Mohon tunggu...
Moch. Wahyudi
Moch. Wahyudi Mohon Tunggu... Guru - Guru Sekolah Dasar

Konten sajian yang diharapkan berguna untuk asupan pengetahuan bagi rekan-rekan guru dan para pecinta literasi.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi sebagai solusi atas Ragam Gaya Belajar Siswa

15 Juni 2024   06:26 Diperbarui: 18 Juni 2024   22:46 181
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumen Pribadi_Kelompok Siswa sesuai Gaya Belajar

Setiap siswa lahir dengan garis samar yang sudah dimilikinya, yang kemudian garis-garis samar itu ditebalkan oleh orang-orang dewasa yang berada disekitarnya, baik itu dari lingkungan keluarga ataupun saat ia sudah menjadi seorang pelajar di sekolah. Seiring perubahan dan perkembangan diri seorang siswa, nampak juga karakter-karakter yang terbentuk sebagai potret nyata atas dirinya sebagai pribadi. 

Kemudian ideal sebuah pembelajaran yang efektif seharusnya mampu mengkontruksi berbagai perbedaan minat dan gaya belajar siswa tersebut. Pendekatan atau strategi pembelajaran berdiferensiasi menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi ragam perbedaan siswa di dalam kelas. Hal apakah yang kemudian mendasari pembelajaran berdiferensiasi dianggap bisa menjadi solusi yang tepat dalam menghadapi perbedaan siswa?

Mengutip dari Tomlinso: 1999 bahwa "Pembelajaran Berdiferensiasi adalah usaha guru untuk menyesuaikan proses pembelajaran dikelas, untuk memenuhi kebutuhan belajar individu murid". Atas teori ini kemudian menginisiasi seorang guru untuk menyesuaikan bahan pengajaran, materi, dan penilaian yang disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik individu masing-masing siswa berdasarkan asesmen awal yang sudah dilakukan. Dengan demikian, pembelajaran dapat menjadi pro aktif dan siswa dapat merasa lebih terlibat dan sekaligus termotivasi dalam proses pembelajaran. 

Differentiated Instruction {Pembelajaran Berdiferensiasi} adalah strategi pendekatan pembelajaran yang mempertimbangkan kebutuhan, minat, dan profil siswa dengan asesmen awal atau diagnostik yang sudah dilakukan oleh seorang guru menjadi landasan. Dalam pembelajaran ini, keluwesan siswa dalam proses belajar, dan proses kegiatan pembelajaran disusun dengan aneka model pembelajaran, hal ini kemudian diterapkan untuk menyesuaikan diri dengan kebutuhan siswa sehingga kemudian mereka dapat mengembangkan potensi mereka sesuai dengan tingkat kesiapan minat, gaya belajar, dan profil belajar yang beragam. 

Setidaknya ada empat hal yang ditekankan dalam implementasi pembelajaran berdiferensiasi yaitu :

1. Konten 

2. Proses

3. Produk dan 

4. Lingkungan Belajar

Dokumen Pribadi_Diferensiasi Konten
Dokumen Pribadi_Diferensiasi Konten

Pembelajaran sejatinya adalah kumpulan materi yang disampaikan kepada siswa dengan memperhatikan kebutuhan siswa dari hal yang paling mendasar berdasarkan asesmen yang sudah dilakukan, yaitu pada tingkat kesiapan belajar, minat dan gaya belajar, juga kemudian profil siswa. Dalam ranah ini seorang guru hendaknya melakukan diferensiasi, sehingga kemudian pembelajaran dapat berjalan sesuai dengan yang harapkan.Pemilihan topik materi, dan pemilihan bahan ajar yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa menjadi hal yang paling mendasar untuk dilakukan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun