atau taken for granted. Saya menulis ini bukan untuk diterima secara cuma-cuma, justru harapan saya agar dapat menjadi pemantik mengkaji lebih dalam tentang histori yang selama ini kita lupakan.Â
Mitologi Asal Usul Manusia Pertama di Hanua (Bumi) Songing
Konsep tentang mitologi tidak dapat terlepas dari historis peradaban yang dituturkan di tengah-tengah masyarakat. Pada umumnya manusia pertama sering diidentikkan dengan sosok yang dianggap sakti. Seperti halnya pada Tomanurung yang berkembang menjadi salah satu mitologi Bugis yang sudah lazim diketahui. Berbicara pada konteks lokal Songing, rupanya sosok yang sering dianggap sebagai pendiri kampung atau founding father yaitu Puang Lompo.Â
Tau mammuale engka membbukki eddi kampongge iyanaritu Puang Lompo. Maega patterralenna, biasa diolli Puang Lompo, Panrita, Puang Makuasa, Puang Songing.Â
Puang Lompo memiliki banyak nama panggilan yang digunakan oleh masyarakat diantaranya; 1) Puang Lompo 2) Puang Panrita 3) Puang Makuasa 4) Puang Songing. Apabila merujuk pada terminologi, kata Puang merupakan sebuah gelar yang diberikan kepada orang yang dihormati dan berkuasa, istilah ini masih digunakan hingga sekarang dalam masyarakat Bugis Sinjai. Sedangkan, kata Lompo dalam keseharian masyarakat Songing berarti "besar".Â
Adapun Panrita berarti ahlinya ahli, juga diartikan orang yang cerdas dan religius yang memimpin orang. Juga memiliki panggilan lain Puang Makuasa yang berarti orang yang berkuasa dalam suatu wilayah. Terakhir, beliau juga dipanggil Puang Songing artinya Puang (Pemimpin) di Songing.  Keempat nama tersebut menunjukkan kepopulerannya saat itu.Â
Selain namanya yang dikenal, beberapa hal yang diperjuangkannya saat itu ialah area persawahan. Beberapa informasi dari narasumber yang sempat saya mintai keterangannya mengungkapkan bahwa ada hal yang menarik dan di luar nalar dari Puang Lompo ini. Salah satunya ketika sedang membangun area persawahan.Â
Puang Lompo cukup menancapkan tongkatnya ketika membangun area persawahan dan air muncul serta mengalir mengikuti tongkat yang ditancapkan.
Tentu sangat bisa dinalar jika sebuah tongkat ditancapkan dan mengeluarkan air, tapi bagaimanapun itu adalah sejarah dan tutur dari masyarakat yang berkembang. Bahkan kita sering mendengar kelebihan-kelebihan yang diberikan kepada orang-orang tertentu berupa karoma, barangkali salah satunya karomah itu didapat oleh Puang Lompo.Â
Sebelum datangnya Islam di wilayah Songing, pemakaman orang yang meninggal masih dengan kepercayaan masyarakat terdahulu seperti Attoriolong, dalam buku Hanua Sinjai karya Budayawan Sinjai Drs. Muhannis menyebut dua kepercayaan yang ada yaitu Pallohe dan Patuntung. Penulis secara subjektif lebih sepakat untuk menggunakan istilah agama leluhur (indigenous religion) sebagai agama lokal yang dianut masyarakat sebelum semuanya dipandang melalui paradigma agama dunia (world religion paradigm).Â
Pemakaman Puang Lompo dilakukan masih dengan prosesi penguburan orang Bugis pada umumnya; di mana dikenal istilah To Mallajang dimana sebenarnya kuburan itu tidak berisi jenazah, hanya sebagai tanda seorang tokoh yang menghilang. Kuburan dari Puang Lompo sendiri masih dapat ditemukan hingga kini di pemakaman umum Songing yang ditandai dengan sebuah batu leppa di atasnya.Â
Terlepas dari peristiwa  tersebut, satu hal yang mesti diketahui bahwa pemahaman masyarakat akan terus mengalami evolusi, termasuk juga dengan kepercayaan atau agama; baik teori maupun praktik ritualnya.
Dari Katinroang Ke Songing sebuah peristiwa Sejarah
Pengetahuan tentang nama desa yang digunakan saat ini "Songing" seringkali menjadi hal yang dilupakan dan tidak memiliki perbandingan yang mengerucut pada satu nama. Ada tiga fakta yang saya dapat mengenai Katinroang dan Songing, kemudian  dianggap sebagai local knowledge yang dituturkan para pendahulu. Sedikitnya ada 3 (tiga) cerita berbeda yang didapat untuk menguatkan data tentang sejarah nama Songing dan Katinroang ini bermula.Â
Pertama, nama Katinroang diberikan kepada suatu tempat yang terdapat peristiwa diluar nalar. Suatu ketika ada orang yang lewat (musafir) di daerah ini dan menginap dirumah warga, ketika dibangunkan orang tersebut sudah meninggal (meninggal dalam tidurnya). Maka kampung tersebut diberi nama Katinroang atau berarti orang yang tertidur/meninggal dalam tidur. Latar belakang pemberian nama semacam ini kemudian dianggap sebagai hal yang kurang baik, sehingga kampung ini berganti nama menjadi Songing dengan alasan banyak buah Songi'Â (latin; Dillenia celebica) di daerah ini.
Kedua, istilah Katinroang diidentikkan dengan sosok Puang Lompo. Ketika pertama kali menginjakkan kaki di suatu wilayah (saat ini Songing), Puang Lompo tertidur di bawa Pohon Songi'. Sehingga istilah Katinroang dapat juga bermakna tertidur dibawah pohon Songi'. Keterkaitan istilah antara Katinroang dan Songing tidak dapat dipisahkan sebab sudah saling berkaitan sejak awal daerah ini dibangun.Â
Ketiga, Katinroang juga dapat dipahami sebagai orang yang tertidur ketika Panrita (orang bijak) lewat di daerah itu. Konon diceritakan ketika To Panrita melewati wilayah Songing, masyarakat saat itu tertidur dan tidak bertemu dengan To Panrita tersebut. Berbeda halnya dengan daerah seberang yang disinggahi oleh  To Panrita sehingga daerah disebut Lempangan (daerah yang disinggahi). Konotasi dari "Katinroang" dianggap negatif dalam masyarakat, istilah tersebut menuju pada makna pemalas sehingga digantilah namanya menjadi Songing.Â
Merujuk pada ketiga cerita tersebut, maka sebenarnya Songing telah melewati tiga masa hingga saat ini. Pertama, masa perintisan (wanua baru) penduduk masih sedikit dan masih menjadi bagian wilayah bagian. Kedua, masa dimana Arung atau pemimpin telah diangkat dan menjadi wilayah sendiri (Akkarungeng) serta sudah memiliki penduduk yang lumayan. Selanjutnya, masa sekarang ditandai dengan berakhirnya wilayah Akkarungeng diganti dengan kebijakan baru yang disebut "Desa" pada tahun 1962. Kebijakan saat itu sebenarnya dapat dianggap sebagai reformasi sistem pemerintahan, akan tetapi kurang memperhatikan aspek historis dan kebudayaan lokal.
Terakhir, beberapa versi cerita sejarah di atas bukan lagi untuk diperdebatkan yang mana benar atau keliru, melainkan ini tentang kekayaan pemahaman yang tidak ternilai. Biar bagaimanapun, ketiga cerita tersebut sebenarnya memiliki relasi yang berkaitan satu dengan yang lainnya.
*Tulisan ini masih terus membutuhkan data dan analisis yang lebih mendalam sehingga saran dan masukan sangat dibutuhkan oleh penulis. Olehnya itu jangan sungkan untuk berbagi informasi dan saran di komentar. Terima kasih
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H