Mohon tunggu...
MONICA APRILLIA
MONICA APRILLIA Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Nama : Monica Aprillia Nim, NIM : 46121120044, Mata kuliah : Kewirausahaan I, Dosen : Prof. Dr. Apollo, Ak., M.Si. Program Studi S1 Psikologi Universitas Mercubuana Jakarta.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

K10_Porter's Generic Strategy

12 Mei 2023   09:24 Diperbarui: 12 Mei 2023   09:27 136
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Strategi generic Porter's

Menurut Porter (2011), berpendapat bahwa strategi bersaing adalah pencarian posisi persaingan yang menguntungkan dalam suatu industri, arena fundamental dimana persaingan terjadi. Strategi bersaing bertujuan untuk menetapkan posisi yang menguntungkan dan berkelanjutan terhadap kekuatan-kekuatan yang menentukan persaingan industri. Keunggulan kompetitif pada dasarnya berkembang dari nilai yang mampu diciptakan perusahaan untuk pembelinya yang melebihi biaya yang harus dikeluarkan perusahaan.

Proposal Bisnis Warmindo and Black Chicken

Warung makan Indomie atau lebih sering di kenal sebagai Warmindo adalah salah satu kedai yang sudah tak asing lagi di telinga. Dengan makanan yang berbasis pada Indomie semua kalangan dapat menikmati dengan harga yang sangat terjangkau, dengan adanya konsep kekinian yang kami tawarkan akan menambah experience bagi para pelanggan. Di samping kami memadukan antara kearifan lokal dengan makanan yang kami tawarkan dengan resep tersendiri  yaitu black chicken Japanese yang unik tetapi mempunyai rasa yang lezat.

1. Strategi Kepemimpinan Biaya (cost leadership strategy)

Menjadi produsen barang dan jasa berbiaya rendah, atau membantu menurunkan biaya bagi pemasok dan pelanggan, sehingga pesaing memiliki biaya produksi yang lebih tinggi.
Dengan harga bahan baku yang terjangkau dan mudah maka kami pun menawarkan harga jual yang ramah kantong.

Harga Produksi  1 porsi Mie
 - Mie Instan:  Rp. 2800
 - Topping:  Rp. 1000 -- Rp. 3000 (tergantung banyaknya topping)
 - Oprasional:  Rp. 1500

Sehingga secara total minimal modal yang kami keluarkan dari 1 porsi adalah sekitar kurang lebih Rp. 7000  dan harga jual yang kami tawarkan adalah Rp. 10.000

Harga yang kami berikan ini sudah lebih murah dari harga dikebanyakan tempat, karena biasanya ditempat lain atau tempat yang selevel dengan tempat jualan kita, menjual indomie dengan harga 15 rb itu hanya indomie saja polos tidak memakai apa-apa.

Harga Produksi  1 porsi Rice bowl Black Chicken Japanese
 - ayam 1 Kg Fillet:  Rp. 40,000 ( perporsi digunakan 100 gr)
 - ayam fillet 100 gram:  Rp.  4000
 - Tepung black:  Rp.  2000
 - sauce:  Rp.  2000
 - nasi:  Rp.  3000
-  Oprasional:  Rp   5000

Sehingga secara total minimal modal yang kami keluarkan dari 1 porsi adalah sekitar kurang lebih Rp. 16,000  dan harga jual yang kami tawarkan adalah Rp. 25,000

Untuk rice bowl juga sama kita memberikan harga yang low price karena biasa ditempat lain yang bisa dibilang tmpat jualannya setara dengan kita itu bisa menjual diharga sekitar 32.000 -- 35.000.

2. Strategi Diferensiasi (differentiation strategy)

Dalam strategi diferensiasi ini, perusahaan harus berusaha membuat produk yang memiliki perbedaan yang memiliki nilai tambah yang dibutuhkan konsumen dan unggul dalam persaingan serta mampu memberikan solusi atas permasalahan konsumen.

Dalam hal ini yang membuat unggul usaha kami atau beda dari yang lain, yaitu kami memiliki beragam menu baru yang berinovatif sehingga pelanggan yang dating tidak bosan dengan menu yang ada mulai dari makanan dan minuman kami selalu mengupdate menu -- menu baru. 

Serta harga yang kami tawarkan pun bisa dibilang ramah kantong dan kamipun menghadirkan konsep yang cukup memadai  yang menghadirkan kesan yang nyaman dan merakyat.

3. Fokus (focus)

Strategi untuk fokus membidik segmen pasar yang lebih sempit. Strategi ini dimaksudkan untuk melayani kebutuhan konsumen yang jumlahnya relatif kecil dan tidak terlalu terpengaruh oleh harga. 

Dalam strategi ini, perusahaan menghentikan usahanya dengan melayani sebagian kecil segmen pasar dan tidak melayani pasar secara luas. Upaya ini dilakukan dengan mengidentifikasi secara detail pasar sasaran dan menerapkan keunggulan biaya atau diferensiasi keseluruhan pada segmen kecil tersebut.

Fokus dari usaha kita ini adalah makanan yang berjenis mie atau makanan ringan yang banyak diminati dari anak kecil hingga orang dewasa. Target pasar kami berfokus kepada anak sekolah, anak remaja, pengguna jalan, dan pegawai kantoran. Dimana lokasi tempat kami berjualan ini berada dipusat kota yang dikelilingi oleh perkantoran dan juga sekolah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun