Mohon tunggu...
Moh Fery Fauzi
Moh Fery Fauzi Mohon Tunggu... Dosen - Penulis dan Pengajar Bahasa Arab

Penulis dan Pegiat Pembelajaran Bahasa Arab

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Tim Dosen Jurusan Sastra Arab Universitas Negeri Malang Sukses Gelar Pelatihan Penulisan Bookchapters

8 September 2021   20:30 Diperbarui: 8 September 2021   20:47 669
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sabtu (28/08), pelatihan pendampingan penulisan bookchapter bagi guru se-Malang Raya telah sukses diselenggarakan oleh Tim dosen prodi Bahasa Arab Universitas Negeri Malang. 

Kegiatan ini merupakan Kerjasama antara Jurusan Sastra Arab Universitas Negeri Malang (JSA UM) dengan lembaga penerbitan Lisan Arabi. Pelatihan yang dihadiri oleh puluhan guru Bahasa Arab di wilayah Malang Raya tersebut menghadirkan 5 narasumber, yaitu Dr. Muhammad Kholison, M.Pd.I sebagai direktur Lembaga penerbitan Lisan Arabi, dan 4 dosen JSA UM yaitu Prof. Dr. Nurul Murtadho, M.Pd., Dr. Irhamni, M.Pd., Dr. Muhammad Alfan, M.Pd., dan Moh. Fery Fauzi, S.Pd., M.Pd.I. 

Pendampingan penulisan bookchapter ini merupakan salah satu wujud dari kegiatan Tridharma Perguruan tinggi yang rutin dilakukan dan mengusung tema pengalaman mengajar di era covid-19 bagi guru Bahasa Arab. 

Kegiatan ini dilakukan secara daring serentak dari kediaman masing-masing narasumber dan peserta. Meskipun dilakukan secara daring, acara ini sukses dilakukan dan tidak mengurangi manfaat yang disampaikan.

Kegiatan dibuka oleh ketua Jurusan Bahasa Arab, Dr. Hanik Mahliatussikah, S.Ag., M. Hum dan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh kelima narasumber. Dr. Muhammad Kholison menyampaikan tentang peluang menulis dan menerbitkan buku bagi guru Bahasa Arab di masa pandemi. Dr. Muhammad Alfan, M.Pd menyampaikan materi tentang implementasi model kreatif produktif dalam pembelajaran Bahasa arab online. Prof. Dr. Nurul Murtadho menyampaikan materi tentang menyusun perencanaan pembelajaran Bahasa arab online.

Dr. Irhamni memaparkan tentang integrasi pikiran dalam pengembangan paragraf, sedangkan Moh. Fery Fauzi, S.Pd., M.Pd.I menjelaskan mengenai pemanfaatan IoT dan Big Data dalam Pembelajaran Bahasa Arab Online. Di akhir pemaparan materi, dibuka sesi tanya jawab. Para peserta yang terdiri dari para guru Bahasa Arab dari berbagai wilayah itu pun aktif mengajukan pertanyaan.

Dr. Irhamni menyampaikan tentang pengembangan paragraf dalam menulis bookchapters. Ide dapat bersumber dari mana saja, dari pikiran diri sendiri maupun orang lain. 

Dapat pula bersumber dari faktor-faktor eksternal seperti waktu, tempat, orang, situasi, serta kondisi. Pikiran-pikiran ini dapat diintegrasikan menjadi paragraf dalam sebuah tulisan. 

Ada beberapa wujud integrasi yang dijelaskan, antara lain: definisi, klarifikasi, deskripsi, kesimpulan, sebab-akibat, perbandingan, narasi, dan prosedur atau proses. Dengan mengikuti alur integrasi pikiran tersebut, para peserta pelatihan diharapkan lebih mudah dalam menulis bookchapter.

Sementara itu, istilah Internet of Things (IoT) dan Big Data kerap kali terdengar dalam kurun waktu terakhir. Percepatan teknologi, khususnya di bidang teknologi informasi dan komunikasi, tidak luput dari perhatian tim dosen JSA UM untuk mengembangkan pembelajaran berbasis teknologi. Sebagaimana dijelaskan dalam pelatihan tersebut, Internet of Things (IoT) didefinisikan sebagai konsep yang menghubungkan semua objek fisik di kehidupan sehari-hari ke Internet. 

Adapun Big Data mengacu pada data yang sangat besar, cepat atau kompleks sehingga sulit atau tidak mungkin untuk diproses menggunakan metode tradisional. 

Dengan memanfaatkan teknologi yang ada, tim dosen JSA UM ini memberikan bimbingan dan ilmu baru bagi para guru Bahasa Arab sehingga pembelajaran Bahasa Arab dapat berkembang secara dinamis, serta memberikan warna baru.

Pembelajaran bahasa Arab secara daring akan semakin baik, jika diawali dengan perencanaan pembelajaran yang baik sebagaimana disampaikan oleh Prof. Dr. Nurul Murtadho, M.Pd. Selain itu, Dr. Muhammad Alfan, M.Pd. menyarankan kegiatan pembelajaran daring yang cenderung banyak penugasan dan belajar mandiri, bisa disiasati dengan model pembelajaran yang kreatif produktif seperti membuat puisi bahasa Arab yang didesain seperti flyer atau poster dan diunggah di media sosial Instagram yang sudah disiapkan.

Kegiatan ini memberikan tambahan bekal skill dan keterampilan para guru bahasa Arab dalam mengajar di masa pandemi Covid 19 secara daring. Selain itu, para peserta juga diberi tugas untuk menulis artikel berbasis pengalaman mengajar bahasa Arab secara daring di masa pandemi Covid 19. Artikel yang masuk kemudian diseleksi oleh tim dosen.

Artikel yang layak, akan masuk tahap selanjutnya yaitu proses editing, layouting, dan publishing dalam bentuk bookchapters ber ISBN. Setelah buku dicetak, peserta akan mendapatkan karya bookchapters.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun