Transformasi transportasi adalah perubahan signifikan dalam sistem pelayanan yakni dibidang transportasi, baik melalui inovasi teknologi, kebijakan, atau pengembangan infrastruktur. Di Kota Padang, transformasi ini diwujudkan dengan kehadiran Bus TransPadang, yang memberikan manfaat berupa peningkatan mobilitas masyarakat, pengurangan kemacetan, biaya transportasi yang lebih terjangkau, dan kontribusi terhadap pengurangan polusi udara.
Sebelum kehadiran Bus TransPadang, kondisi transportasi di Kota Padang didominasi oleh angkutan umum tradisional seperti angkot (angkutan kota) dan ojek. Sistem transportasi ini menghadapi berbagai tantangan, termasuk ketidakpastian jadwal, kenyamanan yang rendah, serta rute yang terbatas dan seringkali tidak teratur. Penggunaan angkutan pribadi, seperti sepeda motor dan mobil, juga semakin meningkat, yang menyebabkan kemacetan di jalan-jalan utama, terutama pada jam-jam sibuk.Â
Selain itu, infrastruktur jalan di beberapa kawasan kota masih kurang memadai, dengan jalur yang sempit dan kurangnya fasilitas pendukung transportasi publik, seperti halte atau terminal yang terintegrasi. Kondisi ini membuat aksesibilitas dan mobilitas masyarakat menjadi terbatas, serta menciptakan beban lingkungan akibat polusi udara dan kemacetan.
Dalam pembahasan ini, Customer Saticfaction Theory atau Teori Kepuasan Pelanggan terlihat mulai dari faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan, harapan, persepsi terhadap layanan maupun pengalaman pengguna.Â
Bus TransPadang hadir akan dengan banyak manfaatnya bagi masyarakat dilihat dari sudut teori tersebut yakni meliputi peningkatan aksesibilitas, penghematan biaya, pengurangan kemacetan dan polusi, serta memberikan opsi transportasi yang aman dan nyaman. Dengan demikian tingkat kepuasan masyarakat terhadap layanan Bus TransPadang dapat dilihat dari beberapa aspek dibawah ini, dinataranya yaitu:
1. Kualitas layanan
Ketersediaan armada, penumpang Bus TransPadang puas dengan armadanya dimana jumlah yang memadai. Kebersihan dan kenyamanan tempat duduk dari Bus TransPadang ini bersih sehingga membuat penumpang merasa lebih nyaman.
2. Sitem pembayaran
Sistem pembayarannya menggunakan kartu Brizzi dimana kartu ini berkerjasama dengan Bank BRI. Harga pembayarannya pun cukup terjangkau terjangkau dimana tarifnya wajar dan sesuai dengan layanan yang diberikan untuk masyarakat khususnya pelajar.
3. Aksebilitas dan Waktu tempuh
Rute yang jelas dan menjangkau berbagai lokasi penting seperti sekolah, tempat kerja dan pusat pembelanjaan. Penumpang merasa lebih nyaman jika bus dapat mengakses area yang mereka butuhkan. Waktu tempuh perjalanan yang dimiliki Bus TransPadang ini pun sangat efisien.
4. Pelayanan petugas dan Keamanan
Pelayanan petugas Bus TransPadang yang ramah dan responsif menjadi indikator kepuasan masyarakat, membantu dan menjawab pertanyaan mereka dengan baik. Keamanan Bus TransPadang inipun dilengkapi dengan pengawasan yang baik dan tindakan keamanan.
Secara keseluruhan, tingkat kepuasan masyarakat terhadap layanan Bus TransPadang dipengaruhi oleh kombinasi faktor-faktor di atas. Survei dan feedback dari penumpang dapat membantu pengelola untuk mengevaluasi dan meningkatkan kualitas layanan yang diberikan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H