Setelah Oktober lalu saya mengikuti talkshow yang diselenggarakan Kompasiana dan UANGKU bertema "What No One Tells You About Social Shopping", akhirnya saya mencoba pengalaman berbelanja online menggunakan aplikasi pembayaran non-tunai UANGKU.
Sekadar refresh ingatan, UANGKU adalah layanan uang elektronik berbasis mobile yang diterbitkan oleh PT Smartfren Telecom Tbk, dalam menyediakan solusi pembayaran yang aman dan nyaman.
Marketing Director UANGKU Fanny Verona yang menjadi narasumber utama pada talkshow tersebut memaparkan fakta yang kerap terjadi dalam transaksi jual-beli online.
Tidak hanya pembeli yang rawan ditipu tetapi juga penjual. Saking banyaknya pesanan yang masuk, penjual berpotensi tertipu jika tidak teliti mengecek bukti pembayaran yang ternyata bisa dipalsukan. Selain itu, human error mungkin sekali terjadi jika penghitungan atau pengecekan dilakukan secara manual.
Kalau kadung tertipu, kasus penipuan akibat transaksi jual-beli online melalui social shopping cenderung lemah dibandingkan dengan transaksi via e-commerce atau marketplace.
UANGKU berupaya menghadirkan solusi atas kekhawatiran keamanan bertransaksi social shopping. UANGKU menyediakan fitur Shopping Payment Request sehingga penjual maupun pembeli mendapatkan jaminan agar tidak mengalami penipuan.
Dari sisi pembeli, kita bisa memanfaatkan layanan Buyer Protection, yakni pembayaran akan dijamin dan dibayarkan ke penjual setelah pesanan diterima. UANGKU juga memberikan layanan Auto Confirmation untuk penjual, yaitu penjual akan langsung menerima konfirmasi pembayaran dari pembeli sehingga pembeli tidak perlu mengirimkan bukti pembayaran.
Dua layanan ini akan meminimalisasi potensi fraud atau penipuan yang melibatkan penjual bodong maupun pembeli dengan bukti pembayaran palsu.
Jadi, nggak perlu repot mengantri di ATM, melakukan konfirmasi pembayaran, memotret atau screencap bukti transfer, atau deg-degan pesanan dikirimkan atau tidak.
Apa yang dipaparkan Fanny ketika itu sesuai dengan pengalaman saya menggunakan UANGKU saat berbelanja online di merchant online shop terpercaya yang sudah bekerja sama dengan UANGKU.
Pertama, saya mengecek daftar online shop terpercaya pada website UANGKU yang sudah dikategorikan sesuai kebutuhan: Fashion, Makanan dan Minuman, Kecantikan, Home & Living, Aksesoris Gadget, dan Lainnya.
Saya tertarik memesan casing iPhone 5s di Pepperplum, online shop terpercaya yang menjual aksesoris gadget, setelah melihat foto-foto pada akun Instagram Pepperplum. Pilihan saya jatuh pada softcase Sparkle Star warna ungu seharga Rp70 ribu.
Saya chat Pepperplum melalui aplikasi LINE dan melakukan pemesanan. Saya menyampaikan bahwa saya akan membayar melalui UANGKU. Pepperplum ternyata sudah familiar dengan UANGKU karena tidak menanyakan lebih lanjut tentang pilihan pembayaran pesanan saya.
Setelah 3 hari (saya bertransaksi pada akhir pekan), saya menerima kiriman dari Pepperplum. Begitu bungkusan dibuka, pesanan saya sesuai dengan foto yang saya lihat di Pepperplum.Â
Selain itu, top up saldo UANGKU juga terbilang mudah, bisa secara tunai melalui cabang Smartfren di Sabang dan BSD untuk di Jabodetabek dan transfer melalui ATM, mobile banking, dan internet banking dari rekening bank apapun.
Saya berharap UANGKU memperbanyak kerja sama dengan online shop terpercaya supaya semakin banyak pilihan merchant-nya. Nggak hanya untuk pembayaran payment request tetapi juga bisa digunakan untuk top up saldo layanan ojek online dan membeli tiket bioskop.Â
Sukses selalu untuk UANGKU!
Twitter: @mswynnz
Facebook: Edwina Hidayah
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H