Mohon tunggu...
Mochammad Atillah
Mochammad Atillah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Vokasi Universitasa Brawijaya

Usia 19 Tahun, Mahasiswa Vokasi Universitasa Brawijaya Teknologi Informasi, Bisnis Digital & E-Commerce

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Brand Value: Pengertian dan Manfaatnya Bagi Bisnis

27 Januari 2023   10:55 Diperbarui: 27 Januari 2023   11:39 419
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
source: unsplash.com

Brand Value adalah sebutan dalam lingkup pemasaran yang berarti nilai dari sebuah merek. Nilai tersebut dapat berupa angka atau point positif maupun negatif.

Brand Value memiliki hubungan yang cukup erat dengan seberapa suksesnya sebuah produk yang telah dibeli dan digunakan pelanggan.

Terdapat banyak sekali pengertian terkait Brand Value yang membuat pusing. Apa pengertian sebenarnya, dan apa manfaatnya bagi bisnis?

Untuk penjelasan selengkapnya terkait Brand Value, simak sampai akhir artikel berikut ini.

 

Pengertian Brand Value

Brand Value merupakan jumlah total konsumen yang bersedia membayar ekstra banyak terhadap suatu merek jika dibandingkan dengan merek yang lain.

Dapat juga berarti sebagai indikator pelanggan dalam memilih, menilai, memprioritaskan, dan juga hubunganya dengan sebuah merek.

Dapat ditarik benang merah, brand value adalah feedback lebih dari konsumen terhadap sebuah merek.

Tolak ukur dari Brand Value bukan hanya dilihat dari kepuasan konsumen, melainkan juga dari sisi lain seperti analisa keuangan dan pemasaran Jadi, penentuan brand value terbilang lebih kompleks daripada brand equity.


Manfaatnya Bagi Bisnis

Memiliki keunikan tersendiri merupakan nilai lebih bagi sebuah merek. Dikutip dari Casa Kreatif, 89% pelanggan setia terhadap brand ketika merek tersebut dirasa mempunyai keunikan yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Data tersebut menjadi bukti bahwa value sangatlah penting dalam perkembangan sebuah brand.

Berikut 6 manfaat Brand Value yang dapat dirasakan bagi sebuah merek :

1.      Meningkatkan Kepercayaan

 

Kepercayaan dari konsumen akan meningkat, jika sebuah merek memiliki kesamaan value. Kesamaan disini bermaksud ketika sebuah merek dan audiencenya saling memiliki kesepakatan dengan masalah dan kekhawatiran dari pelanggan-nya sendiri.

 

2.     Mempermudah Branding

 Saat melakukan branding, tentunya berbagai usaha akan dilakukan agar dapat mendapat respon dari konsumen.

 Memberi value yang unik dalam brand dapat memperjelas pesan yang akan disampaikan. Poin inilah yang dapat membuat hubungan merek dengan audiens menjadi lebih harmonis.

 

3.     Membuat Pemasaran jadi Lebih Terarah

 Melalui brand value yang tepat sesuai target, target akan lebih mudah terpancing dengan berbagai cara.

 Dengan begitu, perencanaan langkah pemasaran yang matang  akan lebih mudah dibuat. Dan dapat divariasikan sesuai dengan metode yang digunakan.

 

4.     Menaikkan Semangat Kerja Karyawan

 Ketika sebuah merek memiliki value tinggi dan citra positif di mata pelanggan, seorang karyawan akan menjadi lebih bersemangat.

 Mereka akan melakukan pekerjaan dengan lebih giat lagi, karena perusahaan dimana tempat mereka bekerja dirasa akan berkembang dengan lebih pesat.

 

5.     Menjaga Loyalitas Pelanggan

 Peluang dalam terus menjaga loyalitas pelanggan dapat terjaga dengan brand value. Terlebih lagi, ketika kebutuhan dari pelanggan dapat terus terpenuhi.

 Loyalitas tersebut dapat dijaga dengan cara lain, seperti hal-nya pemberian reward atau penawaran menarik.

 

6.     Meningkatkan Aktivitas Penjualan

 Pada akhirnya semua aktifitas yang berbau pemasaran berujung dengan meningkatkan penjualan. Begitu juga dengan Brand Value.

 Dengan terus menumbuhkan value, tentunya komunikasi dengan pelanggan akan tetap harmonis. Dan nantinya pelanggan tersebut dapat mendatangkan calon pelanggan baru.

 

Brand Value itu Penting

 Ketika seseorang menganggap sebuah hal berharga baginya, maka akan dipertahankan bagaimanapun caranya.

 Dalam dunia bisnis hal tersebut juga berlaku. Saat seorang konsumen sudah menganggap sebuah merek berharga, ia akan selalu mempertahankan-nya.

 Beberapa caranya adalah melakukan repeat order. Selain itu konsumen biasanya menyebarkan nilai positif dari merek tersebut.

 Jadi ketika anda memiliki sebuah merek, pahamilah dulu tentang Brand Value. Terapkan hal tersebut, dan merek anda akan berkembang dengan diikuti program pendukung lainya.

Artikel ini dibuat oleh Mochammad Atillah yang saat ini sedang magang di Casa Kreatif. Salah satu market leader di bidang Jasa Press Release.

 

 

 

 

 

 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun