Mohon tunggu...
Mochammad Atillah
Mochammad Atillah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Vokasi Universitasa Brawijaya

Usia 19 Tahun, Mahasiswa Vokasi Universitasa Brawijaya Teknologi Informasi, Bisnis Digital & E-Commerce

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Macam Macam Press Release dan Penggunaanya

25 Januari 2023   15:22 Diperbarui: 26 Januari 2023   10:41 525
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Macam-Macam Press Release dan Contohnya - Bagi pebisnis, tentunya istilah Press Release sudah tidak asing lagi. Press Release sangat erat dengan Public Relation.

Dengan adanya Press Release, sebuah company dapat meningkatkan nilai brand di mata masyarakat.

Sangat direkomendasikan bagi sebuah perusahaan menggunakan Press Release. Bagi anda yang memiliki sebuah perusahaan dan ingin dikenal oleh orang lain, simak sampai habis artikel berikut ini.

Apa itu Press Release?

Sederhananya Press Release merupakan tulisan yang berisikan informasi dan nantinya disebarluaskan melalui media. Tujuanya, mempromosikan nilai brand kepada perusahaan lain maupun masyarakat.

Press Release seringkali disamakan dengan News Release. Padahal, kenyataanya 2 hal tersebut berbeda. Simak artikel ini untuk mengetahui perbedaan Press Release dan News Release. 

Namun, seringkali sebuah perusahaan tidak ingin merasa repot dengan Press Release. Mereka menyerahkan pekerjaan ini kepada vendor, karena lebih dinilai berkompeten dan berpengalaman.

Seperti vendor Casa Kreatif yang bergerak di bidang Media Agency dan menyediakan Jasa Press Release. Casa Kreatif telah berpengalaman dan dipercaya oleh banyak perusahaan.

Baca Juga : Peranan Media Relations dalam Meningkatkan Branding Perusahaan

Kenapa Press Release Penting?

Pasti banyak pertanyaan yang muncul tentang seberapa pentingnya Press Release bagi sebuah perusahaan. Dilansir dari Casa Kreatif, terdapat 3 alasan betapa pentingnya Press Release.

Alasan yang pertama, dengan Press Release sebuah perusahaan dapat mengenalkan produk yang ditawarkan.

Kedua, dapat menginformasikan event/kegiatan yang berhubungan oleh perusahaan.

Yang terakhir, dapat menginformasikan hal-hal terbaru yang berhubungan dengan perusahaan. Selain itu, terdapat 10 Manfaat Press Release bagi Bisnis agar semakin berkembang.

Baca Juga : Mengenal Apa itu Iklan Advertorial? Ciri ciri, Jenis dan Juga Contohnya

Macam - Macam Press Release

1.  Event Press Release

 Press Release semacam ini bertujuan untuk memberitahu media mengenai sebuah event. Selain memberitahu, juga bertujuan untuk mengundang beberapa media untuk melakukan liputan.

Terdapat beberapa point yang harus disertakan ke dalamnya seperti, tanggal, tempat, line up, dan jika terbuka untuk umum sertakan juga cara untuk dapat mengikutinya.

 Contoh Event Press Release :

1-63d0e47808a8b528da2d2ed2.png
1-63d0e47808a8b528da2d2ed2.png

2. Launch Press Release

Press Release yang satu ini berhubungan dengan dengan sebuah produk. Peluncuran yang dimaksud bukan hanya tentang produk fisik tapi juga dapat berupa digital.

 Bersifat santai, dan juga dapat berisi tentang penjabaran produk yang akan datang ke depanya. Karena, press release yang satu ini selalu berhubungan dengan hal baru.

 Contoh Launch Press Release :

2-63d0e49308a8b52fb93d8fd2.png
2-63d0e49308a8b52fb93d8fd2.png

3. Recruitment Press Release

 Setiap perusahaan tentunya suatu saat akan melakukan perekrutan. Saat perekrutan yang terbilang jabatanya cukup tinggi, biasanya akan disebarluaskan melalui Press Release.

 Press Release ini berisi tentang biografi singkat, pengalamanya, dan latar belakang profesionalitasnya. Jangan lupa, sertakan juga foto agar masyarakat mengetahui siapa si rekrutan baru.

 Contoh Recruitment Press Release :

3-63d0e4c7c3bdbf4a9a15cff2.png
3-63d0e4c7c3bdbf4a9a15cff2.png

4.Product Press Release

Hampir sama dengan Launch Press Release.

Yang menjadi pembeda adalah penyertaan spesifikasi dari produk yang sebelumnya telah diumumkan.

Dengan press release ini, keunggulan produk akan lebih terlihat dan masyarakat bisa memberikan penilaian terhadap produk tersebut.

 Contoh Product Press Release :

4-63d0e4dfc3bdbf540d4fac72.png
4-63d0e4dfc3bdbf540d4fac72.png

5. Rebranding Press Release

Sebuah perusahaan akan melakukan re-branding jika ingin merubaah citra dari sebuah perusahaan itu sendiri.

Penyebabnya bisa jadi macam-macam seperti perubahan akuisisi dan lain-lain. Agar tidak terjadi kesalahpahaman, press release harus dilakukan.

 Press Release yang satu ini berisikan hal yang cukup kompleks, seperti detail dari perubahan, pergantian logo, dan lain lain terkait dengan perusahaan tersebut.

Contoh Rebranding Press Release : 

5-63d0e4f54addee59d6052455.png
5-63d0e4f54addee59d6052455.png

Mengingat seberapa pentingnya Press Release, dibutuhkan keahlian khusus dalam pengerjaanya.

Terdapat beberapa cara agar bisa mengirim Press Release ke media nasional. Simak 3 Cara Jitu Mengirim Press Release ke Media Nasional, agar bisnis anda semakin dikenal masyarakat. 

Namun, redaksi media hanya menyukai Press Release yang professional dan mencakup informasi penting terkait sebuah hal. Maka dari itu, tidak dapat dikerjakan secara asal-asalan.

Casa Kreatif menawarkan Jasa Press Release yang professional dan dikerjakan oleh orang-orang yang berkompeten dalam bidangnya. Segera konsultasikan perusahaan anda kepada Casa Kreatif dan nantinya akan diterbitkan ke dalam media nasional.

Segera kunjungi website Casa Kreatif dengan mengklink link berikut. Jasa Press Release Professional.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun