Mohon tunggu...
Muammar Alif Z.S.R
Muammar Alif Z.S.R Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa S2 Ilmu Hubungan Internasional Universitas Gajah Mada

Seorang mahasiswa S2 yang ingin berkecimpung dalam dunia kepenulisan kasual praktis (blogging) untuk mengisi waktu luang dan mengasah kemampuan menulis.

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Peran dan Fungsi Seragam Kerja dalam Branding Perusahaan

11 Januari 2023   15:04 Diperbarui: 11 Januari 2023   15:13 472
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Apa yang akan muncul di benak Anda saat mendengar kata 'seragam'? Mungkin sebagian dari kita akan teringat dengan seragam sekolah yang kita pakai dulu selama 12 tahun masa bersekolah. 

Sebagian lainnya mungkin akan memikirkan seragam polisi atau TNI yang khas saat mereka berusaha melaksanakan kewajiban mereka untuk menegakkan hukum dan menjaga keamanan negeri ini.

Tapi mungkin ada juga orang yang akan mengingat seragam kerja tertentu yang sering mereka lihat saat beraktivitas setiap harinya. Contohnya, seragam ojek online berwarna hijau yang terkenal.

Hanya saja, seperti yang kita tahu, berbeda dengan seragam instansi resmi atau seragam sekolah yang biasanya seragam di seluruh penjuru nasional, seragam kerja biasa umumnya berbeda-beda di antara seluruh perusahaan yang ada di negara ini, dan masing-masing dari mereka memiliki ciri khas yang menonjol sendiri-sendiri. 

Tapi, selain sebagai pakaian kerja yang harus dipakai oleh para karyawan perusahaan setiap hari saat bekerja, tahukah Anda bahwa seragam kerja memiliki tiga fungsi lainnya? Simak artikel berikut untuk penjelasan yang lebih dalam mengenai hal ini!

  1. Fondasi Brand Identity yang Khas

Apa itu Brand identity? Brand Identity adalah konsep jati diri yang dimiliki oleh sebuah perusahaan. Jati diri ini bisa berupa kombinasi warna, jenis font, tagline, dan logo perusahaan yang diletakkan pada berbagai macam medium komunikasi, dan salah satunya merupakan seragamkerja. 

Contoh, warna hijau atau oranye pada perusahaan e-commerce, atau warna hijau yang digunakan oleh perusahaan ojek online. Dua contoh itu merupakan contoh brand identity, dimana ketika konsumen melihat warna-warna tersebut, otak mereka akan secara otomatis teringat akan perusahaan-perusahaan tersebut.

Dan karena seragam kerja merupakan kelengkapan berbentuk medium visual yang paling banyak dijumpai oleh para konsumen, tentunya brand identity yang unik bisa membuat orang-orang lebih gampang mengingat perusahaan tertentu. 

Kombinasi letak logo, nama perusahaan dan pilihan warna yang tepat akan membantu menguatkan fondasi brand identity yang khas di mata konsumen Anda. Dalam hal ini, para pengusaha garmen dapat menjadi rekan konsultasi yang bisa Anda andalkan. 

  1. HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    Mohon tunggu...

    Lihat Konten Worklife Selengkapnya
    Lihat Worklife Selengkapnya
    Beri Komentar
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun