Di kehidupan kita pasti sudah tak asing dengan yang namanya iklan. Kita sering melihatnya baik di televisi, saat di jalan, atau bahkan mendengarnya di radio. Seiring perkembangan zaman, iklan tidak hanya dipasang di beberapa media eletronik dan massa saja, tapi juga di internet, baik dalam bentuk gambar diam maupun bergerak (animasi/video), saat kita menonton film di bioskop, atau di media yang bergerak seperti kendaraan.
Iklan sendiri tidak hanya berperan dalam memasarkan atau memperkenalkan produk berupa barang atau jasa ke khalayak umum, tapi juga berfungsi sebagai media kampanye dalam hal politik, atau himbauan kepada masyarakat. Ada berbagai macam jenis iklan, salah satunya adalah iklan komersial yang bertujuan untuk mendukung kampanye pemasaran suatu produk yang berupa jasa atau barang.
Ada salah satu iklan komersil yang menarik perhatian saya saat iklan ini ditayangkan di youtube.com. iklan ini sering muncul sebagai selingan saat hendak menonton video yang ingin kita tonton, yang lebih menarik perhatiannya lagi adalah konsep yang diusung di iklan ini. Ini adalah iklan telepon genggam terbaru yang dikeluarkan perusahaan elektronik asal Taiwan yaitu ASUS, yang bertujuan untuk memperkenalkan sekaligus memasarkan produk terbarunya ke masyarakat umum yaitu ASUS Zenfone Max.
Sekilas tentang ASUS Zenfone Max
Handphone ini nampak seperti handphone yang muncul di pasaran pada umumnya, berbentuk candy bar, dengan layar sentuh dan ukuran layar yang cukup besar. Namun disini aspek yang ditekankan atau kelebihan utama yang ditonjolkan adalah baterai telepon yang tahan lama saat pertama kali diisi, yaitu bisa bertahan sampai 38 hari. Hal ini menjawab kebutuhan bagi para manusia modern yang menginginkan telepon genggam yang tahan lama dengan fitur-fitur yang apik, sehingga tak perlu keluar dari rumah dan bingung dalam mencari colokan untukmengisi baterai telepon genggam ataupun membawa power bank.
Kupas Tuntas Iklan Low Battery vs Speed Rapper
Agensi : SuperHeroes, New York, USA
Executive Creative Director: Rogier Vijverberg
Art Director : Ola Syse, Arthur Manduapessy
Penulis Skenario : Elliot Stewart-Franzen, Dimitri Hekimian
Graphic Designer : Krister Lima, Sofie Nilsson
Produser Agensi : Severien Jansen
Sutradara : Teddy Cherim
Production Company : Fat Fred
Editor : Madja Amin, Martin Aggerholm
Komposer Musik : Ricky Cherim
Grading : Erik Verhulst
Desainer Suara : Wave Studio
PR & Social : GreatQuestion
Iklan ini menggunakan Youtuber Mac Lethal sebagai aktor di iklan ini.Mac Lethal sendiri adalah rapper dan penyanyi hip hop asal Amerika sekaligus pendiri dari Black Clover Records bersama dengan teman lamanya Jeremy Willis. Channel youtubenya bisa dicek disini.
Latar iklan ini dilakukan di sebuah supermarket yang merupakan tempat umum yang cukup ramai pengunjung. Pemilihan tempat yaitu di tempat sayur-sayuran dan buah-buahan dipilih karena tempatnya yang tidak terlalu tertutupi atau terbatasi oleh rak tinggi dan tempat sayur-sayuran ini dekat dengan pintu masuk sehingga mudah untuk mengambil gambar maupun menarik perhatian orang-orang. Dilihat dari orang-orang yang berpakaian tebal di iklan ini dapat diperkirakan syutingnya dilakukan di musim dingin.
Menurut J. Armstrong dalam buku Persuasive Advertising: Evidence-based Principles, teknik kamera tersembunyi dapat membantu dalam mengkomunikasikan bahwa terstimonial yang diberikan tanpa persiapan latihan sebelumnya. Kamera tersembunyi digunakan di dalam pengambilan gambar untuk menunjukkan reaksi nyata dari para pengunjung yang ada disana dan mendengar ucapan super cepat dari Mac Lethal, Dapat dilihat reaksi orang-orang yang melihatnya awalnya biasa, namun saat mendengar Mac Lethal berkata cepat mengenai apa saja yang harus ia beli untuk makan malam, reaksi dua orang wanita yang ada di sebelah Mac langsung berubah menjadi terkejut dan heran, Begitu pula dengan pengunjung lain yang lewat atau berada di sekitar sana. Saat Mac berkata ‘my phone die’ beberapa orang langsung melepaskan tawa mereka.
Jika dilihat iklan ini termasuk ke dalam iklan persuasif. Iklan persuasif sendiri memiliki ciri sebagai berikut:
- Menganjurkan orang untuk membeli.
- Mengubah persepsi/cara pandang konsumen.
- Membujuk konsumen untuk membeli sekarang.
- Membujuk orang untuk menggunakan barang/jasa yang ditawarkan.
- Mempersuasif khalayak untuk memilih merk tertentu.
- Bertujuan untuk menciptakan kesukaan, pereferensi, dan keyakinan sehingga konsumen mau membeli.
Unsur-unsur dari iklan ada beberapa, yaitu:
- Attention (perhatian), yaitu iklan yang baik harus dapat menarik perhatian masyarakat umum.
- Interest (minat), setelah perhatian maka harus ditingkatkan menjadi minat sehingga timbul rasa ingin tahu secara rinci dalam diri konsumen.
- Desire (keinginan), yaitu suatu cara untuk menggerakkan keinginan suatu konsumen.
- Conviction (rasa percaya), dimana dalam sebuah iklan harus ditunjang dengan berbagai kegiatan peragaan seperti pembuktian atau sebuah kata-kata.
- Action (tindakan), yang merupakan tujuan akhir dari produsen untuk menarik konsumen agar membeli atau menggunakan produk dan jasanya.
Di iklan ini sudah mencakup sebagian besar dari unsur yang ada diatas. Penggunaan konsep iklan yang menggunakan rapper sebagai lawan dari baterai telepon genggam yang lemah mampu membawa suasana yang menyenangkan bagi pengunjung yang ada disana maupun yang menonton. Hanya menunjukkan poin penting atau kelebihan utama dari produk ini di iklan membuat orang-orang akan penasaran lebih dalam mengenai fitur apa yang ada di dalamnya serta harga yang ditawarkan bagi telepon genggam ini. Selain itu orang juga akan tertarik dengan konsepiklan ini, siapa aktor yang ada di dalam iklan ini karena rapper super cepatnya. Dalam tujuan untuk menggerakkan keinginan konsumen sendiri dengan menunjukkan kelebihan produk dibanding produk pesaing atau produk yang sudah ada sebelumnya. Untuk membangun rasa percaya di diri konsumen sendiri, produk ini menjelaskan dengan kegiatan peragaan yaitu dengan menggunakan produk yang berada setingkat di bawah produk yang diiklankan/dengan menunjukkan kelemahan dari produk pesaing. Selain itu dijelaskan juga dengan kata-kata yang ada di beberapa detik menjelang iklan ini berakhir, yang merupakan kata-kata persuasif maupun kelebihan dari produk itu sendiri. Tinggal tindakan apa yang dilakukan oleh konsumen dari iklan ini, entah itu hanya sekedar menonton, mengapresiasinya, atau langsung memesan dan membeli dari produk ini.
Maksud dari iklan ini sendiri adalah agar orang-orang tidak bernasib sama seperti Mac Lethal, tidak harus melakukan rap saat hendak berbicara banyak namun baterai telepon genggam sedang kritis. Dengan memiliki Asus Zenfone Max yang memiliki daya tahan baterai hingga 38 hari atau 1 bulan lebih setelah diisi ulang, orang-orang (konsumen) tak perlu mengalami masa sulit semacam itu.
Kesimpulan
Seiring perkembangan zaman, iklan tidak hanya dipasang di beberapa media eletronik dan massa saja, tapi juga di internet, baik dalam bentuk gambar diam maupun bergerak (animasi/video). Iklan ada banyak jenisnya, salah satunya adalah iklan komersial, yang bertujuan untuk mendukung kampanye pemasaran suatu produk. Dalam melakukan iklan yang berupa gambar bergerak tentu tidak melupakan anatomi dari sebuah iklan seperti slogan, headline, ilustrasi,bahkan penggunaan teks yang baik dan benar. Penggunaan bahasa yang perusasif juga mampu mendorong minat dan perhatian konsumen dalam membeli produk tersebut. Terlebih lagi dengan menunjukkan kelebihan produk dibanding produk pesaingnya. Cara penyampaian iklan bergerak yang menarik tidak hanya mampu menarik minat konsumen dalam membeli produk, melainkan dalam menikmati iklan itu sendiri, dan bahkan hingga melakukan tindakan usai menonton iklan tersebut, baik itu mengapresiasinya maupun sampai membeli produk yang diiklankan.
Daftar Pustaka
Armstrong, J. Scott, 2010. Persuasive Advertising: Evidence-based Principles.Palgrave Macmillan
Chaney, David. 2009. Lifestyle: Sebuah Pengantar Komprehensif. Yogyakarta. Jalasutra
Webtografi
Asus Zenfone Max: Speed Rapper
www.adevee.com/2016/04/asus-zenfone-max-speed-rapper-pr-online/, diakses 30 Mei 2016 pukul 11:00
Contoh Iklan Persuasi
http://tommysyatriadi.blogspot.co.id/2013/04/contoh-iklan-persuasi.html, diakses 30 Mei 2016 pukul 20:00
Mac Lethal – Wikipedia, the free enyclopedia
https://en.wikipedia.org/wiki/Mac_Lethal, diakses 30 Mei 2016 pukul 23:00
PENGERTIAN IKLAN | JENIS IKLAN | CONTOH IKLAN http://www.lebahmaster.com/bisnis/manajemen-bisnis/pengertian-iklan, diakses 30 Mei 2016 pada pukul 12.00
Pengertian Penulisan dan Perbedaan antara Iklan Komersial & Non-Komersial – Welcome to My Dreamy Blog!
https://cecevy.wordpress.com/2014/10/04/pengertian-penulisan-dan-perbedaan-antara-iklan-komersial-non-komersial-2/, diakses 30 Mei 2016 pukul 20:45
Unsur-Unsur Iklan
http://www.mikirbae.com/2014/10/unsur-unsur-dalam-iklan.html, diakses 30 mei 2016 pukul 13.00
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H