Mahasiswa AM prodi Pendidikan Teknik Informatika menggelar Seminar Pengenalan Sandbox Game Marker Dan Desain Grafis Figma pada Senin, 20 Mei 2024. Acara tersebut diselenggarakan oleh mahasiswa sebagai program kerja Jurusan PTI dalam kegiatan asistensi mengajar.
Acara seminar ini diselenggarakan di Aula SC Pertamina SMKN 2 Malang, yang diikuti oleh seluruh siswa kelas X TKJ. Selain itu, acara ini juga dihadiri oleh Waka Kurikulum dan Dosen Pembimbing Lapangan prodi PTI UM.
Acara dimual pukul 08.00 dan berakhir pada pukul 10.00 WIB. Dengan rangkaian acara diawali dengani sambutan oleh waka kurikulum dan dosen pembimbing lapangan prodi PTI, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi, sesi tanya jawab, dan terakhir penutupan.
Ibu Zulqoidah sebagai perwakilan dari TKJ sekaligus Waka Kurikulum SMKN 2 Malang dalam sambutannya menjelaskan tujuan dan manfaat dari kegiatan seminar ini. "Seminar ini juga membantu siswa-siswi memahami tools-tools yang ada di figma, cara membuat game di sandbox".
Dalam Seminar ini Ibu Dr. Yuni Rahmawati, S.T., M.T. Sebagai dosen pembimbing program studi PTI. Dalam sambutannya menyampaikan " Siswa-siswi SMKN 2 Malang bisa seperti mahasiswa AM, Agar bisa membuat desain aplikasi dan membuat game kalian harus mempelajari atau bisa memahami caranya bagaimana membuat game dan membuat desai grafis".
Kegiatan diawali dengan penyampaian materi Desain grafis dengan judul "Pengenalan Aplikasi Figma" yang di bawakan oleh Mohammad Yusuf Firmansyah.
Dalam penyampaiannya, Yusuf Firmansyah menjelaskan aplikasi figma dan mengenai fitur-fitur yang terdapat dalam aplikasi figma, contoh modern pen tools, open type, tata letak otomatis dan plugins dan widgets.
Aplikasi figma juga terdapat fitur-fitur prototype contohnya prototyping, mobile-viewing, dynamic overlay, dan GIF animasi. Dalam penyampaian juga memberi contoh desain aplikasi dan prototype sebuah aplikasi.
Kegiatan selanjutnya yaitu penyampaian materi development game dengan judul "Pengenalan Sanbox Game Marker" yang dibawakan oleh Lalu Dicky Maulana I.
Dalam penyampaian materi, Lalu Dicky menjelaskan Sandbox Game Marker dan fitur- fitur yang terdapat dalam aplikasi sanbox game marker, dan melakukan simulasi game yang dibuat didalam aplikasi sandbox game marker.
Seminar ini berhasil menarik antuasiasme siswa terlihat dari banyak siswa yang dengan aktif bertanya pada saat sesi tanya jawab.
Pertanyaannya juga bermacam-macam mulai dari "Apakah aplikasi sandbox bisa di download di playstore?" lalu "Apakah fitur-fitur yang ada di figma bisa mempermudah kita dalam mendesain web atau aplikasi?" dan lain sebagainya.
Acara diakhiri dengan closing statement dari Master Of Ceremony dan selanjutnya dilakukan sesi foto bersama.
*Tim Penulis: Mahasiswa AM Pendidikan Teknik Informatika UM SMKN 2 Malang 2024
1. Mohammad Yusuf Firmansyah
2. Lalu Dicky Maulana Irwanto
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H