Pada tanggal 20 November 2024, MTs Al-Hadi II menggelar kegiatan penilaian kinerja kepala madrasah yang melibatkan dua pengawas, yaitu Ibu Etyk Nurhayati, S.Pd.I., M.Pd., dan Bapak Sumarna, M.Pd. Penilaian ini menjadi momen penting dalam rangka mengevaluasi kinerja Ibu Syah Fathi Azzatia, M.Pd., selaku kepala madrasah. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan gambaran nyata mengenai bagaimana kepala madrasah menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dalam memajukan kualitas pendidikan di madrasah.
Ibu Etyk Nurhayati yang bertindak sebagai salah satu pengawas menyampaikan bahwa tujuan utama dari Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) ini adalah untuk mendapatkan evaluasi yang objektif dan berbasis pada realitas yang ada di lapangan. "PKKM ini tidak hanya sekadar penilaian administratif, tetapi juga untuk menggali lebih dalam bagaimana kepala madrasah mengelola berbagai aspek dalam pendidikan," ujarnya saat membuka kegiatan tersebut.
Aspek yang menjadi fokus utama dalam penilaian ini meliputi lima komponen penting, yaitu sosial, profesional, kepribadian, kewirausahaan, dan hasil prestasi. Ibu Etyk menjelaskan bahwa penilaian ini dirancang untuk melihat sejauh mana kepala madrasah mampu beradaptasi dengan lingkungan sosial, berinovasi dalam pengelolaan pendidikan, serta menciptakan suasana yang kondusif bagi perkembangan siswa dan guru di bawah kepemimpinannya.
Selain itu, dalam aspek profesional, kepala madrasah diharapkan dapat menunjukkan kemampuan dalam pengelolaan manajerial yang efektif dan efisien. Aspek ini menilai bagaimana kepala madrasah mengatur program-program pendidikan, memimpin rapat, serta mendukung perkembangan kompetensi para tenaga pengajar dan staf administratif.
Kepribadian kepala madrasah juga menjadi faktor yang tidak kalah penting. Ibu Etyk menekankan bahwa sikap, etika, dan komunikasi yang baik antara kepala madrasah dengan seluruh warga madrasah, mulai dari guru hingga siswa, sangat mempengaruhi tercapainya tujuan pendidikan yang optimal.
Aspek kewirausahaan menilai sejauh mana kepala madrasah mampu berinovasi dalam menghadapi tantangan yang ada, serta menciptakan peluang baru untuk peningkatan kualitas pendidikan dan sumber daya yang ada.
Hasil prestasi yang dicapai oleh madrasah di bawah kepemimpinan Ibu Syah Fathi Azzatia juga menjadi perhatian utama dalam penilaian ini. Prestasi yang dimaksud meliputi pencapaian akademik siswa, keberhasilan program ekstrakurikuler, serta partisipasi dalam kompetisi-kompetisi pendidikan baik di tingkat lokal maupun nasional.
Setelah proses evaluasi selesai, Ibu Syah Fathi Azzatia mengungkapkan rasa terima kasihnya atas masukan-masukan yang diberikan oleh kedua pengawas. "Saya menerima semua evaluasi ini dengan hati terbuka, dan ini menjadi bahan bagi saya untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas pendidikan di MTs Al-Hadi II," ungkapnya.
Melalui kegiatan penilaian kinerja ini, diharapkan ada peningkatan yang signifikan dalam kualitas kepemimpinan di MTs Al-Hadi II. Penilaian ini juga menjadi bentuk komitmen madrasah untuk terus berbenah dan memberikan yang terbaik bagi siswa-siswa dan masyarakat sekitar.
Dengan adanya penilaian yang objektif dan menyeluruh ini, diharapkan MTs Al-Hadi II dapat terus maju, menjadi institusi pendidikan yang tidak hanya unggul dalam prestasi akademik, tetapi juga mencetak generasi yang berkualitas, mandiri, dan siap menghadapi tantangan masa depan. (DSL)
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H