Mohon tunggu...
Mohamad Fathul Fahmi
Mohamad Fathul Fahmi Mohon Tunggu... Freelancer - Full Time Freelance

Perkenalkan saya mohamad fathul fahmi. saya mempunyai minat apapun pada dunia internet.

Selanjutnya

Tutup

Money

5 Jenis Strategi Posisi Produk untuk Menyukseskan Bisnis Anda

13 Juni 2021   20:50 Diperbarui: 9 Agustus 2021   08:43 224
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Penting sekali untuk sebuah perusahaan membangun kesan terhadap produk mereka, agar produk mereka tetap diingat oleh para konsumen. Strategi yang bisa digunakan untuk mencapai tujuan ini adalah product positioning atau memposisikan produk.

Pengusaha harus bisa mengembangkan cara akan konsumen bisa mengingat produk mereka dan juga harus bisa mengembangkan produk tersebut agar konsumennya semakin bertambah.

Lalu, apa sebenarnya product positioning itu? apa saja jenis-jenisnya?. Mari kita bahas.

Pengertian Product Positioning

Product positioning atau yang lebih dikenal dengan nama posisi produk adalah sebuah trik atau cara untuk membentuk persepsi konsumen mengenai sifat atau tujuan produk yang akan diperoleh jika menggunakan produk tersebut.

Menurut Basu Swastha dan Irawan (2008:99), Product positioning adalah sebuah strategi untuk menciptakan kesan terhadap barang dengan menggunakan informasi yang dimiliki dengan tujuan untuk menyasar pasar yang dituju.

Jadi bisa disimpulkan bahwa, produk positioning adalah sebuah cara untuk menciptakan persepsi dari produk dengan menggunakan informasi yang aja dan menyasar pasar yang dituju.

Product positioning sangat berkaitan dengan pasar yang akan difokuskan. Selain itu, strategi ini lebih berfokus pada melihat persepsi dari konsumen dari pada terhadap produknya.

Jenis Jenis Pendekatan Product Positioning

Berikut beberapa jenis pendekatan product positioning yang bisa anda terapkan pada usaha anda :

1. Atribut dan Manfaat Produk

Strategi Product Positioning berdasarkan atribut dan manfaat produk adalah dengan cara memposisikan produk dengan memperhatikan segmen atribut atau sifat serta manfaar  yang dimiliki oleh produk tersebut. 

Misalnya : 

  • Printjet : Untuk mencetak kode / label pada produk secara cepat
  • Bata  : Alas Kaki yang nyaman

2. Harga dan Kualitas

Strategi ini menerapkan pada aspek harga dan kualitas. Produk yang memiliki harga murah tidak selalu menjadi incaran, namun juga harga yang reasonable sesuai dengan kualitas yang dimiliki sebuah produk.

3. Berdasarkan Pemakai

Strategi jenis ini menggunakan brand ambassador atau model untuk mewakili perusahaan mereka.

Misalnya produk kecantikan menggunakan artis sebagai modelnya atau produk alat untuk olahraga menggunakan atlet sebagai modelnya.

Model yang digunakan sebagai perwakilan dari produk ini biasanya memiliki kemampuan atau kekuatan untuk meningkatkan citra produk tersebut.

4. Berdasarkan Pesaing

Jenis strategi ini menerapkan produk anda sebagai yang terbaik dibandingkan produk pesaing.

Contohnya yaitu persaingan produk Thermal Inkjet (TIJ) antara Prinjet dan Codejet. Kedua produk ini saling besaing satu sama lain untuk memenangkan hati para konsumennya dalam hal industrial printing.

5. Kategori Produk

Stategi ini menempatkan produk sebagai acuan kategori produk tertentu. Biasanya strategi ini memiliki fokus pada satu merek, padahal memiliki beberapa merek lainnya. 

Itulah penjelasan mengenai product positioning dan jenis jenis strateginya. Semoga bisa menambah wawasan anda.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun