Mohon tunggu...
Mohamad Ramadhan Argakoesoemah
Mohamad Ramadhan Argakoesoemah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Program Studi Magister Manajemen STIE Indonesia Banking School

Mahasiswa Program Studi Magister Manajemen STIE Indonesia Banking School

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Menganalisis Pasar Persaingan pada Industri Makanan Olahan Donat di Indonesia

6 September 2023   18:15 Diperbarui: 6 September 2023   18:17 927
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Definisi dari mikro ekonomi ialah bagian dari dasar ilmu ekonomi yang di dalamnya membahas tentang perilaku pembeli dan penjual serta penentuan harga jual di pasar dan pemenuhan dari permintaan dan penawaran barang serta jasa yang di perjual belikan. Kebanyakan oleh industri kecil menengah. 

Ekonomi mikro melihat apa yang dilakukan pembeli/penjual akan pengaruhi penawaran dan permintaan atas barang dan jasa di pasar, yang akan menentukan besar harga. Dalam ekonomi mikro membahas juga bagaimana caranya serta permintaan barang dan jasa selanjutnya. 

Masing-masing pelaku bisnis melakukan praktik produksi dan konsumsi secara berimbang, bersama dengan pelaku bisnis yang lainnya. Hal ini akan membentuk suatu ekuilibrium dalam pasar dengan kita berasumsi bahwa semua hal lain tetaplah sama (Ceteris Paribus).

Selanjutnya pasangan dari ekonomi mikro. Ekonomi makro membahas aktivitas perekonomian skalanya nasional atau mendunia. Masalah utama yaitu mengenai perkembangan ekonomi, depresi/resesi, pengangguran, kebijakan perekonomian oleh pemerintah. Ekonomi makro itu mempelajari tentang dampak atas banyak tindakan pemerintahan (contohnya yaitu: perubahan tingkat besaran pajak) yang berpengaruh besar.

Penerapan mikro ekonomi ada pada areal besar dalam suatu pasar, contohnya banyak seperti memberikan suatu teori terhadap keadaan pasar. Peraturan dan kebijakan mempelajari hal-hal seperti mekanisme perusahaan, inovasi produk, hak cipta dan hak kekayaan intelektual atas suatu merek atau hak paten. 

Hukum dan Ekonomi adalah dua hal yang menerapkan prinsip ekonomi mikro kepada konsumen yang memilih produk terbaik, berkompetisi dengan pesaing dan efisiensi dalam pasar. 

Ekonomi Perburuhan mempelajari gaji, ketenagakerjaan, dan masalah di pasar industri. Finansial publik (disebut perekonomian masyarakat) tentang merancang aturan pajak oleh pemerintah dan kebijakan belanja negara serta efek ekonomi dari kebijakan-kebijakan yang telah dikeluarkan pemerintah (contohnya yaitu: pada jaminan kesehatan nasional atau BPJS).

Ekonomi kesehatan yaitu bagaimana cara pengelolaan dari sistem kesehatan, termasuk tugas dari pelayan kesehatan masyarakat dan produk asuransi kesehatan nasional maupun dari swasta. 

Ekonomi dalam politik melihat peran wakil rakyat dalam menentukan bagaimana keputusan harus diambil. Ekonomi kependudukan yaitu masalah pada kota besar, seperti kesenjangan, pencemaran lingkungan, kemacetan yang parah, dan kesulitan ekonomi, dilihat dalam catatan geografi dan sosiologi yang ada.

Ekonomi keuangan mempelajari topik seperti portofolio perusahaan yang optimal dan baik, rasio pengembalian dana ke modal, analisa ekonometri dari keamanan pengembalian dana dan kebiasaan buruk/manipulasi. 

Bidang lainnya biasanya mempelajari evolusi dari ekonomi dan institusi ekonomi, menggunakan metode dan tekniknya dari berbagai bidang yang akan menunjang proses penganalisisan pasar.

Hal yang kita tuju dari perekonomian mikro yaitu meneliti pasar dan segala permasalahan yang membentuk suatu harga kepada barang dan jasa, serta alokasi dari kelangkaan dengan penggunaan alternatif. 

Ekonomi mikro meneliti permasalahan di pasar, yaitu ketikan krisis lalu gagal dalam memenuhi permintaan yang efisien, serta menerjemahkan berbagai kondisi pasar yang menunjang bagi suatu pasar persaingan. 

Permasalahan yang sangat krusial dalam perekonomian mikro ini yaitu meliputi bagaimana dapat mencapai titik ekuilibrium, informasi yang aktual pada keadaan pasar, tindakan menghadapi situasi krisis ekonomi dan berbagai penerapannya yang pada akhirnya akan mendapat kesimpulan ialah pembahasan mengenai elastisitas penjualan.

Krispy Kreme adalah sebuah jaringan restoran donat yang bermarkas di negara Amerika Serikat dengan perusahaan pengelola utamanya adalah Krispy Kreme Doughnuts, Inc. (NYSE: KKD) yang berlokasi di California. Krispy Kreme didirikan pada tahun 13 Juli 1937, Vernon Rudolph membuka Krispy Kreme pertama di tempat yang sekarang menjadi bersejarah yaitu Old Salem di Winston-Salem, North Carolina di Amerika Serikat (Krispy Kreme, 2018). 

Dia menyewa sebuah bangunan di situ lalu menjual donat Krispy Kreme ke toko-toko bahan makanan yang awalnya sebagai pedagang grosir saja. Karena makin popular donatnya, Vernon melihat ini sebagai peluang untuk menciptakan bisnis ritel lalu memulai membangun toko-toko ritelnya untuk menjualnya langsung ke pelanggan. Ambisius Vernon ini tidak akan terhentikan.

Hadir di Indonesia, hak waralaba atau ritelnya dipegang oleh PT Mitra Adi Perkasa, Tbk. dan pertama kali dibuka pada tahun 2006 (Wikipedia, 2019). Mereka membuka toko di Indonesia untuk membawa sukacita donat khas negeri Amerika yang lezat untuk semua orang Indonesia khususnya dan seluruh orang Asia Tenggara umumnya. 

Pembukaan dan lokasi toko baru akan selalu mereka bangun demi berekspansi besar-besaran ke Asia Tenggara. Salah satu visi terkenal mereka yaitu "Mendengarkan kisah Anda, apakah itu kenangan indah, bagaimana Krispy Kreme membuat hari Anda ceria, atau bagaimana kami membawa senyum kepada Anda atau untuk wajah orang yang Anda cintai". Itu visi mereka yang menjadi semangat mereka.

Donat Krispy Kreme menjual berbagai jenis donat, tetapi yang paling terkenal adalah donat berlapis gula yang biasanya disajikan hangat. Salah satu ciri khas toko-toko Krispy Kreme adalah kaca besar antara dapur dan areal untuk makan, sehingga para pelanggan dapat melihat cara pembuatan dan penyajian donatnya. Mereka menyajikan donat yang lezat dan kopi premium dengan harga terjangkau agar dapat dibeli oleh segala kalangan masyarakat. Donat yang mereka sajikan juga selalu donat langsung buatan tangan, segar serta selalu hangat setiap harinya (fresh from the oven).

Masyarakat di Indonesia akhirnya banyak yang menyukai Krispy Kreme karena lebih beragamnya rasa untuk dipilih dibanding dengan toko-toko donat lainnya. Donat di sini menurut beberapa orang merupakan donat yang cita rasanya lebih manis dari donat di luar sana. Banyak sekali cabangnya yang membuat mudah menjumpai Krispy Kreme di tempat terdekat mereka. Mereka menyajikan pelayanan yang ramah sekali sehingga otomatis secara langsung dapat memuaskan pelanggan yang data membeli.

Tempat duduk yang disediakan di seluruh tokonya memang sengaja terbatas, alasannya yaitu karena ini adalah toko donat, maka kita sebaiknya menikmati donatnya di tempat lain saja (tidak cocok untuk Dine-in). 

Di Krispy Kreme menghadirkan rasa yang berbeda dan menawarkan banyak pengalaman menyenangkan pada toko donatnya. Varian donat mereka akan selalu berganti tidak terbatas untuk menciptakan pengalaman yang memuaskan. Kita bisa juga menikmati beragam seduhan kopi yang hangat dengan campuran berbagai biji kopi lokal dengan biji kopi khusus dari Amerika.

Penjualan dari donat Krispy Kreme dalam bentuk restoran meliputi penjualan di meja kasir dan juga penjualan dari jendela atau Drive-Thru pada beberapa gerai. Krispy Kreme berpartisipasi dalam penggalangan dana organisasi masyarakat di mana mereka menawarkan donat dengan potongan harga untuk proyek penggalangan dana masyarakat. Penjualan di luar bangunan meliputi penjualan dengan merek, tanpa merek, dan dengan label hasil sendiri ke toko makanan dan juga toko yang beroperasi 24 jam.

Sebenarnya donat Krispy Kreme awalnya itu belum begitu terkenal di Indonesia. Alasannya karena menurut banyak orang itu donat pasti rasanya tidak banyak ada perbedaan, maka Krispy Kreme tidak terlalu terkenal di kalangan masyarakat dibanding toko donat lainnya. Tetapi di sini banyak varian yang unik dan tidak ada di toko donat lainnya, seperti donat isinya ada KitKat atau berisi semacam cairan atau kopi. Terdengar unik dan dapat menarik perhatian untuk pembeli mencoba.

Donat Coffee dan donat KitKat Choco Swirl masing-masing dijual Rp7,500 per buahnya. Ternyata rasanya enak menurut banyak orang, empuknya pas dan masih berasa padat juga isinya. Manisnya krim juga oke, tidak berlebihan, tetapi krim kopinya rasanya ada asam sedikit. Rasa pahitnya tidak terlalu terasa dan nikmat jika dihidangkan bersamaan dengan donatnya. Nikmat rasa donat serta kopinya dan mengenyangkan.

Untuk Assorted yang menarik yaitu donat Blueberry, karena ada Icing Blueberry dan juga Blueberry Jam yang meleleh di adonan donatnya. Berikutnya yang favorit di sini ada Double Chocolate Cake, Strawberry Sparkling dan Strawberry Shortcake. Untuk beberapa gerai restoran yang terkenalnya berlokasi di Mal Grand Indonesia, Mal Pondok Indah 2, Mal AEON, Senayan City dan masih banyak lagi lokasi toko lainnya yang tersebar seluruh wilayah Indonesia yang akan bertambah lagi.

Seorang pengusaha bernama Bill Rosenberg memulai membuka restoran Layanan Makan Siang untuk pekerja industri pada tahun 1946 (Dunkin' Donuts, 2014). Pada tahun 1948, Rosenberg membuka sebuah gerai donat dengan nama 'Open Kettle' yang berlokasi di kota Boston, Southern Artery in Quincy - Massachusetts, Amerika Serikat. 

Di luar dugaan, gerai donat miliknya itu berkembang dengan pesat. Melihat perkembangan usahanya yang terlihat positif, pada tahun 1950 Rosenberg pun memutuskan mengubah nama gerai Open Kettle miliknya menjadi nama lain yang lebih menjual lagi. Dia berharap dengan pergantian nama, donatnya akan semakin terkenal.

Setelah melalui proses diskusi panjang, akhirnya terpilih nama baru yang menjanjikan yaitu Dunkin' Donuts. Selaras dengan perubahan merek tersebut, diterapkanlah sistem bisnis waralaba. Kemajuan serta ketenaran Dunkin' Donuts semakin tidak terbendung. 

Restoran Dunkin' Donuts berhasil berekspansi secara menakjubkan, sehingga gerainya tersebar pada negara Kanada sampai seluruh benua Amerika dan juga telah sampai ke benua Eropa dan Asia. Mereka akan terus ekspansi.

 Pada tahun 1970, Dunkin' Donuts Inc. telah menjadi merek resmi internasional dengan reputasi yang sangat luar biasa dalam hal kualitas, produksi dan pelayanannya. Eksistensi serta terkenalnya label dagang dia juga yang kemudian menarik minat Allied Domecq Inc., yaitu perusahaan internasional yang cukup besar dan diperhitungkan. 

Mereka adalah pemilik dari merek terkenal Togo's dan es krim Baskin Robins, untuk mengakuisisi perusahaan Dunkin' Donuts Inc. dari tangan keluarga besar Rosenberg. Pembelian dan akuisisi perusahaan dari keluarga besar Rosenberg akhirnya disetujui dan dilakukan dengan penuh persahabatan pada tahun 1983. Tetapi perusahaan tetap mempertahankan sistem yang lama dan hanya melakukan perubahan dalam skala kecil.

Satu hal yang menjadi ambisi seluruh jajaran manajemen Allied Domecq yaitu membantu Dunkin' Donuts Inc. berekspansi pada pasar internasional. Untuk mewujudkan ambisinya tersebut, diberlakukanlah standarisasi di seluruh restoran Dunkin' Donuts. Di samping itu, berbagai strategi pemasaran yang jitu juga mulai dilancarkan, seperti selalu berusaha memperbaharui desain sesuai dengan tren, fokus terhadap kualitas produk serta berusaha memaksimalkan kepuasan para pelanggannya.

Restoran Dunkin' Donuts mulai merambah ke dalam pasar bisnis Indonesia pada tahun 1985 dengan gerai pertamanya yang berlokasi di Jalan Hayam Wuruk, Jakarta. Khusus wilayah Indonesia, master franchise Dunkin' Donuts dipegang oleh PT Dunkindo Lestari Indonesia. 

Semenjak diberikan keleluasaan untuk memegang hak waralaba tersebut, Dunkin' Donuts di Indonesia berandai-andai serta bertekad kuat untuk terus membesarkan serta memperkuat penilaian baik dari konsumen Dunkin' Donuts. Tidak hanya di Ibu Kota Indonesia, tetapi juga tersebar di berbagai kota besar Indonesia lainnya. Bahkan, toko Dunkin' Donuts yang terbesar di dunia terletak di kota Palembang. Sudah banyak berkembang toko-tokonya dan akan terus bertambah terus.

Itu sebabnya, kegiatan berekspansi dengan jalan membuka puluhan gerai permanen terus dilakukan secara berkala. Sekarang, Dunkindo Lestari Indonesia sudah sukses melebarkan sayap bisnisnya lebih dari 200 gerai tersebar di berbagai daerah Indonesia seperti Jakarta, Tangerang, Bogor, Bekasi, Depok, Surabaya, Bandung, Bali (5000th international store), Yogyakarta, Medan, Makassar, dan kota-kota lainnya. 

Cita-cita perkuat awareness dan brand positioning bisa dibilang telah berhasil. Setidaknya, hal ini bisa dilihat dari hasil survei sebuah lembaga riset yang membuktikan bahwa Top of Mind Dunkin' Donuts di negeri kita sudah mencapai hingga 91,8%. Bersamaan dengan terus dilangsungkannya kegiatan penyegaran, Dunkin' Donuts Indonesia juga bertekad kuat untuk berkomitmen berusaha lebih memfokuskan permasalahan mereka pada perbaikan produk dan pelayanan pada seluruh aspek.

Telah tercatat juga tingkat kepuasan konsumen Indonesia terhadap Dunkin' Donuts secara keseluruhan mencapai 80,8%. Seiring dengan kuatnya kepuasan serta ekspektasi pelanggan dari Dunkin' Donuts yang telah dibuktikan lewat hasil observasi, di awal tahun 2001 Dunkin' Donuts Indonesia terus mencarikan inovasi baru dengan melakukan pembaharuan konsep pada setiap tokonya. Ini nilai tambah yang cukup baik.

Kegiatan penyegaran tersebut dilakukan secara bertahap dengan jalan mengubah logo, desain interior gerai, dan berbagai perubahan lainnya. Dampak dari konsep baru membuat Dunkin' Donuts terlihat lebih baru dan sesuai dengan keinginan pasar Indonesia, tetapi semua itu belum cukup. Dengan demikian diharapkan tingkat kepuasan konsumen terhadap Dunkin' Donuts dapat terus melejit lagi dan bisa bertahan.

Donat yang berisi stroberi selalu menjadi ketertarikan tersendiri untuk varian donat di Dunkin' Donuts karena selai stroberinya yang rasa serta teksturnya berbeda dari donat pada restoran donat lainnya. Donat stroberi merupakan salah satu varian legendaris juga di Indonesia. Tempatnya nyaman untuk makan di tempat serta posisi tokonya yang selalu bertempat di lokasi yang strategis dan dekat dengan pusat kegiatan masyarakat. Harganya juga lebih bersahabat daripada toko-toko donat yang lainnya.

Untuk varian roti dan donatnya memiliki tekstur yang halus, hangat, empuk dan varian isinya yang beragam. Tetapi, donat Krispy Kreme menurut banyak orang, dinilai lebih empuk daripada Dunkin' Donuts, bahkan empuknya tahan beberapa hari. Salah satu varian legendaris favorit orang-orang yaitu donat Mint, Triple Choco dan Chocolate Jimmies. Berbagai varian unik membuat konsumen tidak akan cepat bosan.

Untuk minumannya yang enak di sini adalah Orange Juice dan Tiramisu Latte. Dunkin' Donuts tidak memiliki varian minuman yang banyak. Walaupun tempatnya enak untuk makan di tempat, tetapi kenyamanannya terlihat kurang. Pelayanannya juga banyak yang menilai kurang ramah dan bersahabat. Tetapi, untuk mengobrol bersama keluarga atau dengan teman berbisnis, di sinilah tempat yang cocok sekali untuk kalian.

Pesaing nomor satu Krispy Kreme adalah Dunkin' Donuts. Gerai restoran donat legendaris yaitu Dunkin' Donuts telah tersebar lebih dari 7.000 gerai di seluruh dunia pada tahun 2007. Terjadi peningkatan yang signifikan dari 5.438 gerai pada tahun 2005. Terdapat 1.900 gerai di lebih dari 30 negara di luar negara Amerika Serikat dan lebih dari 5.300 gerai di wilayah negara Amerika Serikat, kenaikannya 3.836 gerai dari tahun 2005. Melihat persaingannya, dari kandungan pada sebuah donat lapis gula atau Glazer Dunkin' Donuts mengandung 180 kalori, sedangkan donat Glazer dari Krispy Kreme memiliki 200 kalori. Hanya sedikit perbedaannya dari kadungan produk kue donatnya.

Donat Krispy Kreme menjual berbagai varian seduhan kopi, espresso hangat, minuman dingin dan susu putih atau susu yang diberi berbagai rasa. Kopinya menggunakan biji kopi utuh pilihan dan bermutu tinggi yang dijual bersama sama dengan kopi segar yang beragam cita rasanya. Donat Dunkin' Donuts juga menjual varian kopi serta beragam minuman dingin, tetapi variannya terbatas dan tidak sebanyak varian pada Krispy Kreme. Pada intinya, mereka semua ini adalah sebagai tempat minum kopi dan makan donat. Jenis produknya sama dan sedikit perbedaannya.

Persaingan bisnis pada pasar hidangan makanan semakin ketat di Indonesia, begitu juga dalam bisnis makanan seperti donat. Hal ini ditandai oleh semakin banyak munculnya merek donat yang ada di Indonesia, sehingga konsumen dihadapkan pada berbagai pilihan merek yang lainnya seperti J.CO Donut, I-Crave, dan masih banyak lagi. Munculnya berbagai jenis merek donat tersebut, menuntut para produsen untuk menjaga kekuatan merek yang dikelola oleh perusahaan. Hal tersebut bertujuan agar merek produk mereka mampu saling bersaing pada pasar dalam jangka waktu panjang.

Saat ini Dunkin' Donuts mengalami beberapa masalah, contohnya konsumen sudah bosan dengan bentuk produk Dunkin' Donuts yang tebal (agungagriza.wordpress.com, 2011). Produk yang ditawarkan oleh produsen kepada konsumen juga mempunyai aspek-aspek yang menunjang, seperti kualitas produk. Saat ini kualitas produk donat Dunkin' Donuts dari segi rasa telah kalah dari donat Krispy Kreme, karena produk donat Krispy Kreme lebih legit bagi para penikmat donat (annisamardiana.wordpress.com, 2011). Kemudian dari perspektif konsumen, harga pada minuman Dunkin' Donuts tersebut tidak sebanding dengan kualitas produk tersebut yang didapatkan pembeli (detik.com, 2011). Ini sangat mengecewakan.

Dalam hal ini yang dimaksud adalah minuman Cream Float yang saat diberikan kepada konsumen, ternyata keadaan krimnya tidak layak untuk diminum. Dunkin' Donuts dalam menjual produknya dinilai menggunakan cara berbisnis yang tidak jujur (Home of Veronica of Tan, 2012). Hal ini terbukti saat seorang konsumen membeli 1 lusin donat, roti keju dan kopi dengan total harga Rp86.000, lalu Dunkin' Donuts memberikan gratis 1 roti tawar gratis. Setelah dicek pada kuitansi pembayaran, ternyata tidak gratis karena konsumen itu ternyata harus membayar tambahan sebesar Rp10.000.

Kemudian dari segi pelayanan Dunkin' Donuts, mereka tidak memahami apa yang sebenarnya diinginkan oleh konsumennya (detik.com, 2012). Contohnya pada kasus seorang konsumen yang memesan 1 lusin donat dengan harga Rp71.000, di dalam paket tersebut tidak dimasukkan donat dengan rasa selai srikaya sehingga telah membuat kecewa konsumen tersebut. Pasti ada saja kekurangan dari tiap merek produk.

Krispy Kreme, Dunkin' Donuts dan merek donat lainnya masuk dalam jenis produk yang sama dan masa pemasarannya sama-sama memiliki waktu yang terbatas, dengan masing-masing menggunakan strategi pemasaran yang berbeda untuk menarik perhatian konsumen. Krispy Kreme didirikan 11 tahun lebih awal dari Dunkin' Donuts. Tetapi Dunkin' Donuts masuk ke Indonesia dari 21 tahun lebih awal daripada Krispy Kreme. Produknya masih seputar makanan seperti donat, bagel dan aneka roti. Mereka semua ini berdatangan dengan menawarkan menu dan jenis produk yang hampir sama.

Krispy Kreme dan Dunkin' Donuts terus berlomba-lomba menghadirkan inovasi baru pada produk yang mereka jual. Dunkin' Donuts berfokus pada penawaran yang lebih banyak, sedangkan Krispy Kreme berfokus pada pengalaman cita rasa dan pelayanan dengan produk mereka sendiri (mix.co.id, 2017). Hal ini berarti bisa menjadi ancaman bagi kedua belah pihak. Ekspansi juga bisa menjadi ancaman serius karena untuk pihak yang berekspansi bisa menjangkau pelanggan lebih banyak dan luas lagi.

Dunkin' Donuts dapat ditemukan di berbagai tempat bahkan di tempat yang kurang strategis sekalipun. Krispy Kreme sebagai pendatang baru di Indonesia harus berusaha mengimbanginya dengan lebih banyak membuka toko lagi. Mereka Bersama dengan merek restoran donat lainnya juga bersaing dalam sajian seduhan kopi serta berbagai minuman dingin lainnya. Perubahan varian aneka menu hidangan pada Krispy Kreme bisa dinilai lebih cepat dan juga secara rutin dibanding dengan Dunkin' Donuts.

Dunkin' Donuts sebagai restoran legendaris di Indonesia, menyikapi hal tersebut dengan mulai menghadirkan kembali varian donat dan minuman yang sebelumnya sudah ditiadakan. Cara ini lumayan efektif untuk lebih menarik pelanggannya terutama pelanggan lamanya. Secara tidak terlihat, Dunkin' Donuts berusaha agar eksistensinya tidak kalah dengan pendatang barunya, yaitu Krispy Kreme dan merek lainnya. Ini adalah cara perusahaan yang secara teratur menyegarkan menu dengan hanya menambahkan satu atau dua bahan pada produk yang sebelumnya ada.

Berdasarkan sumber dari di salah satu toko Krispy Kreme yang berlokasi di Mal Lippo Kemang - Lantai 2, Jakarta Selatan. Krispy Kreme berasal dari Amerika yang berdiri sejak 1937 dan baru muncul di Indonesia pada tahun 2007. Krispy Kreme menjual produk food and beverage, khususnya produk donat. Menu spesial dari Krispy Kreme adalah Donat Glazer.

Berikut adalah produk yang ditawarkan Krispy Kreme:

Foods:

  • Original Glazed Doughnuts;
  • Customized Doughnuts;
  • Assorted Doughnuts.

Beverages:

  • Chillers (Chocolate, Caramel, Mocha, Hazelnut, Green Tea, Oreo, Crme Brulee);
  • Frozen Lemonade;
  • Affogato;
  • Lemon, Orange, Strawberry Fruit;
  • Hot Beverages (Espresso, Americano, Cappuccino, Mocha, Caramel, French Vanilla, Chocolate, Green Tea, Cadburry, Tea).

Harga pada makanan dan minuman Krispy Kreme tidak terlalu jauh bedanya dengan para pesaingnya. Berikut harga beberapa produk Krispy Kreme:

  • Original Glazed: Rp10.000/each dan Rp90.000/dozen;
  • Assorted Doughnuts: Rp12.000/each dan Rp102.000/dozen;
  • Drinks: Rp25.000--Rp45.000.

Krispy Kreme sudah memiliki banyak gerai di dalam negeri maupun di luar negeri. Berikut beberapa toko Krispy Kreme yang berlokasi di Jakarta dan sekitarnya:

  • Kemang (Lippo Mall Kemang);
  • Pejaten (Promenade Building);
  • Pondok Indah (Ponndok Indah Mall 2);
  • Setiabudi (Lotte Shopping Avenue);
  • Menteng (Grand Indonesia);
  • Grogol (Central Park);
  • Plaza Senayan & Senayan City;
  • Kelapa Gading Mall 3; dan masih banyak tokonya lagi.

Berdasarkan wawancara dan penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa model pasar Krispy Kreme adalah pasar persaingan oligopoli. Pasar persaingan jenis Oligopoli adalah pasar persaingan tidak sempurna. Pasar Oligopoli adalah jenis pasar di mana terdapat beberapa penjual dengan banyak pembeli. Jenis produk yang dijual di dalam pasar tersebut bersifat homogen. Produk homogen berarti jenis produknya sejenis, tetapi ada diferensiasi pada masing-masing produknya. Mereka bersaing dengan berlomba-lomba menciptakan sebuah keunggulan dalam produknya agar bisa menarik perhatian pembeli.

Pada pasar persaingan oligopoli, setiap perusahaan menempatkan dirinya sebagai bagian yang terikat di dalam permainan pasar. Artinya, keuntungan yang mereka dapatkan tergantung dari tindak-tanduk dari pesaing mereka. Sehingga semua usaha promosi, perubahan harga dan, iklan itu dilakukan bertujuan untuk menjauhkan konsumen dari kompetitor mereka.

Praktik pasar oligopoli dilakukan dalam upaya untuk menahan perusahaan yang berpotensi untuk masuk ke dalam pasar, apalagi yang berusaha memonopoli pasar. Perusahaan yang melakukan oligopoli bertujuan untuk menikmati laba dengan menetapkan harga jual terbatas yang menyebabkan hilangnya kompetisi harga di antara pegiat bisnis itu. Dalam Oligopoli, prinsipnya adalah berusaha memenuhi permintaan pasar, namun jangan sampai barang yang disediakan tersebut melebihi dari jumlah permintaan di pasar. Alasannya yaitu apabila barang yang disediakan berlebihan, maka harga barang tersebut akan menurun.

Penjual juga harus memperhatikan berapa harga produk yang layak untuk dijual dengan biaya produksi yang telah mereka keluarkan. Konsumen juga akan selalu berpikir untuk memilih apakah dia ingin membeli suatu produk tersebut atau tidak. Jika mereka menginginkannya dan produk tersebut sangat bagus atau mempunyai nilai lebih yang menjual, maka biasanya mereka ini tidak akan terlalu sensitif terhadap harga yang ditetapkan oleh penjual. Selagi dana mereka mencukupi, biasanya mereka akan tetap membeli meskipun harga mengalami kenaikan bahkan hingga kenaikan itu dinilai spesifik atau tinggi sekalipun.

Pesaing nomor satu Krispy Kreme adalah Dunkin' Donuts. Persaingan dalam pasar Oligopoli ini cukup ketat. Gerai restoran donat legendaris yaitu Dunkin' Donuts telah tersebar lebih dari 7.000 gerai di seluruh dunia pada tahun 2007. Terjadi peningkatan yang signifikan dari 5.438 gerai pada tahun 2005. Terdapat 1.900 gerai di lebih dari 30 negara di luar negara Amerika Serikat dan lebih dari 5.300 gerai di wilayah negara Amerika Serikat, kenaikannya 3.836 gerai dari tahun 2005. Melihat persaingannya, dari kandungan pada sebuah donat lapis gula atau Glazer Dunkin' Donuts mengandung 180 kalori, donat Glazer dari Krispy Kreme memiliki 200 kalori.

Saat ini Dunkin' Donuts mengalami beberapa masalah, contohnya konsumen sudah bosan dengan bentuk produk Dunkin' Donuts yang tebal. Produk yang ditawarkan oleh produsen kepada konsumen juga mempunyai aspek-aspek yang menunjang, seperti kualitas produk. Saat ini kualitas produk donat Dunkin' Donuts dari segi rasa telah kalah dari donat Krispy Kreme, karena produk donat Krispy Kreme lebih legit bagi para penikmat donat. Kemudian dari perspektif konsumen, harga yang ditetapkan pada minuman Dunkin' Donuts tidak sebanding dengan kualitas produknya.

Tetapi Dunkin' Donuts masuk ke Indonesia dari 21 tahun lebih awal daripada Krispy Kreme. Produknya masih seputar makanan seperti donat, bagel dan aneka roti. Mereka ini berdatangan dengan menawarkan menu dan produk Krispy Kreme, Dunkin' Donuts dan merek donat lainnya masuk dalam jenis produk yang sama dan masa pemasarannya sama-sama memiliki waktu yang terbatas, dengan masing-masing menggunakan strategi pemasaran yang berbeda untuk menarik perhatian konsumen. Krispy Kreme didirikan 11 tahun lebih awal dari Dunkin' Donuts yang hampir serupa.

Krispy Kreme dan toko donat lainnya berada pasa pasar oligopoli. Mereka terus berlomba-lomba menghadirkan inovasi baru pada produk yang mereka jual. Dunkin' Donuts berfokus pada penawaran yang lebih banyak, sedangkan Krispy Kreme berfokus pada pengalaman pada cita rasa dan pelayanan dengan produk mereka sendiri.

DAFTAR PUSTAKA

agungagriza.wordpress.com. (2011).

annisamardiana.wordpress.com. (2011). Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Dunkin' Donuts. Retrieved from annisamardiana.wordpress.com.

detik.com. (2011). Kualitas Minuman Dunkin' Donuts. Retrieved from www.detik.com.

detik.com. (2012). Semoga Kedepan Dunkin' Donuts Lebih Manis Lagi. Retrieved from www.detik.com.

Dunkin' Donuts. (2014). History. Retrieved from www.dunkindonuts.co.id.

Home of Veronica of Tan. (2012). Hati-Hati Ketika Membeli Dunkin' Donuts.

Krispy Kreme. (2018). Doughnuts and Coffee Since 1937. Retrieved from www.krispykreme.com.

mix.co.id. (2017). Babak Baru Persaingan Kedai Starbuck Vs Dunkin Donuts.

Wikipedia. (2019). Krispy Kreme. Retrieved from id.wikipedia.org.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun