Mohon tunggu...
Mr WinG
Mr WinG Mohon Tunggu... Freelancer - guru

bersepeda

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Topik Bimtek Berikutnya

10 Agustus 2024   19:29 Diperbarui: 10 Agustus 2024   21:50 112
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Begitu masuk ke dalam aula utama, aroma kertas baru dan tinta yang kuat memenuhi udara, bercampur dengan wangi kopi hangat yang disiapkan di sudut ruangan. Para peserta, sebagian besar guru dari berbagai sekolah di Lampung, sibuk mengatur tempat duduk sambil berbincang hangat, menantikan sesi pertama dimulai. Suara-suara mereka yang riuh rendah menciptakan gelombang semangat yang menular di seluruh ruangan.

Acara ini, yang merupakan bagian dari pengabdian kepada masyarakat, dirancang untuk memperdalam pengetahuan dan keterampilan para guru dalam menyusun instrumen asesmen yang tidak hanya tepat guna tetapi juga relevan dengan kebutuhan siswa. Papan tulis di depan aula dipenuhi dengan diagram dan poin-poin penting, sementara proyektor menayangkan slide pembuka yang mencantumkan agenda hari itu.

Dokumen Pribadi
Dokumen Pribadi

Bimtek ini menghadirkan sejumlah narasumber  Dr. Nur Hanurawati,  Prof. Dr. Undang Rosidin, M.Pd , Dra. Nina Kadaritna, M.Pd, dan Santy Setiawati, S.Pd., M.Pd. 

Di akhir sesi, ketika diberikan kesempatan untuk menyampaikan topik yang mereka inginkan untuk Bimtek berikutnya, para guru dengan penuh semangat mengemukakan harapan mereka. Paiman , S.Pd I (Guru Pendidikan Agama Islam, SMAN 1 Semaka): Menginginkan Bimtek tentang pembuatan soal yang berbasis literasi dan numerasi.

Suciati, M.Pd. (Guru Bahasa Indonesia, SMAN 1 Semaka): Menginginkan Bimtek tentang Profil Pelajar Pancasila (P5).

Hana Ariesna, S.Kom, M.T.I (Guru Informatika, SMAN 2 Kotabumi): Menginginkan Bimtek tentang pembelajaran berdiferensiasi.

Santa Wella, S.Pd (Guru Pendidikan Fisika, SMAN 4 Metro): Menginginkan Bimtek tentang pelatihan motivasi siswa dalam meningkatkan literasi dan numerasi.

Ahmad Pujiadi, S.Pd., Gr. (Guru Matematika, SMAN 2 Kotabumi): Menginginkan Bimtek tentang cara membuat kisi-kisi instrumen asesmen dan cara membuat soal yang berkarakter serta berliterasi dan numerasi.

Fera Novrizawati, S.Pd., M.Pd (Guru Fisika, SMAN 3 Bandar Lampung): Menginginkan Bimtek tentang penyusunan instrumen.

Rahayu, S.Pd., M.Pd. (Guru Bahasa Inggris, SMKN 1 Marga Sekampung): Menginginkan Bimtek tentang workshop pembuatan media pembelajaran digital.

IIS Holilah, S.Si. M.Si. (Guru Kimia, SMA Negeri 14 Bandar Lampung): Menginginkan Bimtek tentang cara membaca dan menganalisis Rapor Pendidikan.

Romiyati, S.Pd., M.Si (Guru Kimia, SMAN 14 Bandar Lampung): Menginginkan Bimtek tentang cara membaca rapor pendidikan, sehingga dapat mengetahui konten apa yang belum dicapai secara maksimal.

Suwanti, S.Pd (Guru Matematika, SMA Negeri 3 Bandar Lampung): Menginginkan Bimtek tentang pembuatan soal yang mencakup literasi.

Fitria Damayanti, S.Si., M.M. (Guru Fisika, SMA Negeri 1 Pulau Panggung): Menginginkan Bimtek tentang membuat RPP IKM (Implementasi Kurikulum Merdeka).

Dr. Siti Afifatun, M.Pd (Guru Bahasa Inggris, SMPN 3 Tanjungraja): Menginginkan Bimtek tentang pengembangan instrumen yang lebih fokus.

Ana Armalia K, S.Si., Gr. (Guru Fisika, SMAN 1 Kelumbayan): Menginginkan Bimtek tentang pembuatan soal asesmen kompetensi literasi dan numerasi untuk mata pelajaran Fisika.

Siti Indasyah, S.Pd., M.Pd. (Guru Fisika, SMAN 5 Bandar Lampung): Menginginkan Bimtek tentang membuat instrumen soal berdasarkan literasi dan numerasi.

Melinda Pradesta, M.Pd (Guru Matematika, SMA Jannatun Naim): Menginginkan Bimtek tentang pembuatan soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) berdasarkan Kurikulum Merdeka.

Devie Ambarwati, S.Pd. M.Pd. (Guru Kimia, SMAN 1 Kibang): Menginginkan Bimtek tentang workshop pengembangan media pembelajaran digital.

Kiki Nuririski, M.Pd (Guru Pendidikan Biologi, SMA Jannatun Naim International College Boarding School Bandar Lampung): Menginginkan Bimtek tentang pembuatan soal HOTS.

Siti Rohamah, S.Pd. (Guru Fisika, SMA Negeri 1 Sumberejo): Menginginkan Bimtek tentang cara membuat soal literasi dan numerasi yang baik sesuai dengan mata pelajaran yang diampu.

Rina Mediasari, S.Pd., M.Si (Guru Magister Kimia, SMA S YP UNILA): Menginginkan Bimtek tentang dibimbing langsung sampai mahir dalam membuat soal AKM Kimia.

Amrina, S.Pd., Gr. (Guru Biologi, SMAN 3 Bandar Lampung): Menginginkan Bimtek tentang cara pembuatan soal HOTS yang mencakup literasi dan numerasi.

Siti Sunia, S.Pd (Guru Biologi, SMAN 8 Bandar Lampung): Menginginkan Bimtek tentang pengembangan soal terkait literasi dan numerasi untuk mata pelajaran yang diampu.

Nadya Intan Herawati, M.Pd (Guru Pendidikan Fisika, SMAN 8 Bandar Lampung): Menginginkan Bimtek terkait pengembangan soal literasi dan numerasi untuk mata pelajaran yang diampu.

Rachmawati, S.Pd (Guru Matematika, SMAN 8 Bandar Lampung): Menginginkan Bimtek tentang pengembangan soal literasi dan numerasi yang berkaitan dengan mata pelajaran yang diampu.

Rizqa Rahim Taufik, M.Pd. (Guru Pendidikan Kimia, SMA Jannatun Naim International College Lampung): Menginginkan Bimtek tentang pembuatan soal HOTS berdasarkan Kurikulum Merdeka.

Denny Harnova (Guru Biologi, SMAN 5 Bandar Lampung): Menginginkan Bimtek tentang pendidikan umum (belum spesifik).

Semua guru ini menunjukkan semangat yang tinggi untuk terus meningkatkan kompetensi mereka melalui Bimtek yang relevan dengan mata pelajaran dan tantangan pembelajaran yang mereka hadapi.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun