Mohon tunggu...
Yamin Mohamad
Yamin Mohamad Mohon Tunggu... Guru - Ayah 3 anak, cucu seorang guru ngaji dan pemintal tali.

Guru SD yang "mengaku sebagai penulis". Saat kanak-kanak pernah tidak memiliki cita-cita. Hanya bisa menulis yang ringan-ringan belaka. Tangan kurus ini tidak kuat mengangkat yang berat-berat.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Peran StakeHolder Sekolah (Refleksi Hasil Lokakarya 6 Sekolah Penggerak Angkatan 1)

28 Mei 2022   23:46 Diperbarui: 29 Mei 2022   00:25 2391
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sabtu, 28 Mei 2022, saya mengikuti lokakarya 6 sekolah penggerak yang pelaksanaannya di SMPN 1 Masbagik, Lombok Timur, NTB. Lokakarya yang diikuti oleh kepala sekolah dan pengawas sekolah pada semua jenjang itu, secara khusus membahas tentang keterlibatan pemangku kepentingan yang memiliki peluang memberikan dukungan kepada pelaksanaan program sekolah.

Satu hal yang menarik dari beberapa kegiatan terakhir sekolah penggerak adalah peserta tidak lagi diminta melakukan swab antigen sebagai persyaratan kegiatan kolektif. Hanya saja panitia masih memfasilitasi peserta dengan masker untuk mencegah penyebaran covid-19. 

Kembali ke topik artikel. 

Pemangku kepentingan atau stakeholder adalah semua pihak dalam masyarakat, baik individu atau kelompok, yang memiliki kepentingan atau peran dalam suatu perusahaan atau organisasi yang saling berhubungan dan terikat. 

Dalam konteks sekolah, pemangku kepentingan itu terdiri dari setiap individu atau kelompok yang memiliki kepentingan dan memberikan pengaruh terhadap pengembangan sekolah atau penyelenggaraan pendidikan pada sebuah satuan pendidikan.

Sebagai komponen yang terlibat dalam menjalankan program sekolah, pemangku kepentingan juga berarti berperan sebagai mitra kerja yang memiliki andil dan berpengaruh terhadap penyelenggaraan berbagai kegiatan. Untuk itu penting untuk membuat analisis pemangku kepentingan secara akurat untuk memaksimalkan dukungan setiap komponen yang terlibat sebagai mitra kerja.

Sebuah sumber mengelompokkan pemangku kepentingan, stakeholder, atau mitra kerja dalam 5 komponen yaitu, masyarakat lokal, orang tua , peserta didik ,negara, pengelola profesi pendidikan. Ada pula yang membuat dikotomi ke dalam 3 kelompok, yaitu, sekolah, pemerintah, dan masyarakat. Pengelompokan pemangku kepentingan di atas dalam artikel ini dapat dikesampingkan.

Hal penting sebagai catatan, lokakarya, yang dipandu oleh pelatih ahli itu, diawali dengan melakukan refleksi yang dimulai dari diri sendiri atau sekolah masing-masing. Setiap peserta mendaftar setiap komponen pemangku kepentingan baik yang bersifat individu atau kelompok yang tergabung dalam sebuah lembaga yang memiliki keterlibatan dalam pelaksanaan program sekolah.

Hasil analisis peserta menunjukkan bahwa setiap sekolah mendapat dukungan dari pemangku kepentingan yang tidak selalu sama. Artinya, beberapa komponen pemangku kepentingan itu sama dan pada komponen yang lain menunjukkan perbedaan. Sebagai contoh, keberadaan ojek di sebuah sekolah memiliki keterlibatan karena memberikan layanan transportasi pada peserta didik atau warga sekolah. Pada sekolah lain, ojek tidak dapat digolongkan sebagai pemangku kepentingan karena semua siswa atau guru tidak menggunakan jasanya untuk pergi ke sekolah.

Dalam proses refleksi tersebut peserta juga membuat daftar catatan yang menjadi tantangan dalam membangun kemitraan dengan pemangku kepentingan yang ada dalam mendukung pelaksanaan program sekolah.

Pada bagian akhir dari refleksi awal ini peserta melakukan analisis strategi yang dapat dilakukan untuk menaklukkan tantangan tersebut. Hal ini penting agar sekolah dapat memaksimalkan peran stakeholder dalam mendukung program sekolah. Penentuan strategi bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan setiap stakeholder sehingga semua komponen benar-benar dapat memberikan andil sesuai dengan posisi dan perannya masing-masing.

Berdasarkan hasil refleksi tersebut, peserta secara berkelompok membuat pemetaan stakeholder yang meliputi nama (individu atau kelompok). Pemetaan itu juga menyangkut posisi (jabatan, status layanan untuk kelompok) dan bentuk peran masing-masing stakeholder sebagai pendukung program. Pemetaan itu dilengkapi dengan kontribusi aktual pemangku kepentingan bagi sekolah.

Pemetaan ini sangat signifikan untuk memastikan secara spesifik bentuk dukungan stakeholder yang bersangkutan. Misalnya, pemetaan itu harus dapat memastikan bentuk dukungan yang dapat dilakukan oleh wali murid dan dukungan dari kepala desa atau pejabat terkait

Bagian akhir dari lokakarya adalah melakukan analisis yang berhubungan dengan tingkat kepentingan dan pengaruh yang ditimbulkan oleh masing-masing pemangku kepentingan. Bentuk analisis ini bertujuan untuk memastikan sejauh mana kapasitas dan tingkat dukungan yang diberikan stakeholder, seberapa besar dampak atau pengaruh terhadap keberhasilan program sekolah.
Materi lokakarya 6 cukup penting bagi kepala sekolah dalam melakukan analisis keterlibatan pemangku kepentingan. 

Hasil analisis itu dapat menjadi dasar sekolah untuk menentukan dan meningkatkan kemitraan sekolah. Gagasan kemitraan menjadi penting karena penyelenggaraan pendidikan pada setiap level memang membutuhkan kerja tim. Sekolah, sebagai lembaga pelaku yang langsung berhubungan dengan customer pendidikan memerlukan kerja tim yang kompak dan terorganisir. Setiap pemangku kepentingan harus menyadari dan menjalankan fungsi dan perannya masing-masing secara optimal dengan penuh kesadaran.

Masbagik, 28 Mei 2022

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun