Mohon tunggu...
Mohamad Arif
Mohamad Arif Mohon Tunggu... Guru - guru

membaca

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice Menggunakan Metode STAR (Situasi, Tantangan, Aksi Refleksi) Hasil dan Dampak

19 Desember 2022   22:54 Diperbarui: 19 Desember 2022   22:58 129
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

Lokasi                                           : Ruang Serbaguna (PSB) SMAS Islam Almaarif Jalan Masjid 28 Pagentan, Singosari, Kabupaten Malang

Lingkup Pendidikan               : Sekolah Menengah Atas

Tujuan yang ingin dicapai   : Mampu merencanakan ragam alternatif karier

Penulis        : Mohamad Arif, S.Pd

Tanggal    : 18 Oktober 2022

Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini:

Berdasarkan need assesment yang sudah dilakukan, yaitu hasil AKPD peserta didik kelas XI diperoleh data bahwa 36 atau 30% peserta didik kelas XI masih belum memiliki perencanaan karier setelah lulus SMA, serta diperkuat dengan wawancara (peserta didik, guru BK sejawat) maka diketahui adanya kendala pada peserta didik, yaitu belum memiliki perencanaan karier setelah SMA.

Praktik layanan bimbingan klasikal bidang karier ini penting untuk dilakukan karena merujuk pada adanya wawasan kesiapan karier (mempelajari kemampuan diri, peluang dan ragam pekerjaan, pendidikan dan aktifitas yang terfokus pada pengembangan alternatif  karier yang lebih terarah).

Guru BK selaku pemberi layanan, serta sebagai fasilitator dalam pelaksanaan bimbingan. Dengan metode Problem Based Leaarning, maka diharapkan peserta didik bisa menemukan solusi secara mandiri serta berkolaborasi. Untuk kekurangan dalam pelaksanaan bimbingan adalah belum menggunakan media digital (TPACK) serta secara proses, belum sampai pada mengidentifikasi perencanaan karier.

Tantangan : 

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat:

Tantangan dalam mencapai tujuan

Bagi pelaksana layanan bimbingan dan konseling metode yang digunakan PBL adalah hal baru, sehingga harus mempelajari dan berusaha menguasai agar bisa dilaksanakan sesuai kriteria/ketentuan.

Pihak yang terlibat dalam mencapai tujuan

  • Peserta didik kelas XI Bahasa selaku subyek layanan
  • Kepala Sekolah beserta jajaran pimpinan, khususnya Waka Kurikulum. Yang memberi ruang dan waktu serta perijinan untuk mengikuti kegiatan PPG pada jam kerja di sekolah
  • Koordinator BK serta rekan BK sejawat, yang memberikan dukungan materiil (data keadaan peserta didik, bahan/materi) layanan maupun moril (selalu menyemangati dan memberi toleransi kelonggaran waktu kerja) serta bersedia berdiskusi terkait hambatan maupun pemecahan masalah terkait layanan kepada peserta didik, khususnya untuk keperluan PPG ini
  • Guru Mata Pelajaran yang telah memberikan informasi hambatan belajar peserta didik, serta aspirasi/keinginan peserta didik. Tak lupa juga kesediannya memberikan jam pelajaran untuk digunakan saat praktek PPL PPG
  • Tim IT sekolah yang memberikan dukungan dan bantuan teknis baik selama pelaksanaan PPG (terkait fasilitas dan jaringan internet) serta dalam pelaksanaan PPL (pengambilan gambar, penataan ruang hingga penyuntingan)

Aksi : 

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini :

Poin2 desain/metode pelaksanaan layanan

Strategi: PBL

Langkah-langkah:
Tahapan (1. Orientasi terhadap masalah, 2. Organisasi belajar, 3. Penyelidikan individual maupun kelompok, 4. Pengembangan dan penyajian hasil penyelesaian masalah, 5. Analisis dan evaluasi proses penyelesaian masalah

lebih detail bagaimana melaksanakan

ujukan, materi serta fungsinya, agar

Proses yang dijalani adalah mengawali dengan 1. pembukaan, 2. dilanjut pembagian kelompok untuk membahas masalah berdasar kartu masalah, 3. hasil pembahasan masalah dipresentasikan dan didiskusikan dalam kelas, 4. melanjutkan mengisi lembar kerja untuk perencanaan karier

Sumberdaya dan materi yang diperlukan dalam pelaksanaan adalah kesiapan ruang kelas beserta alat seperti laptop dan LCD, serta materi/bahan untuk menyampaikan bagaimana merencanakan karier


Refleksi Hasil dan dampak 

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Dampak dari aksi

Berdasar hasil LKPD sudah nampak pemahaman materi layanan oleh peserta didik, yakni adanya rencana karier dan bagaimana menjalankannya.

Secara proses peserta didik juga bisa terlibat aktif dan berkolaborasi dengan sesamanya dalam bimbingan.

Respon orang lain terkait strategi

Pelaksanaan layanan bimbingan bidang karier dengan metode PBL sudah terlaksana sesuai urutan proses.

Peserta didik

Ada masukan dan tanggapan positif dari rekan sejawat guru BK, bahkan diminta melanjutkan dengan berkolaborasi lebih lanjut.

Faktor keberhasilan

Guru BK mampu menjalin hubungan baik dengan peserta didik sebelum dilakukan layanan

Faktor ketidakberhasilan

Penguasaan teknik dan metode belum mantap

Pemanfaatan media digital harus dipertimbangkan agar mendukug proses pembelajaran

Pembelajaran dari keseluruhan proses yang didapat adalah perlu dilakukan layanan individu untuk menindaklanjuti aspirasi karier per individu peserta didik, serta guru BK harus selalu mengeksplorasi dan menambah ketrampilan (penguasaan metide, materi, pengenalan kebutuhan peserta didik) agar bisa meningkatkan kualitas layanan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun