Tiktok merupakan platform atau aplikasi yang mewadahi para konten kreator untuk berkreasi sesuai apa yang dipikirkan oleh konten kreator yang dikemas dalam bentuk video kreatif dan informatif. Setelah para konten kreator mambagikan video yang sudah dikemas secara baik dan menarik, para pengguna Tiktok lainnya pasti akan melihat video tersebut. Selain itu, pengguna tiktok juga dapat memberikan like, Commment & Share, dimana itu membuat pemilik video mendapatkan rating serta penghasilan dari Tiktok nya itu sendiri.
Tiktok juga sangat di gemari oleh para penggunanya terutama oleh kaum Gen Z, karena dapat memproduksi video yang sedang trend dan dapat ditirukan kembali oleh para pengguna lainnya. Namun, pengguna hanya bisa membuat video dengan durasi 60 detik atau yang setara dengan 1 menit.
Selain bisa memproduksi dan membagikan video, tiktok juga memiliki fitur terbarunya, yaitu Tiktok Shop. Dalam Tiktok Shop, pengguna dapat menjual atau membeli barang yang mereka inginkan tanpa Marketplace.Dalam Tiktok Shop memiliki beberapa fitur yang dapat kita gunakan, diantaranya yaitu Fitur Influencer dimana pengguna tiktok shop dapat dengan mudah dan cepat menemukan barang yang direkomendasikan oleh para influencer dan dapat langsung membeli nya dari halaman Tiktok.Â
Fitur Live Shopping, merupakan fitur yang memudahkan pengguna untuk membeli barang, dengan adanya fitur ini pengguna dapat langsung mengajukan pertanyaan dan membeli produk melalui siaran langsung. Fitur Opsi Pembayaran, Tiktok Shop juga menyediakan fitur pembayaran yang lebih aman, mudah, dan cepat, dimana pengguna dapat langsung membayar di halaman Tiktok Shop menggunakan berbagai metode pembayaran. Fitur Voucher, merupakan fitur yang memberikan potongan harga atau ongkos kirim kepada pengguna.
Untuk mengetahui strategi dalam menggunakan Tiktok Shop itu ada berbagai cara, diantarannya menggunakan iklan Tiktok atau Tiktok ads untuk menjangkau para audiens yang lebih besar. Melakukan live streaming agar audiens lebih tertarik dengan barang yang di lihatkan secara langsung namun dengan metode virtual.Â
Berkolaborasi dengan beberapa influencer agar nantinya produk kalian akan di rekomendasikan oleh para influencer kepada audiens. Berinteraksi dangan para audiens juga merupakan bentuk strategi dalam Tiktok Shop karena dapat meningkatkan keyakinan audiens untuk membeli.
Dengan adanya tiktok shop juga dapat mempengaruhi beberapa perilaku konsumen diantaranya, dapat membentuk perilaku konsumif terutama bagi remaja, biasanya remaja sering berbelanja tanpa memikirkan apa yang ia butuhkan. Membuat konsumen tertarik dengan berbelanja online. dengan adanya Tiktok Shop memudahkan konsumen berbelanja tanpa harus mengeluarkan tenaga dan ongkos yang mahal untuk mencari produk yang mereka inginkan.
Di sisi lain Tiktok Shop juga menimbulkan dampak perilaku konsumen, dampak positif terhadap perilaku konsumen diantaranya, konsumen dapat menjelajahi atau mencari barang yang ia inginkan tanpa harus mengeluarkan biaya yang banyak dan juga tenaga. Konsumen juga dapat menjelajahi ataupun mencari barang lokal maupun internasional dengan mudah dan harga terjangkau. Untuk dampak negatif tersendiri diantaranya, konsumen tidak dapat melihat produk yang mereka inginkan secara langsung, akibatnya konsumen akan merasa menyesal apabila produk tidak sesuai dengan gambar ataupun iklan.Â
Tiktok Shop juga dapat mempengaruhi perilaku konsumtif terutama bagi para remaja. Konsumen  menjadi  lebih  sensitif  terhadap harga, Tiktok Shop memudahkan konsumen membandingkan harga dan menemukan penawaran terbaik. Konsumen juga akan tergoda membeli produk berdasarkan promosi tanpa menyadari risiko yang akan terjadi.Â
Data pribadi konsumen berpotensi disalahgunakan. Tiktok memiliki akses ke banyak data pribadi pengguna mereka, yang dapat digunakan untuk mengarahkan iklan yang tidak diinginkan atau penipuan. Konsumen lebih suka memilih barang impor dimana itu membuat produk lokal akan tersaingi dengan adanya Tiktok Shop.
Tiktok Shop telah memengaruhi perilaku belanja konsumen secara signifikan. Platform ini mengintegrasikan elemen hiburan dan interaksi sosial dengan fitur belanja yang memudahkan pengguna untuk menemukan dan membeli produk secara langsung melalui video pendek. Pengaruh ini terlihat dari meningkatnya keterlibatan konsumen dengan konten belanja, penurunan batasan geografis dan waktu dalam berbelanja, serta meningkatnya impulsivitas dalam keputusan pembelian.
Tiktok Shop menggunakan berbagai strategi inovatif untuk menarik dan mempertahankan konsumen. Dengan berbagai cara seperti menggunakan iklan video pendek di TikTok, live streaming, berkolaborasi dengan beberapa influencer, serta berinteraksi dengan para audiens di kolom komentar merupakan strategi yang efektif untuk menarik konsumen, mengoptimalkan pengalaman belanja, dan mendorong pertumbuhan E-commerce di platform TikTok Shop.
Kesadaran konsumen terhadap perilaku konsumtif itu tergantung pada diri nya masing-masing, semakin tinggi kesadaran terhadap perilaku konsumtif semakin baik konsumen menilai kebutuhan dan keinginan mereka dalam berbelanja. Kesadaran yang dimaksud adalah bagaimana cara kita dalam mengelola keuangan.
kesadaran konsumen terhadap perilaku konsumtif membantu mereka membuat keputusan yang lebih bijaksana, mendukung keberlanjutan, dan menciptakan dampak positif pada kualitas hidup mereka
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H