Mohon tunggu...
Mohammad Riadussolihin
Mohammad Riadussolihin Mohon Tunggu... Guru - Guru

Guru di SMKN 1 Gunung Jati

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice

8 Maret 2024   13:58 Diperbarui: 8 Maret 2024   14:01 71
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

BEST PRACTICE PPG DALJAB

ANGKATAN 3 TAHUN 2023

 

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK SMK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING

Disusun oleh :

MOHAMMAD RIADUSSOLIHIN, S.Pd.

NIP. 198410282022211010

SMK NEGERI 1 GUNUNG JATI

MAHASISWA PPG DALAM JABATAN ANGKATAN 3 TAHUN 2023 MATEMATIKA

LPTK UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI (UGJ)

Lokasi / Asal Institusi

SMK NEGERI 1 GUNUNG JATI

Lingkup Pendidikan

FASE E (Usia 16 s/d 18 Tahun)

Penulis 

MOHAMMAD RIADUSSOLIHIN, S.Pd.

Tanggal

20 JANUARI 2024

No UKG

201699612709

LPTK

UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI

 

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK SMK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING

Pendahuluan

Kurangnya partisipasi belajar peserta didik dalam diskusi di kelas pada mata pelajaran matematika menjadi latar belakang masalah guru dalam menerapkan model pembelajaran yang inovatif pada materi perbandingan trigonometri. Praktik pembelajaran ini menurut saya penting untuk dibagikan karena menurut saya masih banyak guru yang mengalami permasalahan yang sama dengan yang saya alami, sehingga praktik ini selain bisa memotivasi diri sendiri bisa juga digunakan sebagai referensi bagi rekan guru yang lain.

Saya yang berperan sebagai guru mempunyai tanggung jawab untuk melakukan proses pembelajaran ini secara baik, dengan mengunakan model pembelajaran yang inovatif, sehingga tujuan pembelajaran yaitu melalui PBL dan tanya jawab peserta didik dapat menentukan perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku dan sudut istimewa dengan benar, serta melalui PBL dan diskusi kelompok peserta didik dapat menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan perbandingan trigonometri segitiga siku-siku dengan tingkat keakuratan 90% yang diharapkan bisa tercapai dan mampu meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep trigonometri pada peserta didik sehingga hasil belajar peserta didik meningkat.

Tantangan yang dihadapi oleh guru adalah pemilihan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik dan materi dan guru harus bisa meningkatkan minat dan motivasi peserta didik melalui proses pembelajaran yang menyenangkan. Dilihat dari kedua tantangan tersebut bisa disimpulkan bahwa tantangan yang dihadapi melibatkan guru dari sisi kompetensi yang harus dimiliki oleh guru yaitu kompetensi pedagogik dan profesional sedangkan dari sisi peserta didik adalah motivasi belajar.

Pembahasan

Langkah-langkah yang harus dilakukan oleh guru sesuai dengan tantangan yang dihadapi adalah Pemilihan model pembelajaran yang inovatif dan yang sesuai dengan karakteristik peserta didik. Model pembelajaran yang dipilih adalah Problem Based Learning. Pemilihan model pembelajaran ini melalui kajian literatur dan dengan melihat karakteristik peserta didik dan karakteristik materi. Menurut Muslim, S.R. (2017), terdapat pengaruh positif penggunaan model Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan Masalah matematik. Sedangkan menurut Nisrina, Nada (2020), minat belajar dan motivasi belajar berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik.

Strategi yang dilakukan guru untuk meningkatkan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran yaitu merancang dan mengembangkan Modul ajar yang berpusat pada keaktifan peserta didik, melalui metode diskusi kelompok, tanya jawab dan persentasi.

Hasil belajar yang mengalami peningkatan. Berdasarkan analisis dari hasil nilai pengetahuan dapat diketahui nilai rata-rata peserta didik adalah 79,09 dikarenakan peserta didik yang mendapat nilai diatas KKTP sudah 77,3 % yaitu 17 peserta didik dan peserta didik yang mendapat nilai di bawah KKTP sebanyak 5 siswa dengan presentase 22.7%. Nilai tertinggi adalah 100 dan nilai terendah adalah 40. Berdasarkan rata-rata kelas 79,09 maka dapat disimpulkan bahwa hasil nilai secara klasikal memiliki katagori Menguasai.

Respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran dengan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) adalah sangat menyenangkan, bisa dilihat saat kegiatan refleksi akhir pembelajaran peserta didik. Berdasarkan analisis dari hasil refleksi 80% atau 18 siswa menjawab sangat menyenangkan dan 20% atau 2 siswa menjawab menyenangkan dengan nilai rata-rata secara klasikal 93,5.

Kesimpulan

Dampak terhadap motivasi belajar peserta didik bisa dilihat dari hasil yang didapat bahwa motivasi belajar peserta didik mulai meningkat, hal ini terlihat dari keaktifan peserta didik peningkatan ke arah yang lebih baik. Berdasarkan analisis dari hasil observasi penilaian keterampilan dapat diketahui penilaian ketrampilan peserta didik ditunjukkan dengan presentasi diskusi kelompok dan peserta didik aktif dan mampu mempresentasikan dengan benar dan tepat, maka dapat disimpulkan bahwa hasil nilai keterampilan peserta didik secara klasikal memiliki katagori Baik. Faktor keberhasilan pembelajaran ini sangat ditentukan akan penguasaan guru terhadap model pembelajaran serta langkah-langkah pada rencana pelaksanaan pembelajaran yang sudah dibuat. Pembelajaran yang bisa diambil dari proses dan kegiatan yang sudah guru lakukan adalah guru seharusnya lebih kreatif dan inovatif dalam memilih model dan media pembelajaran untuk membuat proses belajar mengajar sesuai dengan yang diharapkan.

Daftar Pustaka

Muslim, S.R. (2017). Pengaruh Pengunaan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Peserta Didik SMA. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education),1(2), 88-95

https://Journal.Unsika.ac.id/index.php/supremum/article/view/756

Nisrina, N. (2020). Pengaruh minat dan motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik.Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA, 1(3)

https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/alfarisi/article/view/8249

Haridi, H. (2018). PENERAPAN PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X IPA 1 MAN 2 BANYUWANGI. AXIOM: Jurnal Pendidikan dan Matematika, 7(2).

Zakarya, Z., Hafidz, H., Martaputu, M., & Nashihin, H. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar peserta didik di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Attractive: Innovative Education Journal, 5(2), 909-918.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun