kamis pagi menjelang siang muncul lagi pembahasan anak usia dini. tak sadar terbawa oleh pembahasan itu. dalam kekhusukan mendengarkan cerita akhirnya terflash back kehidupan masa kanak-kanak. baru sadar bahwa masa kecil ternyata menyenangkan dan tentunya membutuhkan perhatian yang lebih.
larut dalam cerita akhirnya muncul teori-teori baru yang baru ku kenal saat itu. teori yang menjelaskan asas-asas dan prinsip-prinsip dalam mendidik anak. asas-asas tersebut diantaranya yang dapat saya tangkap yaitu:
- Asas Apersepsi
Pembelajaran dengan memperhatikan pengetahuan dan pengalaman awal atau sebelumnya yang dimiliki anak agar hasil belajar anak tersebut dapat optimal.
- Asas Kekonkritan
Pembelajaran dengan menggunakan berbagai media dan sumber belajar yang nyata agar pembelajaran menjadi lebih bermakna pada anak.
- Asas Motivasi
Pembelajaran dirancang sesuai dengan kebutuhan minat dan kemauan anak agar anak memiliki dorongan untuk belajar. Pada asas ini guru dilarang untuk membebani anak dengan tugas-tugas rumah (PR).
- Asas Kemandirian
Pembelajaran yang dirancang untuk mengembangkan kemandirian dan memecahkan masalah yang dihadapinya. Contohnya si anak dapat menalikan sepatunya sendiri, si anak dapat mandi sendiri tanpa bantuan orangtua nya.
- Asas Kooperatif
Pembelajaran yang dirancang untuk mengembangkan keterampilan sosial anak melalui kerjasama.
- Asas Individualisasi
Pembelajaran yang dirancang dengan memperhatikan perbedaan individu.
- Asas Korelasi
Pembelajaran dirancang dan dilaksanakan antara aspek pengembangan satu dengan yang lainnya saling berkaitan.
- Asas Belajar Sepanjang Hayat
Pembekalan yang dirancang untuk membekali anak agar bisa belajar sepanjang hayat dan mendorong anak selalu ingin dan berusaha belajar kapanpun dan dimanapun.
- Asas NonDiskriminasi
Setiap anak dipandang sama dari  tanpa melihat perbedaan SARA
dan prinsip-prinsip yang harus dipegang dalam mendidik anak yaitu :
- Nondiskriminasi
Tidak membedakan SARA
- Mengakui adanya hak hidup
Sebagai kelangsungan dari perkembangan anak.
- Melakukan hal terbaik
Desain kurikulum dan model pembelajaran disesuaikan dengan prinsip perkembangan
- Penghargaan
Memberikan perhatian dan penghargaan terhadap ide anak.
kajian ini untuk para pendidik khususnya yang berada pada lingkup PAUD agar memperhatikan asas dan prinsip dalam mendidik anak didiknya, karena pandidikan pada anak usia dini menjadi tolok ukur masa depan anak sebab penanaman hal apapun pada anak usia dini akan melekat dan berdampak besar dalam pembentukan karakter anak.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI