Mohon tunggu...
Dewi Puspitasari
Dewi Puspitasari Mohon Tunggu... Guru - Guru Kelas 5 SDN Pagedangan 01

Saya adalah Guru di SDN Pagedangan 01. Saya suka menulis. Saya bergabung disini dengan harapan, saya bisa meningkatkan kemampuan menulis saya.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Demonstrasi Kontekstual Modul 3.1

14 April 2023   20:11 Diperbarui: 14 April 2023   20:14 2307
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, salam sejahtera bagi kita semua, shalom, om swastiastu. Namo buddhaya, salam kebajikan.

Dokpri
Dokpri

Apa kabar para pembaca yang budiman? Semoga Kesehatan dan keberkahan selalu menyertai kita semua, aamiin.

Pada kesempatan kali ini, saya ingin menuliskan tentang hasil wawancara saya dengan dua Kepala Sekolah terkait dengan Pengambilan Keputusan Berdasarkan Nilai Kebajikan sebagai Pemimpin. Wawancara ini disusun untuk memenuhi tugas Demonstrasi Kontekstual Modul 3.1.

Pada Kegiatan sesi ini Calon Guru Penggerak diminta untuk melakukan wawancara kepada pimpinan sekolah tempatnya bertugas dan pimpinan yang ada di sekitar lingkungannya.

Dalam kegiatan ini, Saya mewawancarai dua orang narasumber yaitu kepala sekolah saya yakni Ibu Rositah, S.Pd.SD selaku Kepala SD Negeri Pagedangan 01 dan Ibu Ermi Harsilah, S.PD.SD selaku Kepala SD Negeri Pagedangan 02.

Dalam sesi wawancara terhadap kedua narasumber tersebut, saya mengajukan delapan pertanyaan, berikut adalah hasil wawancara saya dengan narasumber pertama yaitu Ibu Rositah, S.Pd.SD.

Selama ini, bagaimana Anda dapat mengidentifikasi kasus-kasus yang merupakan dilema etika atau bujukan moral?

Selama Ibu Rositah memimpin, beliau mengidentifikasi kasus dilemma etika atau bujukan moral dengan cara : mengidentifikasi semua pemangku kepentingan yang akan berpengaruh dalam keputusan, membuat daftar Tindakan, strategi atau pilihan untuk menyelesaikan konflik, mempertimbangkan opsi terbaik berdasarkan nilai inti, kemudian memberikan alasan yang kuat untuk mendukung opsi berdasarkan nilai yang dipertaruhkan dan terakhir membuat strategi untuk mencegah masalah terjadi lagi.

Selama ini, bagaimana Anda menjalankan pengambilan keputusan di sekolah Anda, terutama untuk kasus-kasus di mana ada dua kepentingan yang sama-sama benar atau sama-sama mengandung nilai kebajikan?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun