Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, salam sejahtera bagi kita semua, shalom, om swastiastu. Namo buddhaya, salam kebajikan.
Apa kabar para pembaca yang budiman? Semoga Kesehatan dan keberkahan selalu menyertai kita semua, aamiin.
Pada kesempatan kali ini saya akan memaparkan Jurnal Refleksi Dwi Mingguan modul 3.2 yaitu tentang Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya. Kali ini saya akan memaparkannya dengan menggunakan Model 6 Topi (Model Six Thinking Hats). Model ini diperkenalkan oleh Edward de Bono pada tahun 1985. Model ini melatih kita melihat satu topik dari berbagai sudut pandang, yang disimbolkan dengan enam warna topi. Setiap topi mewakili cara berpikir yang berbeda, beberapa di antaranya terkadang mendominasi cara kita berpikir. Karena itu, dengan semakin sering melatih keenam "topi", kita akan dapat mengambil refleksi yang lebih mendalam. Selamat Membaca!
Topi Putih
Tuliskan informasi sebanyak-banyaknya terkait pengalaman yang terjadi, informasi ini harus berupa fakta bukan opini.
Awal bulan Mei 2023 (2-12 Mei 2023) CGP mempelajari modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya. Materi tersebut menjabarkan mulai dari deskripsi sekolah sebagai suatu ekosistem, Pendekatan berfikir berbasis aset, pendekatan berfikir berbasis masalah, Pendekatan ABCD (Asset Based Community Development) atau Pendekatan PKBA (Pengembangan Komunitas Berbasis Aset), Karakteristiek komunitas yang sehat dan Resilien, 7 Aset dalam komunitas (7 Modal) yaitu Modal manusia, modal soail, modal politik, modal agama/budaya, modal fisik, modal lingkungan/ alam, modal finasial.
Pembelajaran dimulai dengan alur MERDEKA. Mulai dari diri pada tanggal 2 Mei 2023, kami mempelajari materi tersebut dengan menjawab beberapa pertanyaan pemantik terkait faktor-faktor yang mempengaruhi ekosistem sekolah dan peran pemimpin dalam pengelolaan sumber daya. Ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan CGP tentang materi yang bersangkutan. Setelah itu alur Eksplorasi konsep yang dilakukan secara mandiri pada tanggal 2 Mei 2023, disini kami mempelajari dan menjawab 10 slide yang terdapat dalam LMS, Eksplorasi konsep forum diskusi dilaksanakan pada 3 Mei 2023 disini kami berdiskusi mengenai 4 kasus yang disajikan dalam LMS. Sesama CGP saling memberi komentar, masukan serta saling bertukar gagasan. Dilanjutkan denga alur Ruang kolaborasi 1 pada 4 Mei 2023. Di alur ini kami diminta untuk berdiskusi per kelompok untuk melakukan analisis 7 modal yang dimiliki dan berada di sekitar wilayah Kabupaten Tegal yang bisa dikelola untuk kemajuan pendidikan. Lalu pada tanggal 5 Mei 2023 kami melakukan ruang kolaborasi 2 untuk mempresentasikan hasil pekerjaan diskusi kelompok di Rukol 1 seuai dengan kelompok masing-masing. Setelah berdiskusi dan saling memberikan masukan, kami meperbaikinya lalu CGP mengunggah hasil tugas tersebut ke LMS tepat waktu. Selanjutnya adalah alur Demontrasi Kontekstual yang kami lakukan pada tanggal 8-9 Mei 2023, CGP diminta menganalisis sebuah video dari LMS kemudian harus kami jabarkan visi, BAGJA, peran pemimpin dalam mengelola sumber daya yang terdapat dalam video tersebut. Alur Elaborasi Pemahaman dilakukan pada tanggal 10 Mei 2023 pukul 13.00-14.30 dengan Instruktur yang handal dan hebat yaitu Bapak Sugiyanto. Disini kami diberi pemahaman dan pengarahan agar selalu fokus pada aset kekuatan bukan focus ke aset kekurangan. Dilanjutkan dengan alur Koneksi antar materi pada tanggal 11 Mei 2023. Terakhir alur Aksi nyata dilakukan mulai tanggal 12 Mei 2023, yaitu melakukan kolaborasi dengan warga sekolah untuk menganalisis sumber daya yang dimiliki dan memanfaatkannya secara maksimal.
Topi Merah
Gambarkan perasaan anda terkait dengan topik yang sedang dibahas, misalnya perasaan saat mempelajari materi baru atau saat menjalankan diskusi kelompok.Â
Setelah mempelajari modul ini, jujur saya awalnya saya merasa bersalah pada murid saya. Selama ini saya lebih fokus pada kekurangan murid bukan pada kelebihan murid. Tapi kemudian saya merasa punya kewajiban untuk memperbaiki pola piker saya ini, saya harus berubah. Pemikiran ini kemudian membawa saya pada rasa bahagia dan bersyukur karena mendapatkan banyak ilmu baru tentang peran seorang pemimpin dalam pengelolaan sumber daya guna meningkatkan kulaitas pendidikan yang berpihak pada murid. Dalam mempelajari modul inipun sangat bervariasi penyajian materinya, analisis kasus, analisis video sampai saling berkomentar positif. Yang tak kalah menyenangkan pada saat tugas kelompok menggali sumber daya yang potensial di daerah, ternyata Kabupaten Tegal menyimpan dan memiliki banyak potensi yang bisa dioptimalkan untuk pembelajaran.
Topi Kuning