Dosen Pengampu : Apollo, Prof. Dr, M. Si. Ak
Nama : Mohammad Althaf
Nim : 43221010127
Kampus : Universitas Mercu Buana
Sistem Informasi Akuntansi (SIA) adalah sistem untuk memproses dan menyimpan data keuangan perusahaan dan menyediakan informasi yang diperlukan untuk pengambilan keputusan bisnis. Sistem informasi akuntansi terdiri dari seperangkat prosedur, perangkat keras, perangkat lunak, dan sumber daya manusia yang terintegrasi untuk memproses, menyimpan, dan menyajikan informasi keuangan.
Sistem informasi akuntansi juga terdiri dari beberapa komponen, seperti sistem akuisisi data, sistem pengolahan data, sistem penyimpanan data, sistem pengambilan keputusan, dan sistem pelaporan data. Sistem informasi akuntansi merupakan bagian penting dari perusahaan dan sangat penting untuk pengelolaan keuangan perusahaan yang efektif dan efisien.
Sejarah pada awal Sistem Informasi Akuntansi, Akuntansi hanya didasarkan pada metode manual. Pengalaman dan keahlian akuntan sangat penting dalam proses akuntansi. Walaupun menggunakan cara manual bisa jadi tidak efisien dan efisien. SIA memecahkan banyak masalah di atas.
AIS (Accounting Information System), dapat mendukung pemrosesan data dalam jumlah besar secara otomatis dan memberikan informasi yang tepat waktu dan akurat. Sistem informasi akuntansi pertama dikembangkan pada tahun 1970 untuk akuntansi penggajian. SIA utama awalnya dikembangkan "in-house" sebagai sistem internal.
Solusi semacam itu mahal untuk dikembangkan dan sulit dipelihara. Oleh karena itu, profesional akuntansi lebih memilih metode manual daripada metode terkomputerisasi. Saat ini SIA banyak tersedia dalam bentuk paket perangkat lunak dari vendor besar seperti Microsoft, Sage Group, SAP AG menjual Microsoft dll. SAP dan Oracle Konfigurasikan dan sesuaikan Oracle dengan proses bisnis perusahaan.
Usaha kecil cenderung menggunakan perangkat lunak akuntansi murah seperti MYOB dan Quickbooks. Organisasi besar biasanya memilih sistem ERP. Ketika koneksi dan integrasi antara sistem bisnis lain diperlukan, sistem informasi akuntansi digabungkan dengan sistem yang lebih besar dan terpusat yang disebut Enterprise Resource Planning (ERP).
Di masa lalu, perusahaan menggunakan aplikasi terpisah untuk mengelola beberapa fungsi bisnis, dan antarmuka pengguna yang kompleks harus dikembangkan untuk komunikasi antar sistem. Dalam ERP, sistem seperti sistem informasi akuntansi diintegrasikan ke dalam modul yang terintegrasi dengan berbagai aplikasi manufaktur, rantai pasokan, dan sumber daya manusia.
Modul-modul ini terintegrasi satu sama lain untuk mengakses data yang sama dan menjalankan proses bisnis yang kompleks. Saat ini, SIA berbasis komputasi awan menjadi semakin populer di kalangan UKM dan organisasi besar dengan harga yang lebih murah. Dengan adopsi AIS, banyak perusahaan telah kehilangan peran akuntansi spesialis, transaksional dan operasional.
Tak hanya itu saja, SIA sendiri juga memiliki lima prinsip penting didalam nya, yang dimana lima prinsip SIA tersebut telah dilakukan perumusan oleh pihak institut akuntan publik Amerika (AICPA), yaitu :
1. Pemantauan keamanan akses ke sistem dan datanya juga terbatas pada personel yang berwenang.
2. Kerahasiaan berarti melindungi informasi sensitif dari pengungkapan yang tidak sah.
3. Privasi berarti mengumpulkan, mengungkapkan, dan menggunakan informasi pribadi tentang pelanggan dengan cara yang lebih pribadi dan tepat.
4. Integritas pemrosesan, saat pemrosesan data selesai, akurat dan tepat waktu, dengan otorisasi yang sesuai.
5. Kemudahan penggunaan, sehingga sistem informasi akuntansi dapat digunakan untuk memenuhi kewajiban operasional sesuai kontrak.
Sistem Informasi Akuntansi (SIA) adalah sistem yang digunakan untuk mengolah data keuangan perusahaan dan menyediakan informasi yang dibutuhkan untuk pengambilan keputusan bisnis. Akuntansi adalah bagian dari sistem informasi akuntansi yang bertanggung jawab atas pengumpulan, penyusunan, dan penyajian laporan keuangan perusahaan.
berbagai peran sistem informasi dan akuntansi :
1. Membantu memproses dan menyimpan data keuangan perusahaan secara efektif.
2. Memberikan informasi yang akurat dan terpercaya untuk pengambilan keputusan bisnis.
3. Penyajian laporan keuangan yang sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku.
4. Membantu mengelola keuangan perusahaan dengan menetapkan anggaran biaya dan pendapatan serta mengendalikan pengeluaran.
5. Membantu mengelola risiko keuangan melalui analisis dan pengelolaan aset perusahaan.
Dari ada nya segi teknologi dalam sistem informasi akuntansi, hal ini dapat berkaitan dengan adanya dunia coding dalam mengolah data bisnis pada suatu perusahaan atau individu, Didalam Sistem Informasi Akuntansi juga terdapat beberapa penjelasan terkait aplikasi yang di gunakan untuk meng-coding atau mengolah suatu data perusahaan tersebut.
Sejarah awal bagi munculnya bahasa pemrograman sejalan dengan sejarah mesin dan komputer. Awal bahasa pemrograman dimulai dengan Antikythera, yang berasal dari Yunani kuno. Antikythera adalah kalkulator yang menggunakan berbagai tuas dan pengaturan untuk
mengoperasikannya. Pada abad ke-13, Ismail Al-Jazari, seorang ilmuwan di masa kejayaan Islam, membangun sebuah mesin bernama Automata, sebuah robot merak yang menggunakan tenaga air (aliran air) untuk bergerak.
Pendahulu bahasa pemrograman pertama kali muncul pada tahun 1822, sebuah mesin yang disebut Mesin Perbedaan, dikembangkan oleh Charles Babbage, seorang mahasiswa di Universitas Cambridge di Inggris. Tapi mesin Babbage hanya bisa menghasilkan satu jenis tekanan. Baru 10 tahun kemudian, Charles Babbage mengembangkan mesin hitung tersebut hingga mencapai versi kedua pada tahun 1849. Perjuangan Babbage dilanjutkan oleh putranya, Henry Prevost. Prevost membuat salinan kalkulasi algoritme mesin dan mengirimkannya ke berbagai fasilitas di seluruh dunia.
Dengan penyebaran algoritma mesin Prevost, semakin banyak perkembangan yang terjadi. Pada tahun 1854, George Boole menemukan sistem logika yang disebut logika Boolean. Logika ini menyatakan bahwa rasio lebih besar dari, kurang dari, sama dengan, dan tidak sama dengan. Perkembangan logika ini terus berlanjut dari tahun ke tahun hingga tahun 1935 ketika ilmuwan Jerman Konrad Zuse membuat kalkulator biner bernama Z-1. Pada tahun 1935, Zuse kemudian direkrut menjadi militer membuat Z-2 dan dia melanjutkan untuk membuat Z-3 Z-4.
Saat mengembangkan Z-4, Zuse menyadari bahwa memprogramnya dalam bahasa mesin terlalu rumit. Bahasa mesin ini tergolong bahasa tingkat rendah karena hanya merupakan kumpulan kode 0 dan 1 atau ya dan tidak. Setelah satu tahun penelitian, bahasa pemrograman lanjutan pertama di dunia, Plankalkul (Plankalkül), dikembangkan pada tahun 1945. Plankalkul membuktikan bahwa ia mampu mengembangkan mesin catur komputer pertama di dunia.
Short Code dikembangkan pada tahun 1949 sebagai bahasa pemrograman tingkat tinggi pertama yang memajukan komputer elektronik yang dibuat oleh John Mauchly. Namun, program harus dikompilasi ke dalam bahasa mesin setiap kali dieksekusi, sehingga eksekusi program membutuhkan waktu yang cukup lama saat memproses kode.
Kemudian John W Backus menyarankan kepada atasannya di IBM (International Business Machines Corporation) agar mereka mengembangkan bahasa alternatif yang lebih praktis daripada bahasa rakitan untuk memprogram mainframe IBM 704 yang disebut Formula Translation atau FORTRAN. Kompiler FORTRAN berhasil diselesaikan pada April 1957.
Dengan diperkenalkannya bahasa C, perkembangan bahasa pemrograman dipercepat. Dennis Ritchie dan Brian Kernighan awalnya menciptakan C untuk mesin DEC PDP-11. Banyak bahasa baru muncul dengan bahasa C, seperti C++, Java, C# dan banyak lainnya. Bahasa pemrograman terus berkembang menjadi lebih mudah digunakan dari waktu ke waktu.
Bagi seseorang yang ingin menjadi developer atau programmer, menguasai bahasa pemrograman sangatlah penting. Pembuatan suatu aplikasi tentunya dilakukan dengan menggunakan bahasa pemrograman yang dimengerti oleh komputer, sehingga komputer dapat menjalankan berbagai perintah yang diinginkan oleh programmer. Ada banyak bahasa pemrograman selama bertahun-tahun. Mari kita lihat beberapa bahasa pemrograman ini dari perspektif sejarah.
Sebelum penemuan komputer pada abad ke-13, sudah ada beberapa mesin otomatis (automata). Mesin ini dikembangkan oleh seorang ilmuwan Muslim dari Turki bernama Ismail Al Jazari.
Ia dianggap sebagai "bapak robotika". Gelar lain yang diberikan kepadanya adalah Rais al-A'mal ketika dia menjadi pemimpin para insinyur saat itu. Sebagai chief engineer di istana Artuqid, Al-Jazari berhasil memproduksi lebih dari 100 mesin otomatis.
Salah satunya mesin penanda waktu berbentuk miniatur danau dan perahu, lengkap dengan replika para musisi yang menjadi penumpangnya. Penemuan penting lainnya dari pemikiran dan eksperimen Al-Jazar adalah mesin cuci tangan otomatis. Mesin ini bekerja dengan mekanisme drain atau flush. Mekanisme yang dikembangkan oleh Al-Jazar digunakan saat ini dalam sistem operasi toilet modern. Dia juga menciptakan pompa air, yang masih sangat penting hingga saat ini.
Pada tahun 1206, Al-Jazari menerbitkan buku berjudul Kitab fi Ma'rifat al-Hiyal al-Handasi atau The Book of Knowledge of Ingenious Mechanical Devices. Buku tersebut menjelaskan sekitar 50 perangkat mekanis dengan petunjuk pemasangan.
Buku inilah yang kemudian menjadi cikal bakal robot masa kini.
Pesatnya perkembangan teknologi saat ini tidak terlepas dari masa lalu berbagai disiplin ilmu, termasuk algoritma. Kata algoritma berasal dari nama matematikawan Muhammad bin Musa Khawarizmi yang nama latinnya menjadi algorisme.
Dia terkenal karena memperkenalkan aljabar ke Eropa. Ia juga dianggap sebagai bapak algoritma. Tentunya bagi seorang developer atau programmer, algoritma ini sering digunakan untuk mengembangkan program. Program komputer pertama ditulis pada tahun 1843 oleh seorang wanita Inggris bernama Ada Lovelace. Ada dikenal sebagai seorang penulis dan ahli matematika, terkenal dengan karyanya berupa komputer mekanik pertama.
Ada bertemu dengan seorang matematikawan bernama Charles Babbage. Carlos sering dianggap sebagai bapak komputer karena program Difference Engine yang dapat memecahkan masalah matematika. Ada banyak membantu Carlos dalam membangun mesin keduanya, "Analytical Engine". Ada dinobatkan sebagai programmer wanita pertama di dunia berkat program yang dikembangkan untuk mesin tersebut.
Tapi sangat disayangkan Ada meninggal karena kanker ovarium pada usia 36 tahun. Semua pemikiran berputar di sekitar komputer, baru ditemukan pada tahun 1950-an.
Program komputer yang ditulis oleh Ada Lovelace menghasilkan bahasa pemrograman baru seperti kalkulus, kode pendek, dll. Saat pertama kali muncul, bahasa pemrograman hanyalah sebuah sketsa di atas kertas; tidak ada implementasi.
Baru pada tahun 1957 muncul bahasa pemrograman yang benar-benar ada yaitu FORTRAN (Formula Translation). Bahasa pemrograman ini dikembangkan oleh John Backus dan digunakan untuk melakukan perhitungan matematis, ilmiah, dan statistik.
Selain FORTRAN, bahasa pemrograman LISP (LISt Processing) yang ditemukan oleh John McCarthy pada tahun 1958 dikembangkan pada tahun 1950-an. Kemudian ada bahasa pemrograman COBOL (Common Business Oriented Language) dari tahun 1959 yang dikembangkan oleh Dr. Grace Murray Hopper dikembangkan.
Ada juga bahasa pemrograman ALGOL (Algorithmic Language) yang dikembangkan oleh komite internasional sebagai bahasa pemrograman universal. Seiring perkembangannya, ALGOL menjadi bahasa pemrograman yang penting, menambahkan lebih banyak fitur, meskipun tidak sepopuler FORTRAN dan COBOL.
Lalu pada pembahasan berikutnya, ada pula penjabaran mengenai sejarah sejarah pada suatu aplikasi coding yang ada berdasarkan urutan tahun nya, yaitu :
APL (Arithmetic Programming Language).
Bahasa pemrograman APL diperkenalkan dan dikembangkan pada tahun 1962 oleh Kenneth Iverson. APL digunakan untuk memecahkan masalah matematika.
Untuk membuat program di APL, pemrogram harus menggunakan keyboard khusus yang berisi simbol kompleks untuk melakukan solusi matematika yang kompleks.
BASIC (Beginners’ All-purpose Symbolic Instruction Code).
Bahasa pemrograman BASIC dikembangkan pada tahun 1963 oleh Thomas Eugene Kurtz dan John George Kemeny. BASIC menjadi bahasa paling populer untuk mikrokomputer pada akhir 1970-an dan untuk komputer rumahan pada 1980-an.
Hingga saat ini, BASIC merupakan bahasa yang mengalami evolusi beberapa kali.
SQL (Structured Query Language).
Pada tahun 1972, Donald D. Chamberlin dan Raymond F. Boyce mengembangkan bahasa pemrograman SQL untuk IBM. SQL digunakan untuk melihat dan memanipulasi data yang disimpan dalam database.
Dalam perkembangan selanjutnya, SQL diperbaiki pada tahun 1989 dan pada tahun 1992 versi SQL92 muncul. Kemudian pada tahun 1999 juga diupdate sebagai versi SQL99, namun versi yang paling sering dirujuk dalam dunia IT adalah versi SQL92.
Phyton.
Guido van Rossum mengembangkan Python di Centrum Wiskunde & Informatica (CWI) di Belanda pada awal 1990-an. Hingga saat ini, Guido masih menjadi pengembang utama Python, meski ribuan orang juga telah berkontribusi dalam pengembangannya karena bersifat open source.
HTML (Hypertext Markup Language).
HTML pertama kali dibuat oleh Tim Berners-Lee, seorang ahli fisika di lembaga penelitian CERN di Swiss. Berners-Lee punya ide untuk sistem hypertext berbasis web. Itu sebabnya Tim menerbitkan versi HTML pertama pada tahun 1991, yang berisi sekitar 18 tag.
Fitur dan informasi HTML berkembang beberapa kali hingga versi terbaru, yaitu HTML5, dirilis. Setiap tahun HTML mendapatkan popularitas sedemikian rupa sehingga digunakan sebagai standar web resmi dunia pemrograman.
JAVA.
Bahasa pemrograman Java dikembangkan pada tahun 1991 oleh Sun Microsystems. Kemudian Sun Microsystems membuat proyek yang disebut "Proyek Hijau".
Tujuan Green Project adalah untuk mengembangkan bahasa pemrograman baru yang akan memenuhi kebutuhan proyek mereka, karena beberapa programmer merasa bahwa bahasa pemrograman C/C++ tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan proyek yang mereka kerjakan. Anggota Proyek Hijau termasuk James Gosling, Mike Sheridan dan Patrick Naughton.
Bahasa pemrograman ini awalnya bernama Oak, terinspirasi dari nama pohon di depan kantor Gosling. Sebelum Oak akhirnya bernama "Java", Oak sudah terdaftar di bawah merek dagang lain, yaitu "Oak Technologies". Pemilihan kata “Java” terinspirasi dari “Java Coffee” atau kopi jawa, oleh karena itu logo Jawanya adalah secangkir kopi.
Ruby.
Ruby pertama kali dikembangkan oleh seorang programmer Jepang bernama Yukihiro Matsumoto. Pada tahun 1993, Yukihiro ingin mengembangkan bahasa skrip dengan fungsi berorientasi objek. Penulisan Ruby dimulai pada Februari 1993 dan dirilis pada Desember 1994 dengan Ruby versi alfa.
Pada awal perkembangannya, Yukihiro menulis sendiri Ruby hingga tahun 1996 ketika komunitas Ruby lahir, yang sangat mempengaruhi perkembangan Ruby.
PHP (Personal Home Page).
PHP dirancang oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Kemudian PHP disebut Form Interpreted (FI) dan tampak seperti rangkaian skrip. Skrip digunakan untuk memproses data formulir dari web.
Selain itu, Rasmus merilis kode sumber untuk penggunaan umum dan menyebutnya PHP/FI. Karena rilis kode sumbernya bersifat open source, banyak pengembang yang tertarik untuk mengembangkan PHP. PHP masih banyak digunakan dalam pengembangan aplikasi web.
JavaScript.
JavaScript dibuat pada tahun 1995 oleh pengembang Netscape bernama Brendan Eich. Javascript pertama disebut "Mocha", kemudian diubah menjadi "LiveScript". Java adalah bahasa pemrograman paling populer saat itu, dan karena popularitasnya, nama LiveScript kemudian diubah menjadi "JavaScript".
Meskipun namanya mirip, bahasa pemrograman JavaScript tidak memiliki kesamaan dengan bahasa pemrograman Java.
Pada pembahasan berikutnya, mengenai suatu sejarah pada sebuah aplikasi coding yang familiar bagi para akuntansi hingga para pebisnis dalam mengelola bisnis mereka, dengan menggunakan suatu aplikasi coding yang bernama "phyton".
Python adalah bahasa pemrograman yang dapat secara langsung (interpretatif) mengimplementasikan serangkaian pernyataan tujuan umum menggunakan metode objek. Python adalah bahasa pemrograman yang paling mudah dipahami. Python diciptakan oleh seorang programmer Belanda bernama Guido Van Rossum.
Python dibuat dan dikembangkan oleh Guido Van Rossum, seorang programmer Belanda. Didirikan pada tahun 1990 di kota Belanda Amsterdam. Pada tahun 1995, Guido Van Rossum mendesain ulang Python agar lebih kompatibel. Kemudian pada awal tahun 2000 versi Python diupdate hingga mencapai versi 3 sekarang. Pemilihan nama Python sendiri diambil dari acara TV yang cukup terkenal berjudul Mothy Python Flying Circus yang merupakan acara sirkus favorit Guido van Rossum.
Selanjutnya adalah mengevaluasi pro dan kontra dari aplikasi Python itu sendiri.
Banyak orang yang tertarik menggunakan Python karena mudah dipelajari bahkan untuk pemula sekalipun. Kode yang dikandungnya mudah dibaca dan dapat dengan mudah melakukan banyak operasi kompleks karena banyaknya pustaka standar. Pemrograman dengan Python dapat dilakukan dengan cepat dan dengan kode yang lebih sedikit. Bahkan Python dapat menyederhanakan program yang sangat kompleks. Python sendiri mendukung banyak platform dan banyak sistem serta memiliki sistem memori otomatis seperti Java.
Sayangnya, Python bekerja cukup lambat. Ada juga defisit dalam pengembangan platform Android dan iOS. Python juga memiliki keterbatasan dalam menggunakan database. Python juga tidak cocok untuk menjalankan tugas intensif memori dan pekerjaan multi-core/multi-prosesor.
Pemula atau developer sangat disarankan untuk mempelajari bahasa pemrograman ini karena dianggap mudah. Python juga dapat digunakan untuk membangun perangkat lunak, aplikasi pintar, aplikasi GUI, aplikasi CLI, Internet of Things, game, dan lainnya.
Python adalah bahasa pemrograman yang dapat secara langsung (interpretatif) mengimplementasikan beberapa pernyataan tujuan umum menggunakan metode pemrograman berorientasi objek dan menggunakan semantik dinamis untuk mencapai tingkat keterbacaan sintaksis. Lainnya mendefinisikan Python sebagai bahasa yang kuat yang menggabungkan fungsi dengan sintaks kode yang sangat jelas, dan juga dilengkapi dengan fungsi pustaka standar yang besar dan komprehensif. Meskipun Python tergolong bahasa pemrograman tingkat lanjut, sebenarnya ia dirancang agar mudah dipelajari dan dipahami.
Python sendiri memiliki beberapa fitur menarik yang patut dipelajari. Pertama, Python adalah tata bahasa dan skrip yang sangat mudah dipelajari. Python juga memiliki data otomatis dan sistem memori. Selain itu, modul Python selalu diperbarui. Selain itu, Python memiliki banyak layanan bantuan. Python banyak digunakan di berbagai sistem operasi seperti Linux, Windows, Mac OS, Android, Symbian OS, Amiga, Palm dan lainnya.
Python selalu menjadi salah satu bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan di industri sejak didirikan pada 1990-an. Faktanya, survei oleh RedMonk menunjukkan bahwa Python adalah bahasa pemrograman terpopuler kedua di kalangan developer pada tahun 2021, sekitar 30 tahun setelah dirilis.
Secara singkat kita sudah mengetahui apa itu Python, sekarang kami akan memberi tahu Anda alasan mengapa bahasa pemrograman ini begitu populer. Pertama, Python memiliki sintaks yang mudah diingat dan mudah dipahami. Kedua, Python bisa digunakan untuk berbagai hal, baik memanipulasi data atau membangun website baru. Ketiga, Python adalah open source; H. gratis untuk umum. Ini juga berarti bahwa ada banyak fitur dan kode yang dibuat oleh pengembang yang memperluas kemampuan Python lebih jauh lagi. Semua alasan ini membuat Python semakin populer di komunitas pecinta teknologi. Tidak heran jika banyak pemula yang mengambil langkah pertama untuk mempelajari Python.
Phyton sendiri memiliki fungsi nya masing-masing dalam menjalankan System untuk melakukan pengolahan coding pada suatu data, yaitu :
1. Sebagai Aplikasi yang berbasis menjadi web, mobile, dan desktop.
Python dapat digunakan untuk membuat dan mengembangkan aplikasi web, seluler, dan desktop. Dalam proses pengembangan dan pengembangan ini, kami membutuhkan bantuan Framework. Kerangka kerja adalah kerangka kerja yang digunakan untuk membangun aplikasi web, seluler, atau desktop untuk membuat aplikasi yang tertata rapi, terstruktur, dan efisien.
2. Data Science.
Python digunakan untuk memproses pertanyaan terkait data (ilmu data). Python adalah bahasa pemrograman yang memudahkan data scientist untuk mengekstrak, membersihkan, dan memvisualisasikan data dengan mudah. Ilmuwan data adalah profesi yang sangat dicari karena semakin banyak perusahaan mencari ahli pemrosesan data. Python bisa dipilih karena lebih fleksibel dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya. Pustaka Python khusus untuk ilmu data, termasuk Numpy, Pandas, dan Matplotlib.
3. Data Analyst.
Analisis data masih memiliki keterkaitan dengan ilmu data yang sudah pernah dibahas. Library yang digunakan masih sama. Perbedaannya terletak pada analisis datanya. Python menganalisis data yang dihasilkan untuk mengubahnya menjadi informasi yang lebih berguna.
4. Machine Learning.
Python juga digunakan untuk pembelajaran mesin. Sederhananya, pembelajaran mesin adalah sistem yang dibuat untuk memungkinkan mesin belajar sendiri tanpa perlu pemrograman berulang. Python dipilih untuk dapat membuat sistem pembelajaran mesin. Python adalah bahasa pemrograman yang dianggap sederhana, mudah dipahami, fleksibel, kuat, dan serbaguna. Banyak perusahaan menggunakan Python karena dapat mempermudah pengembangan sistem, mempermudah pekerjaan dan juga menganalisis data dengan cepat dan akurat. Beberapa library Python yang bisa digunakan untuk machine learning antara lain Scikit-Learn, Keras, dan TensorFlow.
Lalu pada berikutnya, kita masuk dalam tahap coding menggunakan phyton, pada Langkah ini saya memasukkan Data dari Toko Kelontong Bobi Jaya. Pada Langkah awal yaitu kita melakukan pembuatan file baru yang tersedia dalam aplikasi vscode, lalu jika sudah, kita dapat mulai Langkah awal untuk menginput data (Total, Barang & Harga) seperti gambar dibawah;

Lalu pada Langkah berikutnya, kita dapat menginput data [while True, Print (Daftar Barang Toko Kelontong)] seperti pada gambar dibawah;

Setelah kita melakukan input data terkait semua daftar data barang yang akan kita jual pada toko kelontong tersebut, lanjut pada tahap input kode dengan cara memasukkan kode barang yang sesuai list pada list daftar barang, dengan cara (Kode, int (input untuk memasukkan kode barang), memasukkan (if kode dengan barang.append & harga.append serta pada Total harga barang).

Pada langah berikutnya, kita memasukkan input data mengenai [elif kode (sesuai dengan daftar data barang toko kelontong), kode barang, barang.append, harga.append, dan total harga barang].

Jika kita sudah memastikan bahwa elif kode sudah semua kita input sampai pada data terakhir toko kelontong, maka selanjutnya kita harus melakukan input data untuk Langkah selanjutnya (else, kode tidak valid, lanjut, input (lanjut belanja (y/t)), if lanjut, print & break).

Dan pada proses Langkah berikutnya yaitu mengenai tiga tahap proses (print), yaitu : (print barang yang dibeli, lalu print harga barangnya, serta yang terakhir memasukkan data print total yang harus dibayar).

Untuk Langkah terakhir pada proses pemasukan input data yaitu kita perlu memasukkan data (uang, input, if uang > total, lalu print uang pas, else dan print uangnya kurang / uang total ?).

Dari penjelasan diatas adalah sebuah penjabaran terakit materi Sistem Informasi Akuntansi terhadap langkah-langkah coding atau melakukan proses input data terkait aplikasi phyton.
Referensi : srinath. K. R. 2017. Phyton -- the fastest growing programming language. international research journal of engineering and technology. 4 (12):354--357
Romzi, M dan Kurniawan, B. 2020. Implementasi pemrograman phyton menggunakan visual studio code. Jurnal informatika dan komputer. 11 (2):3--6
Lawita, N. (2020). The influence of Accounting Information System (AIS) on internal control in a company. Jurnal ilmiah Manajemen, Ekonomi & Akuntansi (MEA), 4(3), 459-471
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI