Salah satu peran guru di sekolah adalah sebagai inspirator, pemberi inspirasi. Peran ini tentu sebuah tuntutan secara profesional. Oleh karenanya, setiap guru merupakan inspirator di kelasnya masing-masing.
Harus diakui bahwa tidak semua guru dapat menempatkan diri sebagai inspirator secara utuh di kelasnya. Namun demikian, selalu ada guru di setiap sekolah yang mampu memberikan inspirasi, guru yang menjadi idola bagi siswa dan sesama guru. Guru inspiratif memiliki semacam keistimewaan tersendiri yang tidak dimiliki guru secara umum. Bagaimana pribadi guru yang inspiratif?
Guru inspiratif mampu mendorong siswanya mencapai potensi terbaik mereka dan mengembangkan kompetensi pengetahuan dan sikap. Guru inspiratif memiliki kompetensi dimana dia terampil menghubungkan pelajaran yang diajarkan dengan kehidupan sehari-hari siswa, menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, sehingga siswa merasa lebih tertarik dan terlibat lebih aktif dalam pembelajaran. Selain itu, guru inspiratif mampu menciptakan suasana belajar yang menumbuhkan rasa nyaman dan rasa percaya diri siswa dalam proses pembelajaran. Guru inspiratif adalah seorang guru yang dapat membangun motivasi dan menumbuhkan ilham yang membentuk daya kreatif kepada siswa-siswanya dalam proses pembelajaran.
Guru inspiratif juga senang berbagi kepada rekan guru tentang praktik positif yang dilakukannya. Seorang guru inspiratif biasanya menjadi tempat bertanya guru-guru yang lain dan sering berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait.
Guru inspiratif memiliki ciri-ciri sebagai panutan dan contoh yang baik bagi siswa-siswanya. Mereka mampu memperlihatkan dedikasi dan komitmen yang tinggi terhadap profesi mereka, serta memiliki kemampuan untuk menghadapi tantangan dan kesulitan dengan sikap yang positif dan solutif. Dengan begitu, siswa-siswa dapat belajar dari guru inspiratif tentang bagaimana menjadi pribadi yang sukses dan inspiratif juga di masa depan mereka.
Guru inspiratif yang sesungguhnya adalah guru yang dapat memberikan kepuasan belajar kepada siswa mereka. Guru inspiratif tidak selalu harus menjadi pemenang lomba. Kemenangan mereka adalah ketika dapat memenangkan hati dan perhatian siswanya. Biasanya guru seperti ini menjadi sumber rujukan karena mampu mengerucutkan perhatian siswa kepada dirinya dalam hal-hal positif.
Saya sendiri belum dapat memberikan inspirasi secara maksimal kepada banyak orang. Sejak diberikan saya menerima kepercayaan sebagai kepala sekolah mulai pertengahan tahun 2019 di SDN 1 Embung Kandong, Lombok Timur. Memimpin sekolah dengan tanggung jawab sebagai sekolah penggerak sejak tahun 2020, saya belum merasa memiliki sesuatu yang patut untuk dipublikasikan kepada orang lain.
Namun demikian, dalam penilaian saya, ada satu guru di sekolah saya yang memiliki jiwa inspirator. Namanya Lalu Akhmad Tamlihan, S.Pd. Dia tergolong masih sangat belia. Dengan kelahiran tahun 1992, Lalu Tamlihan telah menjelma menjadi guru yang memberikan inspirasi, setidaknya, di lingkungan internal sekolah.
Berikut ini saya mencatat beberapa keterampilan dan kelebihan Lalu Akhmad Tamlihan yang saya ketahui serta memberikan kontribusi yang cukup penting dalam rangka pengembangan sekolah.
Seni Musik Gendang Beleq
Laki-laki yang memiliki dua orang putra ini memiliki bakat cukup istimewa di bidang seni. Beberapa keahlian seni yang dimilikinya yaitu, keterampilan memainkan alat musik tradisional gendang beleq, seni musik khas suku Sasak. Pak Tamlihan, saya menyapanya, dapat memainkan seruling dengan sangat mahir. Seruling dalam gendang beleq merupakan alat musik yang menempati posisi sentral.
video berikut ini merupakan aksi permainan serulingnya dalam sebuah undangan acara pesta perkawinan.
Bahkan guru yang diangkat sebagai PNS sejak tahun 2019 silam ini memiliki Grup Gendang Beleq dimana dia menjadi penanggung jawab utamanya. Dalam beberapa kegiatan di sekolah, Lalu Tamlihan kerap melibatkan komunitasnya.
Gendang Beleq yang dipimpinnya juga sering diundang pada acara pesta perkawinan masyarakat sebagai pengiring dalam kegiatan nyongkolan (tradisi arak-arakan sepasang pengantin dari rumah mempelai laki-laki ke rumah mempelai perempuan). Tradisi ini diiring secara bersama-sama oleh keluarga dan kerabat mempelai laki-laki dengan tabuhan alat musik tradisional Sasak
Karena tugas mengajarnya, Lalu Tamlihan hanya menyanggupi undangan pada hari minggu atau sabtu sore atau hari libur. Lalu Tamlihan menolak undangan pada hari-hari sekolah. Dia sadar bahwa kewajibannya menjalankan tugas utama lebih penting dari yang lain.
Bersama rekan-rekannya sejak mengajar bergabung di sekolah saya, setiap tahun terlibat sebagai musik pengiring dalam pementasan drama dan tari di sekolah.
Seni Pantomim
Lalu Tamlihan juga memiliki keterampilan memainkan seni pantomim. Guru yang dilahirkan di Desa Rarang (Lombok Timur) ini sudah malang melintang di dunia pantomim Nasional sejak masih lajang dengan membawa anak asuhnya mengikuti berbagai event di beberapa daerah. Lalu Tamlihan tidak saja dapat bermain pantomim untuk dirinya sendiri. Dia juga dapat menularkan bakatnya kepada anak-anak di sekolah.
Seni pantomim memerlukan kemampuan gerakan tubuh yang khusus dan lentur, kemampuan berekspresi yang baik, penghayatan yang mendalam, dan memerlukan kepercayaan yang tinggi di depan penonton. Melalui pantomim, Lalu Tamlihan mampu membangun dan membentuk sikap positif pada anak-anak. Sebelumnya siswa di sekolah saya secara umum kurang memiliki rasa percaya diri untuk tampil di panggung. Pantomim memberikan perubahan sikap dan kemampuan yang cukup signifikan kepada anak-anak. Mereka terlihat lebih bersemangat, lebih percaya diri, dan memiliki motivasi yang lebih kuat. Kemampuan pantomim Lalu Tamlihan juga disertai dengan kemampuan melihat potensi anak-anak dalam bermain pantomim.
Seni Drama
Lalu Tamlihan juga memiliki kemampuan bermain drama yang cukup bagus. Sejak masih duduk di bangku kuliah dia sudah aktif dalam komunitas seni di kampusnya. Dari sinilah bakat teaternya terbentuk. Di sekolah Lalu Tamlihan juga melatih anak-anak bermain drama.
Dalam proses pembelajaran, Lalu Tamlihan juga kerap menggunakan drama sebagai bagian dari metode pembelajaran. Hal ini membuat pembelajaran lebih bermakna. Dengan menggunakan drama sebagai salah satu metode, suasana pembelajaran menjadi lebih hidup dan menyenangkan. Melalui drama anak-anak dapat membantu siswa untuk memahami konsep dan keterampilan dengan cara yang lebih interaktif.
Metode drama memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan keterampilan berbahasa sebagai salah satu bentuk keterampilan sosial. Melalui drama siswa akan dapat memahami berbagai karakter dengan memerankan karakter berbeda dengan karakter dirinya.
Ini merupakan salah satu pentas drama di sekolah yang melibatkan anak-anak dan komunitasnya.
Seni Tari
Sendratasik digunakan Lalu Tamlihan untuk menyebut kombinasi tiga unsur seni, yaitu, seni drama, tari, dan musik. Tiga unsur ini. Tiga kemampuan seni ini menjadi basis utama Lalu Tamlihan dalam melaksanakan tugasnya sebagai guru.
Sebagai pegiat Gendang Beleq, Lalu Tamlihan juga memiliki keterampilan menari. Ini sangat mendukung pelajaran seni sebagai salah satu mata pelajaran di sekolah. Dalam proses pembelajaran Lalu Tamlihan juga kerap melibatkan tari dalam aktivitas pembelajaran. Sebagaimana drama, seni tari memungkinkan siswa dapat berekpresi dengan gerak tubuh tertentu.
Dengan properti seadanya Lalu Tamlihan kerap mendesain pembelajarannya dengan melibatkan seni tari sehingga dapat membuat suasana pembelajaran meriah, lebih bebas, siswa lebih ceria, dan menyenangkan.
Integritas
Integritas adalah sebuah konsep yang merujuk pada kejujuran, keutuhan, dan konsistensi dalam tindakan, nilai, dan prinsip seseorang. Integritas mencakup kepercayaan diri, tanggung jawab, dan kemampuan untuk bertindak sesuai dengan prinsip-prinsip moral dan etika yang benar.
Dalam konteks sosial, integritas juga sering dikaitkan dengan kepercayaan dan penghormatan yang diberikan oleh orang lain kepada individu yang memperlihatkan integritas.
Integritas sangat penting dalam kehidupan pribadi maupun profesional, karena merupakan dasar dari kepercayaan dan hubungan yang sehat antara individu, kelompok, dan masyarakat secara keseluruhan.
Sikap integritas juga sangat terlihat pada pribadi Lalu Tamlihan. Dia menjadi pribadi yang disukai siswanya. Sosok guru yang dirindukan ada pada Lalu Tamlihan. Ini terlihat bagaimana anak-anak berebutan menyalami Lalu tamlihan setiap pagi saat datang ke sekolah. Saya sendiri sebagai kepala sekolah malah kerap tidak dihiraukan oleh anak-anak.
Integritas itu juga sangat tampak pada kehadiran siswa asuhnya di sekolah. Sangat jarang anak-anak didiknya tidak masuk di sekolah. Jika siswanya tidak masuk, Lalu Tamlihan tidak segan-segan mencari siswa yang bersangkutan ke rumahnya. Dia selalu menjaga komunikasi dengan orang tua jika salah seorang siswanya tidak hadir atau mengalami kendala dalam pembelajaran.
Sebagai kepala sekolah, saya menilai bahwa Lalu Akhmad Tamlihan merupakan sosok inspiratif merdeka belajar. Dengan mengintegrasikan kemampuan seni yang dimilikinya telah membuat proses pembelajaran lebih semarak, proses pembelajaran tidak membuat siswa merasa tertekan. Di bawah bimibingan Lalu Tamlihan siswa merasa nyaman, lebih betah di sekolah. Secara umum, saya, menilai bahwa Lalu Tamlihan dapat dijadikan sosok inspiratif dalam perwujudan merdeka belajar sebagai ruh kurikulum merdeka.
Lombok Timur, 12 Mei 2023
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI