Mohon tunggu...
Muamar Mahmud
Muamar Mahmud Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswa PPG Prajabatan

Saya mahasiswa ppg prajbatan saat ini saya ingin menjadi sorang guru profesional dan ingin mengembangkan kemampuan saya dari segala jenis pembelajaran

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Proyek Kepemimpinan II, Pelatihan Canva SMART (Solusi Mengajar Aktif Kreatif dan Inofatif)

9 Agustus 2023   22:07 Diperbarui: 9 Agustus 2023   22:16 250
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pelatihan SMART (Solusi Mengajar Aktif  Kratif dan Inovati) Menggunakan Aplikasi Canva

Lokasi :SDN 66 Kota Timur, Kota Gorontalo

Lingkup Pendidikan : Sekolah Dasar

Tujuan yang ingin dicapai :

Adapun tujuan yang hendak di capai dalam progam kerja ini : 

  • Meningkatkan Keaktifan belajar peserta didik 
  • Mengenalkan kepada guru media pembelajaran digital khususnya Canva 
  • Mengenalkan kepada guru mengenai pemanfaatan Aplikasi Canva  yang dapat meningkatkan minat belajar peserta didik.
  • Sebagai wadah inovatif guru dalam mengembangkan pengetahuan dan ketarampilan terkait pembuatan media pembelajaran Khususnya dengan menggunakan Canva 
  • Membantu guru dalam mewujudkan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan bagi peserta didik

Penulis :Muamar A. Mahmud

Pelatihan SMART Menggunakan APlikasi Canva ini dikerjakan bersama kelompok yang beranggotakan

Faisal Rahman Jusuf

Muamar A. Mahmud

Myla Yusnita Rahman

Dalam era pendidikan abad 21, teknologi telah membuka peluang untuk mengadopsi metode pembelajaran yang lebih menarik dan sesuai dengan perkembangan zaman. Salah satu inovasi yang sedang berkembang adalah program PELATIHAN SMART (Solusi Mengajar Aktif, Kreatif, dan Inovatif) di tingkat sekolah dasar.

Tujuan dari PELATIHAN SMART adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah dasar melalui pendekatan yang segar dan berbeda. Pendekatan Mengajar Aktif, Kreatif, dan Inovatif menjadi landasan utama dalam program ini. Pendekatan ini memastikan bahwa pembelajaran tidak lagi bersifat monoton, tetapi lebih hidup, interaktif, dan sesuai dengan tuntutan dunia digital saat ini. Dalam konteks ini, peran aplikasi Canva menjadi sangat penting dalam pelaksanaan PELATIHAN SMART. Dalam era di mana visualisasi memiliki peran yang signifikan, Canva hadir sebagai alat kreatif untuk menciptakan materi pembelajaran yang menarik dan penuh warna. Melalui pelatihan ini, para guru dapat lebih kreatif dalam merancang pembelajaran yang dapat menarik minat siswa. Mereka dapat menggunakan Canva untuk membuat infografis, presentasi, dan materi visual lainnya, yang pada gilirannya akan meningkatkan daya tarik pembelajaran.

Inilah yang membuat kami, para mahasiswa PPG Prajabatan, merasa tertarik dan termotivasi untuk terlibat dalam program PELATIHAN SMART. Program ini merupakan kesempatan bagi kami untuk menerapkan konsep-konsep yang kami pelajari dalam mata kuliah Proyek Kepemimpinan II. Di SDN 66 Kota Timur, kami fokus pada penerapan penggunaan aplikasi Canva dalam pembelajaran. Proyek ini adalah bentuk nyata dari pembelajaran yang kami peroleh di perguruan tinggi. Melalui Proyek Kepemimpinan ini, kami berharap dapat memberikan kontribusi positif dalam pengembangan pembelajaran di sekolah dasar kami.

Selain itu, dampak penggunaan Canva dalam PELATIHAN SMART sangatlah positif. Materi pembelajaran yang dihasilkan menjadi lebih mudah dipahami oleh siswa berkat penggunaan elemen visual yang menarik. Pendekatan teknologi dalam pembelajaran juga mendorong partisipasi aktif siswa, yang pada akhirnya meningkatkan pemahaman mereka terhadap konsep-konsep pelajaran.

Dokpri
Dokpri

Dengan menggabungkan konsep PELATIHAN SMART dan pemanfaatan Canva, pendidikan di sekolah dasar menjadi lebih inovatif dan menarik. Harapannya, program semacam ini akan terus berlanjut, membuka ruang bagi kreativitas, inovasi, dan pembelajaran yang berarti bagi generasi muda kita.

Dalam konteks perkembangan dunia pendidikan, PELATIHAN SMART membawa perubahan positif yang nyata. Integrasi teknologi seperti Canva tidak hanya merangsang kreativitas guru, tetapi juga memberikan dampak positif pada proses pembelajaran. Penggunaan elemen visual yang atraktif mempermudah pemahaman siswa terhadap konsep-konsep yang diajarkan. Selain itu, pendekatan berbasis teknologi ini mendorong partisipasi aktif siswa, yang pada gilirannya dapat meningkatkan motivasi belajar mereka.

Seiring dengan berjalannya waktu, diharapkan PELATIHAN SMART dapat terus berkembang dan disesuaikan dengan perubahan kebutuhan pendidikan. Program ini dapat menginspirasi para pendidik untuk terus berinovasi dalam merancang strategi pembelajaran yang menarik dan efektif. Melalui pemanfaatan teknologi dan metode pembelajaran yang adaptif, kita dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih relevan dan bermakna bagi siswa, mempersiapkan mereka dengan baik untuk menghadapi tantangan masa depan.

Tidak hanya itu, kolaborasi antara mahasiswa PPG Prajabatan dan para guru dalam PELATIHAN SMART juga membuka peluang untuk saling belajar dan tukar pengalaman. Interaksi antara para calon pendidik dengan praktisi di lapangan dapat menghasilkan wawasan baru dan pemahaman yang lebih mendalam tentang realitas pendidikan di sekolah dasar.

Dalam kesimpulannya, PELATIHAN SMART dengan pemanfaatan Canva adalah langkah positif menuju pendidikan yang lebih inovatif, menarik, dan efektif di era digital ini. Semakin banyak guru yang terlibat dalam program ini, semakin besar potensi perubahan positif dalam dunia pendidikan. Kita berharap semangat inovasi dan kreativitas akan terus mengalir, mewujudkan masa depan pendidikan yang lebih cerah dan relevan bagi generasi muda kita.

Muamar A. Mahmud

22906466

PPG Prajabatan gel.2

Univarsitas Negeri Manado

 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun