Pulau Timor merupakan pulau kecil yang sangat kaya akan istilah bahasa atau ungkapan dalam kehidupan sehari-hari. Istilah-istilah itu langsung melekat dan nyata dalam kepribadian orang timor yang ada di Nusa Tenggara Timur.
Salah satu istilah yang melekat dalam bangsa ini yakni budaya gotong royong. Pada masyarakat ketimoran terdapat bahasa  hanuf nua' raroe' mese' dalam bahasa dawan yakni  dua bahu satu beban merupakan spiritualitas kerja  berdimensi sosial  yang mendorong orang timor dalam melakukan kegiatan sehari- hari secara gotong royong. Baik kegiatan yang dilakukan dalam  keluarga dengan keluarga maupun keluarga dalam masyarakat.
Budaya kerja Hanuf Nua Raroe' Mese' merupakan cerminan hidup manusia yang terpanggil bekerja untuk dirinya dan terutus bagi orang lain dalam hidup bersama di masyarakat.
Allah menciptakan manusia yang begitu sempurna dengan dua bahu agar dapat difungsikan saat bekerja.Mengapa Allah tidak menciptakan manusia dengan satu bahu saja? Atau tiga bahu sekaligus bahkan empat?
Tentu saja anda dan saya patut mensyukuri pemberian Allah yang sempurna ini dan bermakna bila manusia secara pribadi memahami bahwa satu bahu akan pincang disaat memikul beban dan tiga bahu tentu satunya tidak berfungsi. Dalam tradisi orang timor bahwa dua bahu melambangkan dua keluarga dalam kehidupan keluarga. Dimana kedua bahu dapat memikul beban berat maupun ringan.
Kegiatan yang selalu dilakukan secara bersama telah menjadi sebuah budaya yang melekat. Seperti dituturkan Kahlil Gibran dalam bukunya Kata-Kata Mutiara ; Â "Jika aku menulis pada pintuku : " Lepaskan tradisimu diluar, sebelum masuk ke dalam," tak ada jiwa yang sudi mengunjungiku atau mengetuk pintuku.
Tentu sang penyair membuka hati kita bahwa tradisi sesungguhnya selalu ada dalam hidup bersama dan berbudaya.
 Tanpa tradisi alangkah baiknya kita hidup sendiri menyepi tanpa orang lain agar tidak terganggu dan dipengaruhi. Tetapi sejak manusia diciptakan Allah telah melihat bahwa tidak baik kalau manusia hidup seorang diri.
Spiritualitas "Hanuf  Nua Raroe' Mese' merupakan sebuah dorongan dan motivasi yang datang dari dalam diri dalam melaksanakan sebuah pekerjaan. Baik pekerjaan berat atau ringan yang dilaksanakan dengan nurani dan menjadi ringan dalam proses penyelesaiannya.
Tentu saja spiritualitas hanuf nua raroe' mese' adalah mesinnya budaya gotong royong yang terlaksana dalam diri dan kehidupan masyarakat.
Sebelumnya saya menjelaskan apa itu Hanuf  Mese. Hanuf  Nua menggambarkan pribadi manusia  yakni Hanuf artinya bahu dan nua artinya dua.
Pada diri manusia terdapat dua bahu  yang diciptakan oleh Allah sebagai yang sempurna dalam kehidupannya. Istilah hanuf nua mengandung banyak nilai budaya pada masyarakat. Dimana dalam etika perkawinan orang timor memberikan sebuah makna kekeluargaan yang mengikat kedua pasangan agar mampu memperhatikan kedua  keluarga. Baik keluarga perempuan maupun keluarga laki-laki yang sama beratnya.
Hal ini ada pada perkawinan patrilineal maupun perkawinan matrilinel. Ketika seorang anak perempuan atau laki-laki berkunjung pertama selalu muncul bahasa orang tua "haunma matua' artinya bahu harus ada beban bukan jalan kosong itu tidak tahu adat.
Bahasa ini menjadi dorongan dan panggilan jiwa akan kekeluargaan bahwa  dalam perhelatan keluarga oleh-oleh yang pantas dan sesuai keadaan yang harus dibawa bukan jalan kosong.
Kadang orang tua melepaskan emosi dengan kalimat " sampai disana orang lihat dari ujung kaki sampai ujung rambut". Itu berarti jalan tanpa beban dan masih anak-anak.
Spirit kerja hanuf mese' raroe' mese' menjadi cermin hidup pada masyarakat dalam melaksanakan pekerjaan-pekerjaan yang berat maupun ringan. Â Hal tersebut nampak dalam masyarakat terlihat dalam kegiatan pertanian baik di lahan kering maupun lahan basah, Â kegiatan pengerjaan rumah penduduk, kegiatan gerejani, kegiatan pemerintahan, rumah adat maupun pekerjaan lainnya yang menuntut kebersamaan. Â Hanuf nua raroe' mese' lahir dalam diri orang timor sejak nenek moyangnya menghuni wilayah timor.
Ada beberapa bentuk hanuf nua raroe mese dalam kehidupan masyarakat di nusa tenggara timor umumnya dan khususnya orang dawan yang ada dibumi pulau timor yakni :
-
Dok. Pribadi
- Sedangkan Serbius arinya pekerjaan dan mese berarti satu. Jadi Meup tabua serbius mese merupakan suatu bentuk kerja sama dalam sebuah pekerjaan. Entah itu pekerjaan berat atau ringan adalah menjadi tanggung jawab bersama dalam memulai sampai selesainya pekerjaan tersebut.
- Hal tersebut biasanya dilakukan dalam membersihkan kebun atau sawah atau pun dalam membangun rumah adat atau rumah penduduk. Pekerjaan yang dilakukan melibatkan satu suku atau beberapa suku dalam satu perkampungan atau wilayah pedesaan. Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â
- 2. Â Ma' tatuan (Saling membantu). Ma' tatuan berasal dari kata bahasa dawan yang artinya saling membantu dalam meringan beban sesama tanpa menuntut sebuah balasan dari orang yang dibantu. Secara nurani kita memberikan bantuan kepada keluarga atau tetangga dalam pekerjaannya. Ma'tatuan tidak diharuskan tetapi secara sadar dan mau membantu orang lain dalam sebuah pekerjaan.
- 3. Kmanaek (Membantu dengan ikatan membalas) Kmanaek berasal dari kata bahasa dawan yang artinya saling mengikat dalam pekerjaan. Bahwa dalam sebuah pekerjaan yang menuntut sebuah balasan dari orang yang dibantu tanpa perjanjian tertulis tetapi secara lisan pekerjaan itu mengikat kedua belah pihak agar tidak nampak memeras orang lain.
- Tetapi ketika kita membantu orang lain pasti orang lain akan membantu kita. Jadi pekerjaan dilakukan secara timbal balik dan saling menguntungkan kedua belah pihak.
- Contoh arisan belis anak. Ketika saya punya anak mau antar belis maka terlebih dahulu saya mengumpulkan keluarga dan atau tetangga untuk kumpul sejumlah uang yang ditulis dalam sebuah buku catatan keluarga.
- Pada akhirnya antar belis lagi untuk anak anggota arisan itu maka saya akan lihat catatan itu dan membawa sesuai dengan catatan itu. Bahkan saya bawa lebih sekaligus memberikan ikatan baru dari awal arisan itu. Umpama dia bawa Rp.250.000,- maka saya bawa kembali Rp. 250.000,- atau Rp 350.000,-
- Kedua : Hanuf  Nua  Raroe' Mese' menjadi awal terbentuknya Gotong Royong. dimana orang Bani-Bani sejak dua ribu tahun silam telah ada budaya gotong royong yang dibuktikan dengan sebuah ksadan  Kufeu atau bakinaek Kufeu  atau kumpulan batu yang tersusun rapih di kufeu dengan proses pengambilan dengan jarak sekitar empat sampai lima kilo meter. Rakyat pada jaman dua ribu tahun silam berbaris dan mengestafetkan batu dari Manumutin Silole sampai Kufeu di puncak bukit. Batu-batu itu disusun secara rapih berbentuk sebuah kuburan yang sampai hari ini masih diperingati dalam upacara Na' Sasau' Noah Masi'. Kerja sama yang baik ini hendak menceritakan kepada kita bahwa " Jika anda ingin berhasil membangun sesuatu bangunan maka berusahalah membangun kerja sama  agar bisa sama-sama kerja membangun sebuah mimpi yang besar".
- Hanuf Nua Raroe' Mese' yang artinya dua pundak bahu satu pikulan memberikan makna kepada kita bahwa seseorang tidak mungkin memikul barang yang berat sekali tetapi ketika dua orang atau lebih pasti barang yang berat sekali pun menjadi ringan. Hal ini nampak dalam kehidupan masyarakat Timor secara umumnya dan di Bani-bani secara khusus selalu nampak kerja sama dalam bentuk apa saja. Â Budaya kerja sama bagai mengakar dalam diri orang timor sebagai bagian yang tak terpisahkan. Budaya kerja sama ini selalu diawali dengan komunikasi timbal balik melalui makan sirih pinang atau di sebut pua' loet. Sehingga kadang orang mengatakan bahwa mau kenal orang timor itu gambang yakni kalau bibir memerah bukan pakai bibir merah (Dijual ditoko) tetapi karena sirih pinang itu berarti orang timor.
- Spirit Hanuf Nua Raroe' Mese' membangunkan kita dalam kebersamaan yang telah lama ada dan membudaya dalam pribadi orang timor harus terus dipupuki agar budaya ini tak luntur ketika transformasi budaya asing menghujani hidup kita yang pada akhirnya lupa diri.  Anda dan saya tengah berada  dalam arus modernisasi global yang serba digital tentu tidak asing dengan budaya luar tetapi mempertahankan budaya asli merupakan mempertahankan tradisi yang adalah harkat dan martabat sebuah daerah. Bahwa itu adalah pribadi kita yang telah menjadi satu kesatuan di tanah timor yang telah menghidupi orang timor. ***                                                                                          Â
- Fatuknutuk, 22 September 2019 Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Oleh : Yakobus Molo Dini
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H