Criticial Incident (Pengalaman Penting)Â
Strategi ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran titik tujuan dan penggunaan strategi ini adalah untuk melibatkan peserta didik sejak awal dengan melihat pengalaman mereka.
Langkah - Langkah
1. Sampaikan kepada peserta didik topik atau materi yang akan dipelajari dalam pertemuan ini.
2. Beri kesempatan beberapa menit kepada peserta didik untuk mengingat pengalaman mereka yang tidak Terlupakan berkaitan dengan materi yang ada.
3. Tanyakan Pengalaman apa yang menurut mereka tidak Terlupakan.
4. Sampaikan materi dengan mengaitkan pengalaman-pengalaman peserta didik dengan materi yang akan disampaikan.
Strategi ini dapat digunakan dengan maksimal pada mata kuliah atau mata pelajaran yang bersifat praktis seperti pada mata kuliah metodologi pengajaran di jurusan jurusan keguruan. Sebagai contoh adalah dalam mata kuliah metodologi pengajaran dengan topik kelemahan metode ceramah titik disini guru atau dosen dapat bertanya kepada peserta didik:
" dari pengalaman anda belajar semenjak dari sekolah dasar sampai sekarang apa yang Anda rasakan Jika seorang dosen atau Guru menyampaikan materi pelajaran dengan ceramah"
Dari jawaban-jawaban yang muncul guru atau dosen bisa memulai kegiatan belajar dengan mengaitkan pengalaman-pengalaman peserta didik dengan Tablig yang diajarkan.
Referensi :
Zaini, Hisyam, dkk.,Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H