Dolok Pusukbuhit, Samosir sejatinya adalah destinasi wisata rohani. Dolok, gunung itu adalah titik pusat kosmologi orang Batak. Di situ manusia pertama diturunkan Mulajadi Nabolon dari banua ginjang, khayangan ke banua tonga, bumi manusia.
Pusukbuhit itu adalah kiblat ritual asli bagi orang Batak. Ritual paling sakral di situ adalah mandudu, penyampaian doa permohonan dalam bahasa gondang di tengah malam kepada Mulajadi Nabolon, Pencipta Semesta. Lazimnya diikuti dengan mangalahat horbo, pengurbanan kerbau kepada Mulajadi Nabolon.Â
Mandudu aslinya dilakukan oleh penganut agama asli Batak, Ugamo Malim sekarang ini. Tapi dalam kenyataannya tak sedikit penganut agama Katolik dan Protestan yang mengikutinya. Sebab secara tradisi mereka tak bisa lepas dari penghormatan kepada ompu sijolo tubu, leluhur orang Batak.
Ritual di Dolok Pusukbuhit itu sudah dijalankan jauh sebelum masuknya agama Protestan (1864) dan Katolik (1934) ke Tanah Batak. Pelaku atau pesertanya tidak sebatas orang Batak yang berdiam di kaki gunung, semisal dari Sianjurmula-mula, Harianboho, dan Pangururan. Tapi juga orang Batak dari parserahan, tanah rantau, yang masih mengakui dirinya turunan Siraja Batak.Â
Kelak kehadiran orang Batak dari desa naualu, delapan penjuru angin, untuk mengikuti ritual di Pusukbuhit itu dimaknai sebagai wisata rohani. Fakta bahwa mereka telah menganut agama samawi, khususnya Protestan dan Katolik, bukanlah faktor penghalang. Sebab orang Batak tidak menabukan doa kepada Debata Sitolusada, Allah Tritunggal dengan perantaraan roh leluhur.
Kemudian hari berkembang pula aktivitas wisata rohani agama asli dan samawi. Parugamo Malim menjalankan ritual Sipahalima di Hutatinggi, Laguboti. Penganut agama Protestan -- HKBP, HKI, GKPI dan Gereja-Gereja Karismatik -- pergi berdoa ke Salib Kasih di Bukit Siatasbarita, Tarutung. Sekarang sedang dibangun pula Patung Kristus tertinggi di dunia -- untuk semua umat Kristiani -- di Bukit Sibea-bea, Harian, Kaldera Toba. Sementara umat Katolik membangun Gua Maria di Dolok Nagok, Palipi Samosir.
Itu semua potensi wisata rohani di lingkar dalam dan luar kawasan Kaldera Toba. Semua menarik untuk disigi. Tapi di sini hanya disorot potensi wisata rohani di lingkar dalam yaitu Pulau Samosir dan kawasan dinding kaldera itu.
Mandudu dan Mangalahat Horbo
Sebenarnya wisata rohani agama asli ke Dolok Pusukbuhit tak melulu mandudu. Ada juga bentuk lain, lazim dilakukan secara individu. Semisal berdoa di Batu Hobon atau di Batu Sawan, dua tempat yang dikeramatkan di Pusukbuhit.Â