Dalam membangun suatu bisnis, seseorang pasti ingin mempromosikan produknya dengan maksimal sehingga produknya dapat diminati dan mendatangkan keuntungan bagi bisnis. Dunia digital telah memudahkan proses promosi bisnis karena lebih efektif dan efisien.
Penggunaan web merupakan salah satu bentuk promosi yang dapat digunakan untuk promosi bisnis. Namun, sebelum menggunakan web, kamu harus tau hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam membangun sebuah web. Terdapat istilah SEO dan SEM yang perlu kamu ketahui.
Apa itu Search Engine Optimization (SEO)?
Search Engine Optimization (SEO) merupakan proses mengoptimalkan peringkat pada halaman dan di luar halaman website untuk mencapai peringkat yang tertinggi pada mesin telusur seperti Google.
Hal ini merupakan aktivitas merancang, menulis, dan HTML coding pada situs website untuk memaksimalkan kesempatan halamannya akan muncul di bagian atas hasil mesin pencari dengan menggunakan kata kunci yang dipilih.
Mengetahui Algoritma SEO
Algoritma SEO sifatnya sangat rahasia, hanya karyawan tertentu dari perusahaan mesin telusur yang mengetahui dengan pasti algoritma SEO. Algoritma SEO terus berubah, diubah dan diperbarui. Situs Web dan dokumen yang sedang dicari juga terus berubah. Algoritma SEO sangat bervasiasi, biasanya ada pada halaman yang popular.
Strategi SEO yang baik
- Riset kata kunci dan frase pencarian yang diinginkan
- Identifikasi frase pencarian untuk target. Kata tersebut harus relevan dengan bisnis atau pasar
- Pelajari pesaing (situs web pesaing) dan mesin pencari
- Penerapan pembangunan tautan yang berkualitas serta tambahkan Konten Berkualitas
- Pemantauan peringkat secara konstan untuk istilah penelusuran yang ditargetkan
Â
Apa itu Search Engine Marketing (SEM)?
Search Engine Marketing (SEM) merupakan bentuk pemasaran pada internet. Istilah umum SEM adalah mencakup pengertian SEO dan PPC. PPC merupakan singkatan dari Pay Per Click yang digunakan untuk membeli jalan ke daftar pencarian berbayar. Sebagian besar bentu SEM adalah kampanye atau iklan dan kegiatan PPC.
Perbedaan SEO dan SEM
SEO digunakan untuk membangun web agar bagus dan menarik audience. Ada berbagai hal yang perlu diperhatikan didalam SEO seperti target group, content, marketing, dan sebagainya. Â Setelah semuanya sudah dikelola, kita berlanjut ke SEM.
SEM merupakan strategi pemasaran untuk web yang sifatnya berbayar. Hal tersebut dilakukan oleh web agar dapat tampil diurutan teratas ketika audience melakukan penelusuran. Pada SEM kita juga mengenali istilah Pay Per Click (PPC) yaitu ketika audience membuka laman web, web tersebut harus membayar sejumlah uang kepada mesin telusur.
SEM dapat digunakan sevagai analitycal service yaitu membaca data audience. Terdapat beberapa mesin analisis yang berfungsi untuk tracking terkait dengan data audience maupun informasi lain yang berkaitan dengan audience. Mesin analisis tersebut antara lain ialah,
- Google analytic
- Facebook business
- Twitter analytic
- Instagram business
Pentingnya Mengoptimalkan PencarianÂ
Tujuan dari pengoptimalan pencarian adalah untuk memunculkan kata kunci kedalam kotak pencarian yang teratas. Hal ini sangat penting untuk membantu suatu bisnis agar produk yang dipromosikan dapat muncul dipencarian teratas.
Ketika seseorang mengetik kata kunci ke dalam kotak pencarian, hanya ada dua kemungkinan, yakni menemukan bisnismu atau menemukan pesaing bisnismu. Oleh karena itu pemilik web harus merancang sedemikian rupa untuk mengoptimalkan webnya. Pada dasarnya mengelola web bukanlah hal yang mudah dan butuh pembelajaran yang panjang.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H