Mohon tunggu...
Tutup Akun
Tutup Akun Mohon Tunggu... Operator - Tutup Akun

Tutup Akun

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Dasar-dasar Email Marketing

29 Agustus 2019   17:08 Diperbarui: 29 Agustus 2019   17:25 48
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Email marketing adalah salah satu media pemasaran yang paling efektif di Internet. Anda dapat menggunakannya untuk mempromosikan situs web Anda, untuk berinteraksi dengan pelanggan Anda, untuk menghasilkan uang dengan menawarkan afiliasi dan sebagainya. Namun, sebagian besar blogger dan pemilik situs masih mengabaikan email marketing.

Itu sebabnya saya memutuskan untuk menulis panduan singkat dengan semua yang perlu Anda ketahui untuk memulai email marketing. Nikmatilah.

Apa itu Email Marketing?

Email marketing adalah suatu bentuk pemasaran langsung yang menggunakan email sebagai media komunikasinya. pemasaran langsung adalah istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan bentuk-bentuk pemasaran segala sesuatu yang langsung ke target pemasaran, sehingga tidak melewati media periklanan konvensional, yang meliputi televisi, media cetak dan radio.

Pada dasarnya para marketer menggunakan email marketing dengan cara mengumpulkan alamat email dari prospek dan klien, kemudian marketer akan mengirim pesan email kepada mereka yang berisi informasi mengenai produk, penawaran khusus dan sebagainya. Namun marketer harus secara eksplisit meminta izin untuk mengumpulkan alamat email dan mengirim pesan-pesan email selanjutnya, dan ini biasanya dilakukan dengan cara double opt-in (di mana berlangganan harus mengisi formulir dengan nama dan alamat email, kemudian klik. Link konfirmasi dikirim lewat email).

Mengapa Anda Harus Menggunakan Email Marketing?

Dewasa ini email marketing mulai digunakan oleh berbagai individu, termasuk blogger, pemilik website, affiliate marketer dan pemilik usaha kecil. Hal ini terjadi karena email marketing terbukti ampuh menjadi salah satu jalur pemasaran yang paling efektif di jagat online.

Pesan email bisa dikirim langsung ke pelanggan ( berbeda dengan periklanan review post atau iklan banner yang mengharuskan orang untuk mengunjungi situs web Anda). Kedua, jika Anda rajin mengontrol newsletter email Anda, Anda akan mampu membangun hubungan yang solid dengan pelanggan Anda, dan anda juga akan menghasilkan tingkat konversi yang sangat tinggi (yaitu, pelanggan Anda akan memperhatikan apa yang Anda rekomendasikan untuk mereka, dan benar-benar akan mengambil tindakan berdasarkan kepedulian Anda terhadap mereka).

Akhirnya, email marketing sangat fleksibel, dan dapat digunakan untuk berbagai tujuan. Anda bisa menggunakannya untuk mengarahkan trafik ke situs Web Anda, untuk mempromosikan afiliasi, untuk membangun hubungan dengan pelanggan yang ada, dan untuk memulai proyek baru dan sebagainya.

Email Marketing BUKAN Spam

Banyak orang enggan untuk mulai menggunakan email marketing karena mereka mengasosiasikannya sebagai spam. Dengan kata lain, mereka percaya bahwa email marketing adalah seni spamming dan berusaha untuk menghasilkan uang dengan cara yang kotor. Ini jelas suatu kekeliruan antara alat dan bagaimana Anda menggunakan alat tersebut. Email marketing hanyalah sebuah alat pemasaran, jadi tergantung dari anda bagaimana cara menggunakan alat tersebut dengan bijaksana.

Di bawah ini Anda akan menemukan empat langkah sederhana yang harus Anda ikuti untuk memulai email marketing.

Langkah 1: Mendapatkan Software Email Marketing

Hal pertama yang Anda butuhkan adalah sebuah software email marketing. Artinya, sebuah perangkat lunak yang akan membantu Anda mengumpulkan alamat email, mengirim pesan kepada mereka, membuat auto-responder, mendapatkan statistik dan sebagainya. Pada dasarnya ada dua jenis perangkat lunak pemasaran email: self-host dan host.

Self-host berarti Anda harus menginstal beberapa software di server Anda sendiri. Pilihan ini hanya dianjurkan untuk orang dengan keahlian teknis dan punya waktu. Sedangkan Host adalah pilihan yang lebih baik untuk sebagian besar pengguna, karena anda hanya perlu login untuk mendapatkan layanan tersebut pada situs yang menyediakan layanan host untuk email marketing.

Ketika memilih sebuah situs email marketing, Anda perlu memperhatikan dua faktor: tingkat deliverability: memastikan email yang mereka kirim benar-benar mencapai pelanggan, dan fitur yang tersedia (misalnya, auto-responder, opsi penjadwalan dan sebagainya). Layanan email marketing yang memenuhi kedua faktor diatas salah satunya adalah Aweber.com

Langkah 2: Mendapatkan Pelanggan

Setelah Anda sign-up dengan sebuah situs layanan email marketing, Anda perlu untuk login ke account Anda, membuat daftar email pertama Anda, dan kemudian membuat bentuk web yang akan digunakan oleh pengunjung untuk berlangganan. Sebagian besar penyedia memiliki template yang sangat sederhana untuk membantu Anda membuat formulir, dan Anda hanya perlu men-drag & drop kannya.

Anda harus mempertimbangkan menampilkan formulir berlangganan Anda dalam dua tempat: di atas sidebar dan di bagian bawah postingan tunggal. Kedua tempat ini sangat mudah terlihat, dan biasanya mereka memiliki tingkat konversi tertinggi.

Ada satu hal yang dapat Anda lakukan yang secara drastis akan meningkatkan jumlah pelanggan yang akan Anda dapatkan, terlepas di mana Anda akan menampilkan formulir web Anda: anda harus menawarkan sesuatu yang gratis sebagai insentif bagi orang-orang yang bergabung menjadi pelanggan anda. Contohnya seperti ebook gratis, mp3, ataupun video.

Setelah Anda menyiapkan sesuatu yang gratis( misalnya, ebook), Anda hanya perlu menyesuaikan bentuk langganan Anda. Misalnya, Anda dapat menyertakan gambar cover e-book, dan buatlah headline yang dapat menarik perhatian orang (misalnya, "Berlangganan newsletter saya dan dapatkan e-book gratis!").

Membagikan ebook gratis sangat mudah. Yang harus Anda lakukan adalah meng-upload ke folder rahasia di dalam website anda, dan anda tinggal mengisi link download ebook gratis pada auto responder.

Langkah 3: Membangun Hubungan

Anda perlu memastikan bahwa Anda memiliki hubungan yang baik dengan pelanggan Anda. Jika seandainya mereka mengabaikan pesan Anda, bagaimana Anda mencapai hal yang Anda inginkan pada email marketing? Maka dari itu anda patut mengirimkan konten dengan kualitas terbaik yang ada dalam daftar Anda.

Email pertama berisi sebuah pesan perkenalan dengan link download ebook gratis. Email kedua harus dikirim 2 atau 3 hari setelah email pertama, berisi sesuatu yang sangat berguna bagi audiens Anda. Ini bisa menjadi tip yang akan membantu mereka memecahkan masalah, artikel yang bermanfaat, dan sebagainya. Email ketiga harus dikirim 7 hari setelah email kedua, dan harus berisi konten yang bermanfaat dan mencoba meraih kepercayaan awal dengan audiens anda.

Langkah 4: Mempromosikan Stuff Anda

Setelah email ketiga atau keempat, Anda seharusnya sudah memiliki hubungan baik dengan pelanggan Anda, sehingga Anda dapat mulai mempromosikan barang-barang Anda sendiri (misalnya, produk Anda, posting di blog Anda, menawarkan afiliasi dan sebagainya).

Misalnya, Anda bisa mengirim satu pesan promosi dengan diselingi dua atau tiga konten. Dengan cara ini pelanggan Anda akan tetap mendapatkan nilai dari pesan email Anda, dan mereka akan benar-benar berharap untuk menerimanya tiap minggu.

Itu dia! Jika Anda memiliki pertanyaan atau keraguan beritahu saya melalui komentar di bawah dan saya akan senang hati menjawabnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun