The time to relax is when you don't have time for it (Waktu untuk bersantai adalah ketika Anda tidak punya waktu untuk itu) - Sydney J. Harris
Apa  itu Work  Life  Balance  ?
Kata  -kata  diatas  memberi  motivasi  saya  untuk mencapai  Work  Life  Balance. Apa  itu  Work  Life  Balance?  Adalah  suasana  harmoni  antara  pencapaian  target  pekerjaan  secara  maksimal dan  bisa  mengatur  waktu  serta memiliki energy  yang  seimbang antara  kehidupan  pribadi, kehidupan  social  bermasyaraka, hidup  keluarga  / komunitas dan  kebutuhan  pribadi  untuk  bersantai  atau  rekreasi.
Work  Life  Balance  menjadi  cita-cita serta  harapan  bagi  banyak  orang. Menurut pengamatan  dan  pengalaman  saya  orang  yang mencapai  Work  Life  Balance  sudah  dimulai  sejak  dini, belajar  didalam  keluarga dan  sekolah. Keluarga  yang  membiasakan  anggotanya untuk  bisa  mengatur  waktu, disiplin, kerja  focus dan  mengusahakan  rasa  santai, akan  mudah  untuk  mencapai Work  Life  Balance.
Jika  dikeluarga  seorang  anak  dibiasakan  untuk  memberi  porsi  yang sama dan  seimbang pada  setiap acara  misalnya  belajar, berdoa, bekerja  membantu  orang  tua, bermain / berekreasi, bersosialisasi  dengan teman, maka  hal  tersebut  sudah merupakan fondasi  untuk mencapai  Work  Life  Balance  pada  masa  depannya  dalam  dunia  kerja  dan  kehidupan.
7  Kunci mencapai Work  Life  Balance Â
Belajar ( dok pri )
1. Membuat  jadwal, disiplin  dan  setia menjalankannya
Setiap  orang  pasti  punya  jadwal  mulai  dari  bangun  tidur hingga  malam  menjelang  tidur. Nah perlu  kita  membuat  jadwal  tersebut misalnya : mulai  bangun  tidur membersihkan  diri, dan  lingkungan  pribadi, berdoa /ibadat, makan  pagi, Olah  raga,  kerja, makan  siang istirahat, doa. Sore  hari  bersih  diri, santai, rekreasi atau  melanjutkan  pekerjaan.  Makan  malam, rekreasi, megerjakan  hobi/ nonton  Tv, berdoa  dan  tidur malam.
2. Fokus  pada  pekerjaan  atau tugas
Seorang  yang  Focus pada  apa  yang  dikerjakan  akan  menghasilkan kinerja  yang  maksimal  dan  memuaskan, serta  cepat  dalam menyelesaikan  sesuatu.
3. Tepat  Waktu
Mengerjakan  tugas  dan  pekerjaan  tepat  waktu  dan  tidak  menundanya, sehingga  pekerjaan  tidak  menumpuk. Pengalaman  saya, kalau saya  mempunyai  banyak  pekerjaan, justru saya  punya  banyak  waktu  untuk  mengerjakan  hobi  atau  yang  lain. Karena  saya  tidak  bekerja sesuai  dead line, tetapi  mengerjakannya  dengan  segera. Sehingga  yang  semestinya  saya  selesaikan dalam  5  jam, bisa  selesai  dalam waktu 3 jam. Nah kan  punya  waktu lebih  3  jam kan.
4. Bekerja  dengan  gembira, sepenuh  hati & Cinta
Jika  kita  bekerja  dengan  gembira  dan  sepenuh  hati, maka kita  akan  mengerjakannya  dengan  ringan tanpa  merasa  terbebani. Bekerja dengan  riang dan  sepenuh  hati  akan  menghasilkan terbaik. Dan  kitapun  selesai  bekerja  akan  merasa  puas, serasa  tidak  lelah  bahkan mendapat  energy  baru.
5. Membuat  Strategi  dan  munculkan  semangat
Sebelum  bekerja, kenalilah jenis  pekerjaan kita. Mulai  pikirkan  strategi apa  yang  akan  kita  terapkan  supaya  pekerjaan  kita cepat  selesai dan  kita  tetap  bersemangat. Kenalilah  diri  sendiri, apa  yang  membuat  pekerjaan menarik  dan  cepat  selesai  karena  kita  kerjakan  dengan baik.
Semisal  saya  sebagai  Kepala  sekolah  mesti  mengerjakan  pekerjaan  yang  monoton  tanda  tangan  Raport, Foto  Copy  Ijazah, dll, jumlahnyapun  banyak 1500- 2000  tanda  tangan, bosan  kan. Namun  saya  tahu, saya  tidak  akan  bosan  kalau saya  melakukannya  dengan mendengarkan  musik. Nah  lakukanlah  maka pekerjaan  akan  cepat  selesai, dengan  qualitas  tanda  tangan  yang  sama, rapi  dan  cepat selesai.
6.  Buatlah  selingan yang  membahagiaan, yang  mendatangkan kegembiraan.
Quote "  Carilah  kerajaan  Allah  dahulu, maka  segalanya  akan  ditambahkan  padamu. "  hal  ini  benar  kurasakan. Sesibuk  apapun dan ada pekerjaan  yang  harus saya  kerjakan, namun  disisi  lain  ada  undangan / Acara  peribadatan misalnya  kharismatik, doa /ibadat  Arwah yang mendadak, Pendalaman  Iman  Masa  Advend, Prapaskah. Biasanya  saya  tinggalkan  pekerjaan  saya dan  saya  mendahulukan undangan  itu. Dan  biasanya  saya  dimudahkan  untuk  menyelesaikan pekerjaan  selanjutnya.
7. Buatlah  keseimbangan  antara  Doa/ bersyukur, kerja, rekreasi  hidup
bersosial, santai  dengan  teman , keluarga, komunitas. Maka  keadaan  kita  akan  seimbang dan  bahagia  tak  terhingga karena  kita menjalaninya  dengan  suka cita, ringan  tidak  terburu-buru  dikejar  waktu.
Sebagai  seorang  biarawati sejak  muda  hingga  kini  sudah  diterjunkan dengan  pelbagai  jenis  pekerjaan yang  berupa  tugas  pokok  dan tambahan. Semisal saya  pernah  mengajar  kelas  5  dan 6  masing-masing  4  paralel, ditambah  mengajar Agama di  SD Negeri, SMP  Negeri 1,2,3 digabung  setiap  hari  Jumat, sore  mengajar  anak --anak yang  sekolah  di  Negeri ada  2  tempat  di desa  Bendan (  untuk  Selasa  sore) dan  Stasi  Batang (  Rabu  sore ), masih  ada  tugas  tambahan  dibiara,itu  berlangsung  7  tahun.
Dengan  tugas  yang  padat  itu  saya  terbiasa mengatur  jadwal  dan  disiplin, sehingga pekerjaan  selesai  dan  lancar, hidup  komunitas terjalin, hidup  doapun  terpenuhi  dengan  baik.
Maka saya  sebagai  yang  diberi  tanggung  jawab, menerima, sebagai  anugerah dan  mohon  bantuan  rahmat  Tuhan  untuk melaksanakannya dengan  penuh  tanggung  jawab.Sekaligus  saya  menguji  diri  sendiri, apakah  saya  mampu  mengembangkan  talenta  yang  dianugerahkan Tuhan  kepadaku ?
Setelah  7  tahun tugas  mengajar  di  Pekalongan saya  hijrah  ke  Jakarta, kuliah sambil mempersiapkan pendirian  Sekolah  TK  dan  SD Notre Dame yang  baru  berdiri. Seusai kuliah  langsung jadi  Kepala  Sekolah, dengan  mengajar, membersihkan  sekolah  sendiri.
Sesudah  itu  kembali  bertugas  di  Pekalongan di  Sekolah  lagi, 2 tahun  trus  melanjutkan  kuliah  dan  bertugas  di  Kupang hingga 6 tahun, dari  Kupang  langsung  ke  England  selama  2  tahun, belajar dan punya  tugas  di biara  dan  menolong  di  Sekolah, dari  England lanjut  ke Roma  untuk  kursus jadi  Formator.
Maka  tugas sayapun  menjadi  bervariasi  dan  siap  sedia  untuk  diutus kemanapun. Semisal  tugas  saya  sebagai  guru tapi  pernah  diberi tugas sebagai  Sekretaris  Provinsi selama  3  tahun, kembali  ke Sekolah  lagi menjadi Kepala  SD, 7  tahun, ditugaskan menjadi  Kepala  SMP 3 tahun.
Kemudian  diutus  ke  Philipina bergabung  dengan  komunitas  internasional untuk  membimbing, mendidik  para  calon  suster  dari  pelbagai negara di Asia selama  3 tahun. Kembali ke tanah  air, mengajar di  SMA  Fides dan  menjadi  Ibu  Asrama  Putri di  Kefamenanu, 11  bulan. Tugas  belum  selesai, dipilih  untuk  menjadi  pelayan  para  Suster  selama  6  tahun ya  saya  jalani saja dengan  penuh  rasa  syukur.
Semoga  sharing  dan  tips yang  saya  ungkapkan  dapat  membantu  para  pembaca  untuk  mencapai  Work  Life  BalanceÂ
Oleh  Sr. Maria  Monika SND
29 Januari, 2021
Artikel  ke  251
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H