Jurnal Refleksi Modul 2.1Â
"Pembelajaran untuk Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid"
Â
Oleh  : MITA TRESIA
SMK Negeri 1 Buntok
CGP Angkatan 6 Kab. Barito Selatan
Prov. Kalimantan Tengah
Â
Facts (Peristiwa)
Modul 2.1 memberikan banyak sekali ilmu dan pengetahuan yang baru bagi saya. Dari modul ini saya menjadi tahu mengenai kebutuhan belajar murid yang beragam dan bagaimana cara memenuhinya. Saya juga telah mencoba menerapkan pengetahuan dari modul ini dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Mulai dari memetakan kebutuhan belajar, merancang pembelajaran dengan memilih strategi diferensiasi yang sesuai, melaksanakan pembelajaran, mengevaluasi hingga merefleksikan pembelajaran yang telah dilaksanakan. Dalam penerapannya saya mengalami cukup banyak kesulitan terutama pada bagian memetakan kebutuhan belajar murid. Saya sempat bingung memikirkan bagaimana cara yang tepat. Namun, akhirnya saya dapat melakukan pemetaan itu dengan cara yang sederhana namun bermakna, yaitu dengan mengamati perilaku murid, menggali pengetahuan awal murid mengenai materi yang akan dipelajari serta melakukan tes formatif.
Feelings (Perasaan)
Saat mempelajari modul 2.1 dan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi di kelas, saya melihat dan merasakan sesuatu yang berbeda dari biasanya. Saya melihat murid belajar dengan rasa nyaman, tanpa ada tekanan. Mereka bebas mengekspresikan pemahamannya dengan caranya masing-masing tanpa dipaksakan harus menjadi sama antara murid satu dan yang lainnya. Kebebasan, keceriaan, rasa nyaman dan binar-binar di mata mereka dalam belajar, mendatangkan kebahagiaan yang tiada tara bagi saya.
Findings (Pembelajaran)
Modul 2.1 mengajarkan saya akan arti "adil" yang sebenarnya. Adil bukan berarti memberikan perlakuan yang sama. Namun, adil sebenarnya berarti memberikan segala sesuatu sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh murid. Hal lain yang saya sadari adalah, semua murid dapat berhasil dalam belajar jika guru memberikan perlakuan yang tepat kepada mereka. Guru tidak boleh menilai keberhasilan murid hanya dari hasil akhirnya saja. Yang tidak kalah penting adalah menilai proses dan progres perkembangan mereka dalam belajar dari waktu ke waktu.
Future (Penerapan)
Di waktu yang akan datang, saya akan:
- Selalu mengamati perilaku murid dengan seksama untuk mengetahui kebutuhan belajar mereka masing-masing.
- Berkolaborasi dan berdiskusi dengan rekan guru lain yang mengajar di kelas yang sama untuk lebih mengenal minat dan profil belajar murid.
- Terus menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dengan menggunakan strategi diferensiasi yang sesuai dengan kebutuhan belajar murid.
- Memperdalam pengetahuan mengenai pembelajaran berdiferensiasi, melalui studi literatur, diskusi bersama rekan guru, baik di sekolah yang sama maupun di komunitas-komunitas belajar di luar sekolah bersama guru lain yang saya ikuti.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H