Mohon tunggu...
Mohamad Ramadhan Argakoesoemah
Mohamad Ramadhan Argakoesoemah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Program Studi Magister Manajemen STIE Indonesia Banking School

Mahasiswa Program Studi Magister Manajemen STIE Indonesia Banking School

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Melihat Kesuksesan Zalora Group sebagai Platform E-Commerce dari Pengembangan Sistem Penjualannya

7 September 2023   19:47 Diperbarui: 7 September 2023   20:04 917
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Zalora.com (Versi Internasional) atau Zalora.co.id (Zalora Indonesia) Zalora, adalah sebuah toko daring yang sudah cukup lama meramaikan pasar belanja daring di Indonesia. Zalora adalah situs web belanja yang menyediakan kebutuhan mode pakaian yang terdiri dari produk berbagai merek, baik lokal maupun internasional.

Zalora didirikan pada tahun 2012 oleh Catherine Sutjahyo, merupakan bagian dari Zalora Grup di Asia yang terdiri dari Zalora Singapura, Zalora Malaysia, Zalora Vietnam, Zalora Taiwan, Zalora Thailand dan Zalora Filipina. Zalora ini sendiri adalah partner dari toko barang elektronik Lazada.co.id. Zalora.co.id adalah situs web belanja yang menyediakan kebutuhan mode pakaian baik baju, sepatu, tas dan aksesoris.

Zalora.co.id sendiri berlokasi di kantor Zalora.co.id Menara Bidakara I, Lt. 17 Jl. Jendral, Gatot Subroto Kav. 71-73, Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan, 12870 (PT. Fashion Eservices Indonesia). Zalora.co.id memiliki koleksi lebih dari 500 merek lokal dan internasional, Zalora.co.id ialah salah satu situs belanja pakaian daring yang cukup besar dan terkenal di Indonesia dengan rata-rata jumlah pengunjung sebesar 116.266 dalam satu hari (sharingvision.com, 2017). Zalora.co.id memperoleh penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) sebagai Situs Perdagangan Fashion terbesar di Indonesia. 

Zalora.co.id telah berusia 6 tahun 4 bulan sejak didirikan pada bulan Juli 2012 telah banyak membantu membangkitkan tren belanja daring di Indonesia.

Bukan hal yang mengejutkan bila berbagai rekor berhasil diraih oleh Zalora.co.id, selain dikarenakan perkembangan yang luar biasa pesat dalam kurun waktu setahun setelah berdiri, Zalora.co.id memberikan jangkauan pengiriman terluas serta ketersediaan beragam merek produk pakaian terlengkap untuk berbagai kalangan. Produk-produk yang ditawarkan Zalora.co.id adalah pakaian, sepatu, aksesoris, produk kecantikan dan perawatan tubuh, hingga perlengkapan dekorasi rumah, serta menawarkan merek-merek terkemuka baik lokal maupun internasional (http://www.zalora.co.id/). 

Layaknya belanja daring pada umumnya, di Zalora.co.id konsumen bisa memilih barang sesuai selera, memesan, membayar dengan transfer tunai, bank elektronik atau menggunakan kartu kredit, lalu barang diantar ke rumah. Namun, rupanya kebutuhan belanja daring lebih dari ini. Faktor kenyamanan menentukan niat seseorang dalam berbelanja di situs belanja daring. Untuk memberikan kenyamanan ini, Zalora.co.id tak hanya menjual barang daring namun melayani pembelinya dengan berbagai kemudahan. 

Seperti pembayaran langsung saat barang diantarkan atau Bayar di rumah (COD) di beberapa kota dan kabupaten seluruh Indonesia. Masyarakat Indonesia yang tadinya memiliki kecenderungan untuk membeli perlengkapan pakaian secara langsung lalu tergiring mencoba daring.

Perusahaan belanja daring bidang fashion binaan Rocket Internet, Zalora bersama dengan situs Rocket Internet lain yaitu The Iconic yang beroperasi di Australia dan Selandia Baru, Zalora memperoleh pendanaan $112 juta (lebih dari Rp 1,3 triliun) dari Access Industries. Zalora adalah salah satu investasi utama Rocket Internet di Singapura. Access Industries juga ambil bagian dalam konsorsium yang memberikan pendanaan $500 juta untuk Rocket Internet dan mereka mengkonfirmasi dana juga adalah di luar scope $500 juta tersebut. Bulan Mei yang lalu Zalora memperoleh $100 juta dari konsorsium yang terdiri dari Summit Partners, Investment AB Kinnevik, Verlinvest dan Tengelmann.

Zalora mengumumkan bahwa mereka telah berhasil mendapatkan putaran dana keduanya, total sebesar US$112 Juta pada akhir tahun 2013. Salah satu orang terkaya di Indonesia, Antoni Salim selaku pemilik Grup Salim memiliki saham Rocket Internet selaku pemilik zalora.com membeli 10% saham senilai 333 juta Euro pada bulan Agustus 2014.

Dalam melakukan aktivitas penjualannya, sistem penjualan yang diterapkan oleh Zalora.co.id adalah B2C (Business to Customer) di mana target penjualan mereka adalah individu. Sistem penjualan pada Zalora.co.id yakni ingin memberikan pengalaman yang berbeda dari pembelian secara fisik aktivitas penjualan ini berada di bawah tanggung jawab Manajer Pemasaran.

Zalora.co.id berfokus kepada penjualan produk seperti pakaian, sepatu, tas, aksesoris, perlengkapan olahraga, bahkan produk kecantikan. Zalora.co.id menawarkan produk-produk dari berbagai merek terkemuka baik lokal maupun internasional. Konsumen dapat mengetahui estimasi waktu kedatangan produk yang dipesan, caranya yaitu dengan memperhatikan waktu pengirimannya, supaya setiap ingin melakukan pembelian konsumen sudah dapat memprediksi dalam berapa hari produk tersebut akan tiba ke tujuannya. 

Ketika konsumen melakukan pemesanan produk pada hari Senin-Jumat di jam kerja (07.00-17.00 WIB), maka produk akan dikirimkan pada hari pemesan tersebut dengan estimasi pengirimannya selama 1-3 hari kerja (untuk Jakarta) dan 2-6 hari kerja (untuk di luar Jakarta). Zalora.co.id juga tetap menerima pemesanan produk di luar jam kerja dan di hari Sabtu-Minggu, namun pengirimannya akan dihitung pada hari kerja berikutnya. Fasilitas layanan merupakan hal yang tidak kalah penting dalam sistem penjualan. Apalagi perusahaan seperti Zalora.co.id yang bergerak dalam perdagangan daring, kualitas layanan pasti memiliki peran yang sangat penting bagi konsumen, guna memenangkan persaingan dengan para kompetitornya.

Zalora.co.id mampu menyediakan layanan yang prima kepada konsumen. Terdapat beberapa layanan untuk konsumen yang telah disediakan oleh Zalora.co.id melalui halaman web, di antaranya adalah layanan retur (pengembalian barang). Apabila konsumen ingin melakukan retur kepada Zalora.co.id, maka Zalora.co.id menyediakan layanan retur jika terjadi ketidaksesuaian dengan tata cara pengembalian produk yang harus diperhatikan konsumen yang telah ditetapkan oleh Zalora.co.id.

Ketika banyak pemain belanja daring dan pangsa pasar daring bertanding untuk menjadi yang terpopuler, melalui berbagai saluran periklanan termasuk televisi, pangsa pasar pakaian jarang (atau hampir tak pernah) terlihat melakukan strategi yang sama. Potensi konsumen daring di Indonesia tak melulu kalangan digital native. 

Membangun perhatian menjadi penting untuk memenangkan pasar tersebut, terlebih jika diiringi dengan strategi yang hampir dilakukan semua layanan saat ini, yakni penawaran diskon. Traksi menjadi salah satu hal yang sulit didapat dalam iklim persaingan yang ada saat ini, konsumen cenderung lebih fleksibel memanfaatkan ragam penawaran yang selalu baru dari beragam layanan belanja daring. Menjamin kepuasan dengan produk juga selalu diprioritaskan semua layanan.

Gerak cepat dibutuhkan Zalora Indonesia agar analisis memburuknya bisnis dapat ditangkis dengan pencapaian yang lebih gemilang tahun ini. Salah satu keunggulan utama yang dapat dirasakan startup setelah melakukan adaptasi cloud adalah pengembangan fitur yang dapat dilakukan dengan lebih cepat. Karena salah satu bentuk kemudahan dari penggunaan cloud adalah penggunaan fiturnya yang cukup simpel, yaitu secara plug and play. Dengan begitu, tim IT tidak perlu lagi memikirkan teknis dari teknik internal yang kompleks dan non-essential, mereka cukup fokus dengan produk yang sedang dikembangkan. 

Banyak situs belanja daring memanfaatkan kemudahan cloud dalam pengembangan produk-produk mereka. Semua server pakai kluster yang ada di AWS, menggunakan beberapa teknologi seperti mesin virtual, basis data, bisa di deploy dalam satu sentuhan dan dapat fokus ke pengembangan produk untuk memberikan pengalaman terbaik dari pelanggan.

Adaptasi cloud di satu sisi juga dapat membantu dalam memberikan semacam konsep yang meyakinkan pelanggan bahwa mereka dapat menyelesaikan berbagai solusi, melalui inovasi yang dihadirkan lewat pemanfaatan cloud tersebut. Pemanfaatan platform cloud yang membantu mereka untuk tidak perlu merancang sistem dan produk secara scratch dari nol. 

Dengan adanya Amazon Chime SDK, tidak perlu lagi merancang dan mengembangkan antarmuka untuk produk dari awal dan memakan waktu berbulan-bulan. Hal ini, dapat membuktikan bahwa selain memudahkan startup menelurkan inovasi-inovasi baru, adaptasi cloud juga dapat membantu inovasi tersebut lebih cepat dipasarkan kepada pelanggan. Startup dapat berlari lebih cepat dengan inovasi-inovasi baru, tanpa perlu khawatir kekurangan sumber daya dan infrastruktur teknologi pendukung.

Strategi pemasaran Zalora sebelumnya adalah sistem batch dan blast. Tetapi seiring dengan bertumbuhnya bisnis, Zalora melihat kebutuhan untuk merespons keinginan pelanggan untuk mendapatkan pelayanan yang terpersonalisasi yaitu mampu mengorkestrasi komunikasi yang terpersonalisasi dan mengambil keputusan yang terinformasi, serta didorong oleh data adalah kunci dari strategi pemasaran yang lebih baik. Memiliki alat yang tepat membuat tugas Zalora lebih mudah. Karena itulah Zalora memilih untuk memperpanjang investasi mereka di teknologi Oracle Marketing Cloud.

Zalora sudah menggunakan teknologi Oracle Marketing Cloud sejak tahun 2013. Dengan Oracle Marketing Cloud, Zalora mampu berbicara dengan pelanggan dalam cara yang relevan dan terpersonalisasi. Program yang terotomatisasi melengkapi Zalora dengan kemampuan menganalisis perilaku pelanggan dan memahami dengan lebih baik bagaimana cara mengintensifkan pelanggan. Saat ini Zalora memiliki 10 program terotomatisasi dan berencana untuk memperluas sejumlah hubungan penting dengan pelanggan, untuk meningkatkan pemasaran antar relasi dan menumbuhkan pelanggan mereka menjadi duta merek mereka yang kuat.

Zalora berkomunikasi dengan lebih dari 10 juta pengguna aplikasi, 7 juta penggemar Facebook, 500.000 pengikut Instagram, 120.000 pengikut Twitter, dan menerima lebih dari 2,2 juta permintaan melalui e-mail, telepon, dan percakapan daring. Kini, platform tersebut menampung beragam profil pelanggan, di mana Zalora menyediakan pengalaman yang terpersonalisasi untuk masing-masing pelanggan. Bagi Zalora, yang penting bukan hanya memahami apa yang disukai pelanggan, tapi memastikan bahwa kami mendengarkan dan merespons bahasa digital pelanggan untuk mengembangkan interaksi yang terpersonalisasi masing-masing pelanggannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun