CT saat ini sudah menjadi literasi dan menjadi bagian Kurikulum Merdeka. Karena itu, Guru harusÂ
mampu mengimplementasikan CT ke dalam mata pelajaran yang diajarkan, dengan harapan peserta
didik terbiasa menghadapi permasalahan dan menyelesaikan persoalan dengan menggunakan CT.Â
Mengimplementasikan CT ke dalam mata pelajaran bukan berarti menjabarkan fondasi CT pada mataÂ
pelajaran tersebut, tetapi menularkan cara berpikir CT melalui cara guru memecahkan persoalan.
Apa itu CT? CT adalah proses berpikir dalam memformulasikan persoalan dan berstrategi dalamÂ
menentukan/memilih solusi yang efektif, efisien, optimal untuk dikerjakan oleh agen pemrosesÂ
informasi (solusi) tersebut. Agen pemroses informasi yang dimaksud adalah manusia atau komputer.Â
Ada tiga hal utama yang terdapat pada definisi CT tersebut, yaitu persoalan, solusi yang efektif, efisien,Â
dan optimal, serta agen pemroses informasi.
CT tidak terbatas pada proses untuk menghasilkan cara penyelesaian yang dilakukan olehÂ